Efek Baik Dan Buruk Berendam Dengan Air Belerang


www.seratu.com
kolam air belerang di gunung kelud kediri
Pernah berendam dengan air belerang ? bila pernah pasti area tersebut dekat dengan gunung yang dimana belerang mudah di temukan di area tersebut tapi tidak semua gunung ada, Belerang ini mudah dijumpai terutama di gunung berapi. Belerang memiliki unsur kimia non logam yang tak berasa, dalam bentuk fisiknya zat padat berwarna kuning seperti Kristal kuning. Belerang selain bisa digunakan untuk dunia kecantikan juga banyak digunakan untuk campuran pembuatan pupuk, bubuk mesium, juga sebagai obat untuk tumbuhan yang bersifat fungisida dan inseksida.


Berendam di air belerang yang bersifat alami pasti merasakan sensasi panas saat pertama berendam, tapi bila kita tetap melanjutkan maka panas yang menyentuh kulit maka akan menjadi sensasi tersendiri untuk tubuh, lama – kelamaan rasa nyaman yang akan dirasakan, ini pengalaman admin yang pernah dirasakan berendam dengan air belerang. Menjadi mitos bahwa berendam di air belerang ini bisa menyembuhkan penyakit kulit yang beredar di kalangan masyarakat tapi sebenarnya berendam dengan air belerang ini mempunyai efek yang baik dan buruk terutama untuk kesehatan tubuh diantaranya sebagai berikut ini :

Manfaat  Baik Berendam Dengan Air Belerang

1.    Menghilangkan Stres
berendam dengan air belerang ini bisa menghilangkang stres akibat pekerjaan yang menumpuk terutama pekerja kantoran karena dengan berendam dengan air belerang yang hangat atau panas ini bisa membuat otot – otot dalam tubuh melemas sehingga membuat tubuh lebih rilek / nyaman, juga bisa menormalkan sirkulasi udara yang ada dalam tubuh sehingga peredaran darah menjadi lancar dan normal hal ini semua menjadikan kita bisa melepas stress akibat pekerjaan yang menumpuk.

2.    Mengobati Susah Tidur  ( Insomnia )
Susah tidur pada malam hari ini bisa di katakan insomnia dan ini bisa dipengaruhi oleh faktor  psikologis seperti stres, depresi dan hal ini memicu ketegangan otot dan otak sehingga membuat susah tidur bila hal ini terjadi sebaiknya sesering mungkin untuk berendam di air belerang  yang bertujuan untuk melemaskan otot – otot sehingga menjadikan kita rilek dan memudahkan kita untuk tidur.

3.    Menyehatkan Organ Tubuh Bagian Dalam
Berendam air belerang juga membuat sirkulasi darah dan udara dalam tubuh menjadi lebih baik dan ini sangat baik untuk kinerja jantung dan paru- paru sehingga organ dalam tubuh ini terjaga akan kestabilan dalam bekerja dan menjadikan organ dalam tubuh ini menjadi sehat dan bebas dari penyakit.

Manfaat  Buruk Berendam Dengan Air Belerang

1.    Memperparah Jerawat
Bagi yang memiliki kulit wajah yang banyak jerawatnya maka sebaiknya hindari wajah untuk direndam di air belerang karena saat kita berendam dengan air belerang maka pori – pori kulit akan terbuka dan apa bila jerawat  tak keluar dengan sempurna maka setelah selesai berendam dan berbilas dengan air bersih maka pori – pori wajah akan menutup sehingga sisa jerawat yang terjebak di kulit wajah akan menimbulkan wajah yang berbintik – bintik hitam ( Jerawat Batu ) apa lagi bila air belerang tersebut tercemar dengan lingkungan yang kotor maka akan timbul masalah kesehatan kulit yang baru.

2.    Merusak Kelembapan Kulit
Kulit yang lembab bisa rusak akibat sering berendam dan waktu yang lama di air belerang, karena air belerang yang panas dapat memudarkan kelembapan pada kulit dan bila hal ini berlangsung lama maka kulit akan kering, bersisik, dan kelihatan tak sehat dalam hal ini sangat bisa dirasakan setelah berbilas dengan air bersih.

3.    Menambah Masalah Baru Untuk Kesehatan Kulit
Bagi yang memiliki kulit yang sensitif maka sebaiknya hindari untuk berendam di air belerang dan jangan pernah coba – coba karena dapat berakibat fatal, karena kulit yang sensitif ini rentan terkena penyakit kulit, sedangkan setiap orang memiliki kulit yang berbeda – beda untuk tingkat kelembapan dan tingkat sensitif  apa lagi bila kulit tersebut terdapat penyakit kulit yang dimana kita berendam di air belerang yang bertujuan ingin cepat sembuh tapi malah sebaiknya, alangkah baiknya konsultasikan ke dokter dahulu.    
ARTIKEL TERKAIT