Cara Mengatasi Printer Canon Ip 2770 Paper Jam Atau Blink 3 x


       
       
www.seratu.com
contoh tampilan di monitor di laptop / CPU

     Paper jam merupakan salah satu penyakit yang sering melekat pada semua printer tidak hanya printer merek canon tetapi juga seperti Epson, Brother, lexma dan masih banyak lagi, semua pasti memiliki penyakit jenis ini, tapi tak usah takut dan khwatir karena itu semua pasti ada solusinya istilah pepatah mengatakan tidak ada penyakit yang tak bisa disembuhkan di dunia ini wkwkwk. Khusus printer canon bila mengalami paper jam maka sebaiknya matikan dan bila kertas masih menyangkut di roll maka kertas tarik di baki pengeluaran bukanya di tarik keatas di baki tempat kertas, bila sampai menariknya ke atas dari baki tempat letak kertas maka akan bisa mematahkan roda gigi yang ada di roll dan permasalahan tambah satu lagi.


        Paper jam pada printer canon ip 2770 bisa terjadi karena adanya kertas yang terselip di rool penarik kertas, ada juga roll  penarik kertas kemasukan sesuatu bisa, krikil, peniti, serpihan tembok dan lain – lain, dan hal tersebut yang bisa menyebabkan lambu orange menyala 3 X atau paper jam, tapi setelah di cek dengan cara di bongkar printer canon tersebut dan ternyata tak ada sesuatu yang menggajal di roll tersebut, maka pasti ada perangkat di printer yang rusak dan menurut salah satu teknisi printer yang kami temui mengatakan bahwa yang rusak kebanyakan “ sensor kertas ” yang terhubung dengan mainboard printer dan itu bisa diganti yang baru, bila mencari yang baru kesulitan bisa membeli yang bekas dengan membeli di tempat – tempat servis printer untuk harga kemungkinan tidak sampai 50.000 ini untuk tipe printer canon ip 2770. Berikut ini panduan gambar cara mengganti sensor kertas pada printer canon ip 2770  :
www.seratu.com
1. Ambil printer canon dan siapkan obeng + dan – setelah itu buka bautnya jumlahnya ada 4 depan 2 dan belakang atas 2
2. Angkat casing atas dengan pelan - pelan, setelah terangkat sisihkan casing atas tersebut
3. Ambil sensor kertas yang bermasalah dan ganti yang baru
4. Setelah pengatian selesai cek dengan manual dengan cara nyalakan printer setelah posisi ready tekan tombol resume ( bawah tombol power ) sampai lampu indicator power berkedip 2 kali dan lepaskan tombol resum tersebut jangan lupa untuk memberi 1 kertas di baki kertas setelah buat nyetak lancar maka prin tersebut sudah sembuh dari paper jam.
5. Rakit kembali dengan memasang casing dan baut pada tempat semula, mudah bukan…

       Selain cara diatas tersebut ada juga cara software dari laptop / CPU kamu yang dari windows terutama windows 7 caranya sebagai berikut : hidupkan laptop / CPU dan hubungkan dengan printer yang menyala setelah itu buka control panel >> Administrative tool >> Servis Print Spooler Dan Klik Stop setelah itu refres dan klik Start pada Print Spooler. Sedangkan untuk windows xp buka Control Panel >> Performance And Maintenance >> Administrasi Tools >> Servis Print Spooler Dan Klik Stop setelah itu refres dan klik Start pada Print Spooler. Setelah itu coba print gunakan untuk cetak, memang sih cara ini yang sedikit berhasil tapi perlu dicoba.

ARTIKEL TERKAIT