8 Penyebab Kulit Keriput Di Usia Muda


image : www.onlymyhealth.com
Keriput pada kulit di usia tua sudah hal wajar karena itu bagian proses alami manusia, tapi keriput bagi yang masih usia muda menandakan kulit tersebut tak sehat atau kurang asupan yang dibutuhkan kulit, hal ini yang menjadikan permasalahan tersendiri terutama kaum Hawa,  kulit keriput menjadikan penampilan kelihatan lebih tua dan tak sedap di pandang bila usianya masih muda terutama. Kulit keriput di wajah  biasanya sering timbul diawali di sekitar mata dan menurun ke kulit dan ini butuh perawatan ekstra agar kulit menjadi normal lagi.


Obat – obatan untuk menangani kulit keriput terutama di wajah banyak sekali jenis dan macamnya yang tentunya memiliki harga mulai yang murah sampai mahal, tidak hanya itu kadang ada obat yang tidak cocok dengan tekstur kulit kita sehingga timbul permasalahan baru, maka dari itu didalam mencari obat untuk mengobati kulit keriput haruslah dengan hati – hati dan lihat nama produk dan belilah di toko – toko yang mempunyai sertifikat resmi atau dealer resmi hal ini untuk mencegah terhindar dari produk – produk KW. Memang di Indonesia ini memiliki banyak sekali produk kecantikan khususnya untuk wajah mulai dari impor dan produk dalam negeri tapi ini semua ada di bawah pengawasan Badan POM. Kulit keriput di wajah selain kurang asupan vitamin dan mineral yang ada di buah – buahan juga ada faktor lain yang harus diperhatikan seperti berikut ini :

1.    Kurang Minum Air Putih
Minum air putih selain menyegarkan tubuh dan terhindar dari dehidrasi juga baik sekali untuk mengencangkan kulit sehingga kulit keriput tak akan terjadi, juga dapat menjaga kelembaban kulit sehingga kulit kelihatan kencang dan tak keriput usahakan meminum air putih yang banyak sekitar 8 gelas sehari.

2.    Hindari Sinar Matahari Langsung Ke Tubuh
Sinar matahari memang mengandung vitamin D, tapi bila panas lebih di atas jam 9 maka panas tersebut bukan vitamin D tapi membuat kulit kita menjadi hitam dan keriput apalagi bila hal tersebut berlangsung lama dan menjadi rutinitas kita di luar rumah maka sangat mudah menjadikan kulit kita hitam, kusam dan keriput. Apa bila pekerjaan kita di luar rumah maka pakailah celana panjang dan lengan panjang dan pakai topi atau sejenisnya untuk menutupi wajah dari sinar matahari langsung.

3.    Kurang Waktu Istirahat
Istirahat selain baik untuk kesehatan tubuh, karena didalam tidur tubuh ini mengalami detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh dengan alami juga mempengaruhi kesehatan kulit terutama yang tidurnya kurang. Kurang tidur juga bisa membuat lingkaran hitam disekitar mata dan menjadikan kulit keriput.

4.    Pola Hidup Yang Tak Sehat
Memakan makan yang banyak lemak, kurang mengkonsumsi buah – buahan, banyak meminum alkohol dan merokok ini semua pola hidup yang tak sehat bila hal tersebut tidak dirubah maka bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kita terlebih pada kulit luar kita yang dimana kulit kelihatan kering, kusam dan keriput karena minuman alkohol dan merokok tak baik untuk sirkulasi aliran darah juga mempengaruhi kelembaban kulit sehingga kulit kelihatan kusam, kering dan menjadikan keriput.

5.    Stres
Pekerjaan menumpuk, permasalahan dalam rumah tangga, permasalahan keuangan dan masih banyak lagi, ini semua dapat mempengaruhi kesehatan hormon dan dapat memicu permasalahan kesehatan di kulit seperti kulit wajah kelihatan kusam dan keriput apa lagi stress berlangsung dalam jangka lama dan stress juga bisa membuat susah tidur atau kurang istirahat yang tadi sudah dijelaskan di no 3 tadi.

6.    Akibat Diet Berlebih ( Ekstrim )
Diet bertujuan untuk menurunkan berat badan menjadi ideal dan didalam diet bila dilakukan dengan benar bisa konsultasi kedokter gizi maka diet tersebut tak akan mempengaruhi khususnya kesehatan kulit tapi bila kita diet secara ekstrim yang dimana hanya makan satu kali sehari, kurangi minum, perbanyak tidur agar lupa makan ini semua diet yang salah atau diet ekstrim memang hal ini bisa untuk menurunkan berat badan tapi juga bahaya untuk kesehatan tubuh yang tentunya dapat membuat kulit kita menjadi tak sehat karena kurang asupan nutrisi dan mineral dan mengakibatkan kulit kelihatan keriput dan kering.

7.    Gerakan Tubuh Yang Tak Sehat Untuk Kulit Wajah
-       Posisi tidur yang disarankan adalah menghadap keatas yang bertujuan untuk mengurangi beban di wajah berlebih disaat posisi tidur karena disaat kita tidur menghadap keatas wajah tak menjadi tumpuan sehingga wajah bisa terhindar dari lekukan wajah dan menjadikan wajah tak keriput.
-       Sering mengerutkan kening juga tak baik untuk kesehatan kulit wajah, karena bila sering mengerutkan kening maka kulit di wajah ini akan timbul lekukan di kulit wajah dan menjadikan kulit wajah mudah keriput.
-       Menggosok mata akibat gatal, perih, tak nyaman hal ini sering dilakukan tapi hal ini bila dilakukan terus – menerus sangat buruk untuk kesehatan kulit karena sering menggosok mata maka tekstur kulit disekitar mata akan rusak dan bisa membuat lekukan baru di kulit wajah bila hal tersebut di biarkan maka kulit akan mudah keriput.

8.    Pemakaian Kosmetik
Pemakaian kosmetik juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit karena kosmetik ada yang cocok untuk kulit kita dan tidak karena kulit mempunyai tingkat sensitif yang berbeda - beda, kadang setelah memakai kosmetik ini malah kulit wajah menjadi iritasi, ada bintik – bintik hitam, keriput dan juga ada yang sampai melepuh, bila hal ini terjadi maka sebaiknya hentikan pemakaian kosmetik tersebut dan segera berkonsultasi ke dokter kulit.
ARTIKEL TERKAIT