Tips Cara Menyapih Pada Anak


www.seratu.com
Ilustrasi
Menyapih merupakan tindakan yang harus dilalui agar anak tersebut tidak ketergantungan dengan air susu ibu ( Asi ) sebelum menyapih terhadap anak sebaiknya harus mempunyai penggati Asi agar disaat menyapih si anak bisa tercukupi kebutuhan pangannya terutama gizi. Kenapa menyapih harus dilakukan sebelum usia anak 2 tahun ?  karena produksi Asi Ibu mengalami penurunan, tapi bisa juga lebih 2 tahun untuk melakukan penyapihan karena setiap ibu dan anak memiliki kondisi yang berbeda – beda. Kadang seorang anak tidak meminum air susu ibu ( Asi ) tapi tetap minta di tetek dan peristiwa ini sering terjadi saat tidur malam dan setelah bangun pasti mencari ibunya untuk di tetek, alangkah baiknya disaat mau menyapih sebaiknya hal ini dihentikan dan bisa diganti denga dot yang terisi susu formula.

Sering sekali ibu didalam menyapih anak mengalami kesulitan dan ujung – ujungnya sering gagal, memang setiap anak memiliki tingkat kemudahan dan kesulitan yang berbeda – beda dalam hal meyapih sebabnya kebandelan anak tersebut dan keinginan orang tua untuk menyapih dan banyak lagi sebabnya. Kesulitan dalam menyapih pasti mempunyai cerita tersendiri untuk ibu menyusui dan Si anak ada yang ngambek tak mau makan apa – apa, Si anak bawaanya marah – marah, Si anak menangis tak henti – henti dan masih banyak lagi. Didalam menyapih anak ada beberapa tips yang harus di perhatikan diantaranya sebagai berikut :     
    
1.    Mengurangi runtinitas menyususi
Mengurangi memberi Asi langsung merupakan langkah yang tepat karena Si anak tersebut dengan sendirinya akan lupa dan tak akan ketergantungan dan untuk mengganti susu bisa dengan susu formula atau air putih bila perlu taruh di botol yang ada dotnya.

2.    Pisah Ranjang Sementara
Pisang ranjang atau pisah tidur yang bertujuan untuk menyapih anak dan tak semata – mata kita tak sayang pada anak, padahal hal ini bertujuan agar disaat anak bagun tidur tak meminta Asi tapi untuk penggantinya sediakan air minum atau susu formula bisa di taruh di botol atau sejenisnya dan dekatnya agar disaat bangun bisa minum air putih atau susu formula dengan langsung.     

3.    Ganti susu Asi Dengan Susu Formula
Sebelum menyapih juga perlu diperhatikan pengganti Asi dan bisa mengunakan susu formula karena biar di saat menyapih berlangsung maka anak tersebut masih ada yang dikonsumsi dan bisa di masukan botol yang ada dotnya juga terpenuhi kebutuhan gizinya.

4.    Membatasi Waktu Minum Asi Pada Anak
Membatasi minum asi pada anak yang bertujuan untuk anak tersebut tidak begitu membutuhkan Asi dan dalam jangka panjang anak tersebut dapat lupa dengan Asi. Cara membatasi waktu pemberian Asi dapat dengan mengurangi waktunya atau mengurangi jumlah pemberian Asi per tiap harinya tapi jangan lupa juga memberi asupan lain penggati Asi agar kebutuhan Gizi pada anak tercukupi.
     
5.    Rubah Kebiasaan Pola Menyusui
Kebiasaan – kebiasaan menyusui haruslah dirubah jahu – jahu hari agar proses menyapih dapat berjalan dengan lancar, contoh kebiasaanya adalah waktu tidur seorang ibu pasti memberi Asi pada anak saat tidur dan sampai tidur dan kebiasaan ini harus dirubah dengan cara ajak bermain sebelum tidur bisa bercerita, menyanyi dan setelah anak tersebut capek baru ajak tidur pasti sangat mudah tidurnya, cari Bra atau baju yang sulit untuk memberikan Asi pada anak agar si anak kesulitan dalam mencari Asi.      

6.     Memberi Pengertian Pada Anak
Memberi pengertian ini memang harus dilakukan agar si anak tahu di usianya yang sekarang harus berhenti menyusui Asi, memang cara ini kurang efektif tapi minimal kita sudah ajak bicara dan untuk contoh berbicaranya bisa kita atur sendiri atau cari contoh kepada anak yang seusianya yang sudah disapih maka akan lebih mudah memberi pengertian kepada anak.

7.    Terapkan Sikap Tegas
Menyapih anak haruslah tegas dan jangan sampai waktu proses menyapih kita kasihan atau tak tega maka proses menyapih ini akan gagal, tapi di sifat tegas juga harus memberi perhatian ekstra disaat proses menyapihan seperti mendekap, menggendong atau memberi pengalihan anak disaat – saat menangis mencari Asi hal ini bertujuan agar Si anak tetap merasakan kasih sayang ibu yang utuh walaupun tak diberi Asi.        
ARTIKEL TERKAIT