Bahaya? Bila Tubuh Mengalami Dehidrasi


www.seratu.com
Ilustrasi 
Kekurangan cairan didalam tubuh ini sering disebut dengan istilah Dehidrasi dan apa bila tubuh mengalami dehidrasi dalam waktu lama bisa membahayakan untuk kesehatan tubuh. Dehidrasi sering terjadi pada orang yang beraktivitas berat yang dimana banyak mengeluarkan keringat dan asupan air minum yang kurang sehingga badan ini terasa lemas dan mulut, tenggorokan menjadi kering. Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan tubuh paling banyak mengandung air sebanyak 70 % , maka dari itu maka jagalah tubuh agar tak kekurangan cairan sehingga tubuh menjadi sehat dan bebas dari berbagai penyakit.

Kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi ada yang ringan dan berat, bila yang ringan cukup dengan banyak meminum air sedangkan dehidrasi yang berat harus dibawa ke dokter untuk mendapat perawatan khusus. Dehidrasi memang harus dicegah dengan cara seimbangkan aktivitas yang mengeluarkan keringat dengan mengkonsumsi banyak air putih bila tidak maka tubuh bisa mengalami dehidrasi yang bisa menyebabkan berbagai penyakit timbul seperti berikut ini :

1.    Mudah Lelah
Mudah lelah juga bisa disebabkan oleh dehidrasi yang dimana peran air dalam tubuh sangat penting seperti menormalkan tekanan darah, menormalkan deyut jantung, melancarkan pencernaan dan lain – lain. Mudah lelah disebabkan otot – otot dalam tubuh yang kurang pasokan air sehingga membuat tugas otot – otot untuk menggerakan bermacam rangkaian tugas dalam tubuh sangat berat dan menjadikan kita mudah lelah apa lagi bila beraktivitas ekstra.

2.    Membuat Kulit Menjadi Kering
Kekurangan cairan dalam tubuh ( dehidrasi ) bisa membuat kulit kita kering, karena cairan dalam tubuh bisa melembabkan kulit dan meregenerasi sel kulit sehingga kulit kelihatan lebih segar, lebih muda dan tak menjadi kering.

3.    Membuat Pusing Kepala
Dehidrasi juga bisa membuat kepala pusing yang dimana kekurangan cairan  juga bisa membuat tekanan darah yang tak setabil juga mempengaruhi kinerja otak dalam berfikir bila berlangsung lama kondisi ini maka bisa membuat kepala terasa berat dan pusing.

4.    Sulit Berfikir ( Mengganggu Kinerja Otak )
Sulit berfikir juga bisa dipengaruhi dehidrasi dalam tubuh, yang dimana saat tubuh mengalami dehidrasi badan menjadi lemas dan mempengaruhi kinerja otot - otot setelah itu badan terasa mudah lelah dan menjadikan otak kita sulit berfikir secara maksimal karena badan ini terasa lelah.

5.    Membuat Sistem Pencernaan Menjadi Tidak Sehat
Sistem pencernaan sangat perlu cairan ( air ) yang dimana cairan ( air ) tersebut guna untuk mempermudah melumatkan makanan dan merubahnya menjadi sari pati yang sangat dibutuhkan tubuh guna tubuh bisa beroperasi dengan maksimal, bila dalam hal ini tubuh kurang cairan ( air ) maka bisa memicu timbulnya penyakit seperti asam lambung, sulit BAB, gagal ginjal dan masih banyak lagi.

6.    Membuat Nyeri Dan Radang Sendi
Mungkin anda pernah mengalami persendian ini terasa nyeri terutama setelah aktivitas berat juga banyak mengeluarkan keringat yang dimana  dibarengi dengan kurang minum air disaat itu ? Maka ini yang menyebabkan nyeri pada sendi karena disaat itu pasokan cairan yang berguna untuk pelumas sendi kurang dan mempengaruhi kinerja sendi apalagi dibuat aktivitas ekstra maka sendi ini akan terasa nyeri setelah aktivitas berat selesai.

7.    Sistem Kekebalan Dalam Tubuh Menurun
Dehidrasi dalam tubuh juga bisa membuat tubuh rentan berbagai penyakit timbul, dikarenakan tubuh bila kekurangan cairan maka hampir semua organ tidak bisa bekerja secara maksimal dan membuat kekebalan tubuh ini menurun sehingga virus dan bakteri lebih mudah untuk masuk  ke tubuh sehingga bisa memicu timbulnya berbagai penyakit.

8.    Bisa Membuat Pingsan Mendadak
Dehidrasi yang berkepanjangan akan membuat jenis dehidrasi tubuh menjadi tingkat berat bila hal ini terjadi dan tak segera dipulihkan maka  membuat kinerja tubuh tak normal sehingga menjadikan tubuh lemas dan bisa membuat pingsan secara mendadak.

9.    Suhu Tubuh Menjdi Panas
Panas dalam tubuh tak hanya terkena paparan sinar matahari langsung, tapi kekurangan cairan dalam tubuh / dehidrasi juga bisa membuat suhu tubuh ini menjadi panas, karena disaat organ tubuh bekerja maka sangat membutuhkan pasokan cairan yang cukup bila hal ini tak terpenuhi maka suhu tubuh ini akan meningkat derastis menjadi panas bila tak segera dapat pasokan cairan maka tubuh ini akan melemas dan pingsan.

10. Mudah Marah
Disaat tubuh dehidrasi maka banyak kinerja tubuh yang tak maksimal dan bisa membuat kita lebih lelah sehingga kenyamanan dalam tubuh tidak stabil dan bisa memicu emosional kita lebih sensitif apa lagi ada yang mengusik kita maka amarah yang akan kita keluarkan.

11. Membuat Ginjal Tak Sehat
Dehidrasi bisa membuat penyakit gagal ginjal, yang dimana ginjal tak bisa mengontrol cairan dalam tubuh sehingga kinerja ginjal menurun, bila hal ini dibiarkan terus - menerus maka ginjal akan rusak.          
ARTIKEL TERKAIT