4 Tanda Tubuh Kebanyakan Mengkonsumsi Manis

www.seratu.com
Kue
Makanan manis merupakan salah satu makanan yang banyak penggemarnya maka dari itu banyak sekali produk – produk makanan dan minuman yang bersifat manis beredar di pasaran. Makanan manis sangat mudah diterima oleh lidah dan bisa membuat orang kecanduan yang dimana didalam mengkonsumsi makanan selalu yang  bersifat manis, memang makanan yang manis juga baik untuk tubuh tentunya dengan takaran yang sesuai dengan tubuh dan usia, tapi makanan manis juga mempunyai efek yang buruk untuk tubuh terlebih bila mengkonsumsi ini berlebihan terutama untuk jangka panjang.

Mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan juga bisa menimbulkan berbagai penyakit dan apa bila tubuh sudah kelebihan manis maka cenderung terkena penyakit jantung dan diabetes. Konsumsi makanan dan minuman manis sebaiknya harus sesuai dengan kebutuhan dan menurut lembaga WHO mengkonsumsi manis yang berbahan dasar gula per harinya tak melebihi 5 % dari asupan kalori per harinya, untuk anak usia 4 sampai 6 tahun disarankan mengkonsumsi manis 5 sendok teh, umur 7 sampai 10 tahun 7 sendok teh dan untuk  usia 11 tahun keatas 7 sendok teh. Bila tubuh kelebihan manis maka banyak persoalan kesehatan yang akan timbul, maka itu kontrolah didalam mengkonsumsi manis, bila mengkonsumsi manis berlebih maka tubuh ada perubahan diantaranya sebagai berikut  

1.    Gigi Keropos
Sering melihat anak – anak kecil yang memiliki gigi keropos ( gigis ) ini menandakan bahwasanya didalam mengkonsumsi makanan atau minuman manis terlalu berlebih ini terjadi karena rasa manis ini merupakan makanan untuk bakteri atau kuman yang ada di mulut sehingga bakteri atau kuman ini berkembang biak dengan mudah dan berimbas pada gigi berlubang, keropos ( gigis ).

2.    Berat Badan Naik
Mengkonsumsi makanan yang terasa manis juga bisa membuat berat badan naik apa lagi kurang melakukan aktivitas seperti olah raga yang menguras keringat. Kenaikan berat badan didalam banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis ini terjadi karena kalori yang ada di makanan dan minuman manis tersebut sangat tinggi dan berimbas pada naiknya berat badan.

3.    Sulit Untuk Berhenti ( kecanduan )
Kecanduan sudah pasti dirasakan apa bila didalam mengkonsumsi makanan manis karena sifat manis ini membuat indra penggecap menjadi favorit ke timbang rasa lainnya suatu contoh anak kecil saja kebanyakan lebih suka manis dari pada rasa yang lain dan mereka ngotot untuk memilih rasa manis walaupun dilarang dan sampai menangis.

4.    Mempunyai Luka ( Borok ) Di Luar Tubuh Yang Sulit Untuk Sembuh
Pernahkah anda mempunyai luka ( borok ) akibat terjatuh dan luka ini lama sekali keringnya dan mungkin semakin melebar luka ( borok ) bila hal ini terjadi juga bisa sebagai tanda tubuh ini sudah kelebihan manis dan hal ini bisa berujung pada terkenanya penyakit Diabetes.
ARTIKEL TERKAIT