7 Tanda Tubuh Kelebihan Garam


www.seratu.com
Garam Dapur
Garam sering kali digunakan untuk bumbu dapur yang memiliki cita rasa asin bila dipadu dengan bumbu dapur lainnya dalam satu masakan maka akan menjadi sedap. Sepertinya kita tak bisa lepas dari garam karena garam selalu dibutuhkan dalam setiap masakan yang kita nikmati mulai dari masakan yang berkuah dan kering,  tak hanya itu cemilan yang sering kita beli entah kemasan pabrik atau tidak itu semua kebanyakan selalu mengunakan garam untuk memberi rasa nikmat dan gurih pada cemilan tersebut. Garam mudah sekali kita jumpai karena garam memiliki harga yang sangat terjangkau.

Garam banyak sekali ditemui di dapur atau garam dapur ini kebanyakan berasal dari air laut untuk bahan dasarnya didalam pembuatanya. Garam dapur yang sudah jadi banyak mengandung Natrium Klorida dan sebenarnya garam yang alami berbentuk mineral Kristal yang sering disebut batu garam atau Halite. Garam selain untuk bumbu dapur juga banyak digunakan untuk mengawetkan makanan yang mudah busuk. Memang tubuh ini juga membutuhkan asupan garam atau natrium tapi bila tubuh ini kebanyakan garam atau natrium juga tak baik untuk kesehatan tubuh juga dapat berakibatkan timbulnya masalah kesehatan yang baru dan berikut ini tanda tubuh kelebihan garam diantaranya sebagai berikut ini :

1.    Terasa Haus
Kebanyakan mengkonsumsi garam juga bisa menyebabkan haus karena garam  mengandung sodium yang tidak dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh sehingga rasa haus selalu melanda terlebih mengkonsumsi makanan yang cenderung asin, bila kondisi ini dibiarkan maka bisa menyebabkan tekanan darah meningkat.

2.    Lebih Sering Buang Air Kecil
Sering buang air kecil juga menandakan tubuh ini kelebihan garam, karena garam yang mengandung sodium yang berdampak pada kurangnya keseimbangan cairan dalam tubuh dan ini berdampak pada pengeluaran air kencing yang berlebih sehingga kerap merasakan ingin kencing.

3.    Hipertensi
Tekanan darah meningkat bisa disebabkan oleh banyaknya garam dalam tubuh dan tentunya keseimbangan cairan dalam tubuh tak seimbang dan berdampak pada ginjal yang bayak mengeluarkan air sehingga mempengaruhi tekanan darah yang berujung tubuh mengalami hipertensi / tekanan darah naik.

4.    Mempengaruhi Kinerja Otak
Sering kali kita memakan cemilan yang memiliki rasa asin dan sedap disaat kita belajar dan apa yang terjadi ? kita sangat sulit untuk berfikir secara maksimal ini dikarenakan rasa gurih dan asin yang ada di cemilan ini dapat merangsang rasa haus seperti dehidrasi sesaat sehingga hal ini dapat merangsang ke otak, sehingga disaat kita berfikir tak bisa maksimal dalam belajar maka dari itu Stop memakan cemilan yang gurih dan asin disaat belajar agar mendapat kualitas baik didalam belajar.

5.    Terjadi Pembengkakan Pada Kaki Dan Tangan
Pembengkakan yang terjadi di kaki dan tangan karena kelebihan garam pada tubuh sering dikenal dengan nama EDEMA dan ini bisa terjadi karena garam mengalami akumulasi sehingga cairan dalam tubuh menjadikan tak seimbang dan bisa berdampak pada pembengkakan di kaki dan tangan.

6.    Menghambat Pertumbuhan Pada Tulang
Konsumsi garam berlebih pada tubuh bisa menyebabkan osteoporosis karena garam mempunyai sifat lengket sehingga membuat penyerapan kalsium ketulang menjadi lambat dan dalam hal ini bila terjadi terus – menerus bisa membuat osteoporosis dini di tulang.

7.    Terasa Kering Di Mulut
Sering kali setelah mengkonsumsi makanan atau cemilan yang terasa gurih dan asin membuat mulut kita terasa kering dan membuat kita merasa haus ini disebabkan oleh tidak seimbangnya antara air dan sodium di mulut, untuk menggobatinya bisa meminum air yang banyak dan bersihkan lidah dengan berkumur.
ARTIKEL TERKAIT