Kapankah Waktu Tepat Untuk Berbelanja Atau Shoping..?


www.seratu.com
Ilustrasi
Berbelanja atau Shoping ini merupakan kegiatan kesenangan terutama untuk kaum hawa yang dimana disaat dompet masih tebal maka mereka sering kali lalai bahwa masih ada hari esok, tahunya disaat pulang dan berada di rumah baru mereka nyesal kadang mereka hutang untuk biaya hidup sampai datang gajian. Dari berbagai pengalaman sebaiknya didalam dunia shoping atau berbelanja ini sebaiknya harus direncanakan untuk beli apa dan bila perlu di catat dan harus bisa memilah – milah mana kebutuhan pokok dan tidak dan wajibkan kebutuhan pokok dulu baru kebutuhan lainya dalam berbelanja.

Dunia wanita ini memang lebih boros dari pada pria karena memang secara alamiyah wanita banyak kebutuhanya bila kita princi mulai dari baju yang banyak ragam dan macamnya beluk kosmetik kalau kaum pria mungkin hanya pakaian. Bagi pria atau wanita bila berpenghasilan pas – pasan dan juga ingin memiliki tabungan di hari tua maka wajib menerapkan dan memikirkan beberapa hal sebelum belanja atau shoping seperti berikut ini :

1.    Belanja Kebutuhan Pokok Tidak Di Hari Libur
Belanja kebutuhan pokok ini sering kali kita lakukan dalam kurun waktu ada yang seminggu sekali ada yang dua minggu dan sebulan sekali didalam hal ini sebaiknya cari hari disaat tidak hari libur atau hari besar karena banyak toko – toko besar seperti mall ini pastinya mulai memasang penawaran atau diskon yang biasanya di pasang disaat hari – hari libur atau hari – hari besar dan ini yang membuat kita sering tergiur dan akhirnya yang kadang kita tak butuh dan mumpung ada diskon akhirnya kita beli juga.

2.    Hindari Belanja Di Saat Kita Baru Gajian
Berbelanja atau shoping ini sebaiknya lakukan beberapa hari setelah gajian karena bila disaat kita gajian dan berbelanja atau shoping bisa – bisa uang jatah pengeluaran harian dan bulanan ini tersedot juga dan akhirnya kita mencari pinjaman untuk memenuhi kebutuhan bulanan dan harian tersebut. Sebaiknya belanjalah atau shoping ini setelah seminggu gajian dengan catatan kebutuhan harian dan bulanan ini sudah tertata uangnya atau sudah dialokasikan sehingga disaat kita pergi untuk belanja atau shoping ke mall ini posisi kebutuhan harian atau bulanan ini sudah aman bila perlu buat lis belanja harian dan bulanan untuk di bawa ke mall.

3.    Berburu Barang Impian Di Saat Cuci Gudang Atau Ada Diskon
Tak dapat di redam atau dipungkiri yang dimana rasa ingin memiliki barang impian pastilah ada dan sangat menggebu – gebu bila hal ini memang sudah tak dapat dibendung maka belilah tetapi belilah barang tersebut di saat ada diskon besar – besaran antara 50 sampai 70 %  atau cuci gudang yang dimana terjadi saat setelah lebaran atau awal tahun baru dan ini pun disaat uang THR atau bonus masih mencukupi untuk membeli.

4.    Pintar Manajemen Keuangan Agar Bisa Membeli Barang Idaman
Fungsi manajemen keuangan ini agar kita tahu antara pemasukan dan pengeluaran dan masih mempunyai sisa berapa ? ini bertujuan untuk membeli barang – barang yang sudah kita idam – idamkan dengan uang sisa penghasilan dan pengeluaran tadi untuk membeli tas, sepatu, gadget bila uang tak cukup bisa di kredit dan cari setoran yang kita jangkau tentunya yang tak memberatkan keuangan kita.
ARTIKEL TERKAIT