Penyebab Muntah Dan Gumoh Pada Bayi Serta Solusinya..?


www.seratu.com
ilustrasi
Bayi merupakan rentan dengan muntah dan gumoh yang dimana ini menjadikan ibu takut dan panik. Gumoh atau muntah ini merupakan kejadian yang normal pada bayi yang penting tidak berlangsung sampai beberapa hari berturut – turut karena gumoh atau muntah merupakan bayi ini mengeluarkan makanan atau cairan dari lambung.  Gumoh dan muntah ini memang beda tapi intinya keluarnya sesuatu dari lambung  yang menjadikan gumoh dan muntah hampir sama tapi yang dimaksud gumoh ini merupakan istilah orang jawa adalah bersifat spontan keluarnya air dalam jumlah sedikit bisa air susu ibu bagi orang dewasa seperti berludah sedangkan Muntah ini merupakan keluarnya cairan bisa susu dan juga bubur tapi dalam jumlah banyak yang disebabkan oleh dorongan tanpa kontraksi lambung, maka dari itu sebagai ibu harus bisa membedakan antara gumoh dan muntah agar mendapat penanganan yang tepat.

     Untuk gumoh ini secara umum sering terjadi pada bayi umur sampai 3 bulan sedangkan muntah ini bisa sampai dewasa dan untuk penyebabnya muntah bisa bermacam – macam dan berikut ini penyebab dan cara mengatasinya gumoh dan muntah.

Penyebab Gumoh Pada Bayi
1.  Belum sempurnanya sistem pencernaan pada bayi sehingga mudah terjadi gumoh.
2.  Tipikal bayi yang bergerak aktif yang dimana bayi ini sering bergerak mengeliat atau sering tertekan perut bayi saat bayi di gendong.
3.  Terlalu banyaknya konsumsi air susu ibu ( asi ) atau susu formula yang dimana kapasitas lambung pada bayi masih belum bisa menerima dalam jumlah banyak.
4.  Saat menyusui yang salah ini juga bisa menyebabkan gumoh, yang dimana posisi bayi saat tidur terlentang dan disusui banyak sekali udara masuk kesaluran pernafasan dan bila bayi mengunakan dot maka banyak udara yang masuk sehingga bayi  sangat mudah gumoh.

Mengatasi Gumoh Pada Bayi
1.  Setelah minum asi atau mengunakan dot bisa langsung di sendawakan dengan cara posisikan bayi pada dada ibu dan pukul – pukul perlahan – lahan bagian punggung sampai bayi bersendawa.
2.  Hindari menyusui dalam posisi tidur dan usahakan bayi pada posisi berdiri setelah itu jangan langsung di tidurkan minimal selama 30 menit baru bisa   di tidurkan.
3.  Batasi memberi minum asi atau susu formula pada bayi dan sesuaikan dengan takaran atau anjuran dokter.
4.  Setelah menyusui usahakan jangan banyak gerak untuk bayi tersebut karena bila banyak gerak mudah gumoh.
5.  Setelah bayi minum asi ini kebanyakan mudah tertidur karena merasa kenyang bila hal ini terjadi maka tidurkan bayi dalam posisi miring yang bertujuan bila bayi gumoh ini tidak masuk pada saluran pernafasan.

Penyebab Muntah Pada Bayi
1.  Keracunan Makanan
2.  Alergi pada makanan
3.  Tidak normalnya saluran pencernaan
4.  Muntah tanpa sebab ini bisa di karenakan adanya virus masuk dan bayi ini belum sempurna sistem pencernaan dan kekebalan tubuhnya
5.  Karena sakit bisa pilek dan batuk
6.  Masuk angin, karena perjalanan jauh

Mengatasi Muntah Pada Bayi  
1.  Usahakan jangan perjalanan jauh misal memang perlu untuk perjalanan jauh maka tunggu usia bayi minimal 1 tahun lebih, karena sistem kekebalan tubuh anak tersebut mulai kuat.
2.  Bila bayi tersebut memang alergi pada sesuatu susu atau makanan maka jauhkan dan jangan pernah coba – coba memberikannya.
3.  Bila muntah karena keracunan maka segera bawa ke dokter tapi sebenarnya muntah tersebut bertujuan untuk mengeluarkan racun tapi bila berlebih sangat tidak baik untuk kesehatan pada bayi tersebut, bila hal ini terjadi maka minta dokter untuk memberikan obat rasa mual agar muntahnya berhenti.
4.  Muntah Karena pilek dan batuk ini bisa dihindari atau dicegah dengan cara usahakan bayi tersebut jangan sampai sakit batuk dan pilek dengan cara menjaga pola makan dan usahakan di lingkungan yang steril dan bersih dan jauhkan pada orang dewasa yang terkena batuk dan pilek.
5.  Muntah ini juga bisa disebabkan oleh tidak normalnya pencernaan biasanya ini terjadi karena terlalu banyaknya minum susu atau makan karena bayi ini sistem pencernaanya beluk sempurna maka hindari memberi susu atau makan berlebih .
6.  Muntah tanpa sebab kadang juga terjadi dan ini bisa disebabkan oleh virus sebelum hal ini terjadi maka usahakan bayi dalam keadaan steril dan lingkungan yang sehat dan bersih agar virus tak bisa berkembang dan masuk.


ARTIKEL TERKAIT