Tips Dan Trik Merubah Dan Menghentikan Kebiasaan Buruk Si Kecil


www.seratu.com
Ilustrasi
Si buah hati pasti akan mengalami masa - masa transisi yang mulai tak mengerti menjadi mengerti dan di dalam hal ini orang tua, teman dan lingkungan yang akan membentuk karakter atau kebiasaan anak tersebut bisa cenderung baik atau sebaliknya. Kebiasaan Si Kecil ini mudah terbentuk dari apa yang di dengar dan di lihat dan tidak berfikir panjang apa yang akan terjadi setelah melakukan hal yang tak baik. Pada umumnya anak – anak ini mempunyai sifat alamiyah nakal, berbohong, egois ini akan kelihatan bila anak – anak ini bertemu dan bermain dengan seumuran.

Tidak hanya orang dewasa yang memiliki kebiasaan buruk, anak kecil pun juga, bedanya kalau anak kecil ini tanpa berfikir panjang untuk melakukan kebisaan buruk tapi kalau orang dewasa pastilah berfikir lebih jauh dan mungkin ini jalan terakhir. Sebenarnya kebiasaan buruk pada Si Kecil ini untuk hilang sama sekali sepertinya sulit sekali tapi kalau ingin mengurangi dalam jangka panjang kebiasaan  buruk ini bisa dengan cara berikut ini :

1.    Beri Pengetahuan Atau Pengertian Yang Rasional Tentang Perbuatanya
Seorang anak kecil ini pastilah suka berbuat sesuatu entah itu baik atau buruk terhadap orang lain atau untuk dirinya dan tak memikirkan setelah melakukan sesuatu tersebut. Sebagai orang tua mempunyai kewajiban untuk mendidik dan melindungi anaknya agar anak tersebut tidak berbuat salah, Sebagai contoh anak kecil pasti suka bermain di kolam renang  padahal kolam renang itu dalam dan anak kecil ini tak menghiraukan kedalam kolam renang tersebut yang ada di pikiranya yang penting anak kecil tersebut secepatnya bisa masuk ke kolam renang dan bergembira ria tapi sebagai orang tua sebaiknya memberi pengetahuan dan penjelasan yang rasional seperti, apakah adik bisa berenang dan kalau tenggelam apa yang terjadi ?

2.    Menghargai Perbuatan Baik Walaupun Sekecil Apapun
Seorang anak kecil ini pasti mempunyai sikap yang jelek dan yang baik dan kalau berbuat jelek sebaiknya lekas di tegur dan jangan sampai di pukul karena anak kecil ini bila di beri peringatan dengan di pukul nanti anak ini tak takut dengan orang tua lama kelamaan, juga memberi pendidikan secara tidak langsung yaitu memukul dan berakibat suka memukul terhadap temanya. Perbuatan baik yang dilakukan anak kecil ini sebaiknya kita dukung dan juga kita harus mengikuti apa maunya agar perbuatan baik ini bisa sempurna dan selalu memuji karena anak kecil ini paling suka dipuji apa lagi bila kelebihan rejeki sebagai orang tua suka mengajaknya jalan – jalan keluar walaupun hanya sekedar makan di luar dan ini jadikan hadiah setelah anak ini melakukan perbuatan baik.

3.    Memberi Contoh Yang Baik Terhadap Anak Kecil
Jadilah kawan untuk anak bukanya lawan yang dimana anak kecil ini menganggap ke dua orang tuanya ini sebagai musuh yang dimana ke dua orang tuanya bila anaknya ketahuan berbuat kebiasaan buruk maka jangan menghakiminya dalam artian memukul atau mencubitnya tetapi cukup di nasehati dan memberi hukuman yang positif seperti menghafal do’a atau menyanyi, membersihkan rumah dan suruh minta maaf ke pada anak yang bersangkutan. Buah jambu tak akan jauh jatuhnya dengan pohonya istilah ini yang dimaksud anak akan meniru perilaku kedua orang tua karena mereka yang akan di jadikan contoh maka dari itu selalu berperilaku baik di depan anak – anak agar mereka meniru kebaikan orang tuanya.

4.    Melatif  Anak Selalu Berfikir Dahulu Sebelum Bertindak
Seorang anak pastinya didalam masa pertumbuhan pasti mengalami berbagai hal baru yang dimana ini akan menentukan perilaku atau sikap di masa depanya  maka dari itu kita sebagai orang tua haruslah sering menanamkan pola pikir yang baik sebelum bertindak atau melakukan sesuatu hal dan ini akan merangsang  pribadi yang positif untuk anak tersebut terutama untuk jangka panjang.
ARTIKEL TERKAIT