8 Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan Tubuh


www.seratu.com
Ilustrasi
Musik merupakan salah satu suara yang terbentuk dari alat – alat yang menghasilkan suara dan berkombinasi dengan suara yang yang tersusun sedemikian rupa yang mengandung irama dan lagu sehingga tercipta sebuah musik. Musik merupakan salah satu bentuk seni yang sering digunakan untuk hiburan dan terapi, ini semua sangat baik untuk kesehatan tubuh. Musik ini memang banyak jenisnya dan sebagian orang memanfaatkan untuk mencari income tapi yang tentunya mempunyai skil di musik bisa dibagian vocal dan memainkan alat musik.

Musik sangat lekat dengan kehidupan manusia dan musik ini sering digunakan untuk beberapa acara yang bahagia seperti pesta, pernikahan dan mempengringati ulang tahun dan lain – lain. Musik ini sering digunakan sebagai terapi kesehatan karena musik ini menurut berbagai ahli dan berbagai penelitian teryata baik untuk kesehatan tubuh dan bisa membuat rangsangan positif di otak juga membuat kita selalu kecanduan yang dimana bila mendengarkan musik sering kali kita menggulanggi lagi dan lagi dan berikut ini manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan tubuh diantaranya sebagai berikut ini :

1.    Menciptakan Mood Dan Meningkatkan Suasana Hati
Mendengarkan musik merupakan kegiatan yang sering kita lakukan dan bisa dimana saja bisa sambil menggemudi mobil, di kantor, atau saat kerja di lapangan dan dirumah tentunya masih banyak lagi. Mendengarkan musik ini terbukti dapat meningkatkan suasana hati dan menciptakan mood yang hilang karena musik dapat membuat bahagia dan perasaan bahagia ini dapat melepaskan hormon dopamin yang dimana dapat menimbulkan mood yang hilang.

2.    Mengurangi stres
Stres sering melanda seseorang dan penyebabnya bisa berbagai hal mulai dari pekerjaan, permasalahan rumah tangga, dengan kekasih dan lain – lain dan bisa memperburuk kesehatan apa lagi bila terjadi dalam rentang waktu yang lama dan ini semua bisa di pulihkan dengan mendengarkan musik kesukaan karena sambil mendengarkan musik stres yang melanda akan berkurang sedikit demi sedikit sehingga beban yang dirasakan akan berkurang dan menjadikan kita fresh lagi.

3.    Mencegah Pikun
Pikun sering terjadi pada seseorang yang lanjut usia yang didalam bentuknya sering lupa padahal baru saja dikerjakan, tapi bila kerap mendengarkan music kesukaan ini bisa membuat otak bekerja secara pelan – pelan dan fungsi otak berjalan dengan optimal sehingga pikun takkan terjadi karena otak digunakan semestinya.

4.    Memudahkan Untuk Tidur
Sering kali kita tidur sangat sulit, ini dikarenakan bisa kita takut kesendirian dan sepi tapi untuk menghilangkan hal tersebut bisa dengan mendengarkan musik kesukaan maka tidur anda akan pulas sehingga istirahat anda tercukupi dan menjadikan tubuh sehat.

5.    Membuat Perkembangan Janin Lebih Berkualitas
Janin di perut ibu yang sering didengarkan musik yang berkualitas maka akan mempunyai kelebihan dibanding janin yang tak pernah didengarkan musik dan hal ini sudah banyak penelitian. Saat anak tersebut lahir dan tumbuh dewasa pasti mempunyai perbedaan kelebihanya secara intelektual dan kecerdasan motorik.

6.    Menurunkan Tekanan Darah
Tekanan darah meningkat ini bisa ditandai dengan seseorang mudah emosi dan untuk meredam emosi bisa mendengarkan musik klasik atau sejenisnya terutama yang slow dan hal ini sering dilakukan maka tekanan darah akan di posisi aman.

7.    Menghilangkan perasaan takut dan was –was
Perasaan takut atau was –was ini pernah terjadi dalam beberapa peristiwa seperti mau dioperasi, kepergok membuat suatu kesalahan, takut kesendirian dan lain – lain, ini semua dapat diatasi dengan mendengarkan musik kesukaan yang dimana dapat membangkitkan jiwa berani dan mengalihkan pemikiran – pemikiran yang negatif dan ini semua sangat baik untuk kesehatan kita.

8.    Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Mendengarkan musik banyak sekali manfaat positif yang didapat mulai dari mudah tidur, tekanan darah menjadi normal, mengurangi stres dan lain – lain hal ini semua dapat membuat kekebalan tubuh menjadi meningkat sehingga berbagai penyakit sulit masuk dan berkembang di tubuh.
ARTIKEL TERKAIT