Ternyata Tidur Terlalu Lama Sangat Membahayakan Kesehatan


image : www.thatdiary.com
Tidur merupakan kebutuhan tubuh yang dimana ada proses alami yang bertujuan untuk mengganti sel – sel yang rusak dan juga proses pendetoksifikasi tubuh ( pengeluaran racun dalam tubuh ). Porsi tidur secara umum sekitar 8 jam dalam 24 yang dibutuhkan tubuh, tapi juga tergantung dengan tingkat kesibukan aktivitas dan juga setiap orang memiliki porsi sendiri - sendiri untuk kebutuhan tidur. Tidur merupakan kebutuhan tubuh yang tak dapat dihindari bila seseorang kurang tidur banyak sekali penyakit yang timbul, dan juga terlalu banyak tidur sangat tidak baik untuk kesehatan dan yang terbaik adalah tidur yang sesuai kebutuhan tubuh ( 8 jam ) dan kualitas tidur.

Jadwal hari yang kosong banyak digunakan hanya untuk tidur karena hal tersebut bisa dikatakan sebagai balas dendam saat kita lagi sibuk kerja yang dimana waktu untuk tidur sangat kurang, hal ini dirasakan juga sebagai memanjakan tubuh padahal menurut ahli kesehatan tidur yang lama tak baik untuk kesehatan. Biasanya setelah bangun tidur yang lama banyak sekali yang dirasakan tak enak di badan seperti kepala terasa berat dan bawaannya selalu ingin tidur lagi, malas, badan terasa lemas dan capek dan ini yang bisa dirasakan saat bangun tidur yang lama. Tidur dalam durasi yang lama ternyata tak baik untuk kesehatan terutama yang jumlah jam tidurnya lebih dari 8 jam apa lagi hal tersebut menjadi kebisaan maka tak baik untuk kesehatan dan bisa menciptakan berbagai gangguan kesehatan diantaranya sebagai berikut ini :

1.    Mudah terkena Diabetes
Tidur dalam rentang yang lama ini juga bisa membuat kadar gula dalam tubuh meningkat apalagi bila pola tidur yang amburadul dan mempunyai keturunan keluarga diabetes maka sangat mudah terkena diabetes, maka dari itu hindari tidur dalam rentang waktu yang lama.

2.    Kepala Pusing
Pasti pernah mengalami tidur dalam rentang waktu lama merasakan sakit kepala setelah bangun? dalam hal ini terjadi karena adanya yang mempengaruhi kandungan neutransmitter  di otak bila tidur terlalu lama, ini yang menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur.

3.    Membuat Menurunnya Kualitas Otak
Tidur dalam waktu yang lama membuat kita malas di saat bangun dan ini bila terjadi terus – menerus bisa menurunkan kualitas otak yang ditandai dengan bila diajak berfikir berat seakan – akan otak ini buntu untuk berfikir dan menjadikan kurang kreatif dalam hal berfikir .

4.    Memancing Datangnya Depresi
Seseorang yang benar – benar mengalami depresi sukanya tidur, sedangkan tidur dalam waktu lama juga bisa mengundang jiwa depresi datang karena dengan tidur yang lama membuat kita tak bisa produktif dalam segala hal, sehingga hal yang dirasakan hanya mengeluh tanpa mencari solusi.

5.    Lebih Mudah Marah
Orang yang tidur lama cenderung memiliki sifat pemarah, contohnya mungkin ada teman atau saudara bila setelah tidur lama dan dibangunkan secara paksa pasti bawaannya selalu marah, tidak hanya itu setelah bangun pun perasaan marah masih terpendam karena merasa terusik atau terganggu.

6.    Mengalami Obesitas
Tidur lama memang bisa memicu obesitas tubuh karena disaat kita tidur banyak lemak yang tak bisa terbakar sehingga lemak menumpuk sedikit demi sedikit, apa lagi disaat mau tidur makan dahulu pasti sangat mudah tubuh mengalami obesitas.

7.  Badan Terasa Tak Nyaman
Tidur yang lama juga bisa mengakibatkan badan terasa capek dan nyeri karena posisi tidur yang hanya itu – itu saja dan perpindahan posisi tidur cukup lama bisa 1 atau 2 jam baru berganti posisi tidur, apa lagi terjadi sampai lebih 8 jam, kadang setelah bangun terasa nyeri di leher, badan kaku semua dan masih banyak lagi.   

ARTIKEL TERKAIT