Cara Servis Lengkap Canon MP237 Error Code 1300


www.seratu.com
canon mp 237 error 1300 
Kemarin – kemarin pernah membahas tentang kerusakan pada printer canon Ip 2770 yang kertas berhenti ditengah - tengah  atau blink 3x dan kali ini kami akan membahas printer canon MP237 error kode 1300 yang kerusakan tanda – tandanya hampir sama dengan printer ip 2770 yang telah kami bahas. Kerusakan di printer canon error kode 1300 menandakan bahwa ada kerusakan yang ada di roll terutama mekanik roll dan ini butuh untuk membongkar printer tersebut, tapi sebelum membongkar roll di printer tersebut kita harus cek dahulu adanya benda asing atau tidak  yang menyakut di roll printer tersebut, bila tidak baru bongkar rool printer tersebut.

Kerusakan di printer canon MP 237 dengan kode error 1300 sering terjadi kerusakannya di area roll terutama di mekanik yang berbentuk roda bergigi yang mengalami patah sehingga mengganggu kinerja printer. Penyebab terjadinya kerusakan di area roll kertas itu disebabkan paling banyak menarik kertas dalam posisi berhenti kertas di tengah mencetak setelah itu menariknya keatas di daerah baki tempat kertas, seharusnya menariknya ke bawah tempat keluarnya kertas. Menarik kertas keatas  dalam keadaan printer blink dan posisi kertas berhenti ditengah, ini yang bisa merusak roll karena pada waktu itu roda bergigi yang ada di roll, bergerak yang bertujuan mengeluarkan kertas malah di paksa untuk tidak mengeluarkan dengan dipaksa ditarik keatas.

Berikut ini gambar dan cara membongkar rool yang rusak atau mengganti roll yang baru di printer canon MP 237.







1.    Matikan printer dan lepas semua kabel yang menghubungkan arus listrik dan USB yang menghubungkan ke laptop atau CPU.
2.    Siapkan obeng  + dan – setelah itu lepaskan baut yang ada di depan printer berjumlah 2 dan belakang 2 setelah itu lepas casing  belakang  dahulu setelah itu casing penutup  kanan dan kiri setelah lepas semua, lalu lepaskan 2 baut yang ada di belakang yang menghubungkan scanner dan printer, setelah itu cabut semua kabel yang ada di mainboard printer lalu angkat scenner.
3.    Setelah scenner diangkat akan kelihatan sepenuhnya rangkain rool, setelah lepas baut yang menempel di mekanik dengan roll kurang lebih yang harus dilepas  8 baut setelah itu tarik mekanik sampai terpisah dengan roll.
4.    Setelah mekanik terpisah dengan roll lepas juga baut yang menempel casing bawah printer dengan roll bautnya berjumlah 4 yang berada di setiap pojok roll.
5.    Setelah roll bisa dilepas bautnya jangan lupa lepas juga selang yang menghubungkan roll dengan tempat parkir katrid.
6.    Setelah lepas selang yang menghubungkan roll dengan tempat parkir katrid maka angkat rool dan cek ada yang patah atau tidak bila ada yang patah ganti dan bila tak ada maka ganti rool satu set utuh dan rakit kembali, mudah bukan…   
ARTIKEL TERKAIT