Cara Mendeteksi Kesehatan Tubuh Melalui Warna Lidah


image : id.wikipedia.org
Lidah sering kali kita gunakan untuk membantu mengunyah makanan dan lidah  sering kita gunakan untuk membantu kelancaran berbicara, lidah dikenal dengan indra pengecap. Lidah merupakan indra pengecap yang bilamana sakit ini sangat terasa akan perang penting didalam berbicara dan makan, sedangkan lidah sering kali terkena penyakit seperti sariawan dan menumpuknya jamur yang berada di bagian depan lidah lebih dikenal Papila Fungiformis tapi tak terasa sakit cuma lidah terasa tebal dan kasap ( tidak halus ) di atas permukaan lidah juga tak terasa nyaman didalam mengunyah atau mengecap makanan.

Lidah juga sering kali digunakan untuk bersiul, menjilat makanan dan berciuman yang sering disebut French Kissing. Lidah tersusun dari otot rangka yang terdiri dari otot ekstrinsik dan otot intrinsik dan permukaan lidah kasar  karena ada tonjolan yang disebut Papila dan papila ini terdapat 3 jenis diantaranya Papila Sirkumvalata, Papila Fungiformis, Papila Filiformis. Lidah juga bisa sebagai deteksi penyakit yang sedang melanda organ tubuh bagian dalam dengan perubahan pada warna lidah seperti :

1.    Lidah Berubah Berwarna Kuning
Perubahan warna pada lidah menjadi kuning ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, yang bisa disebabkan oleh pedas, tingkat stress, nikotin dan badan ini juga mengalami panas yang berlebih dan jika tubuh mengalami infeksi bakteri yang parah maka lidah ini akan berwarna kuning kehijauan.

2.    Lidah Berubah Berwarna Ungu
Warna ungu pada lidah ini juga menandakan bahwa organ tubuh bagian dalam tak sehat karena peredaraan darah yang tak lancar sehingga dapat memicu penyakit liver dan kadar kolesterol naik. Warna ungu pada lidah ini juga bisa disebabkan mekonsumsi makanan yang dingin.

3.    Lidah Berubah Warna Biru
Warna biru pada lidah ini dikarenakan aliran darah dalam tumbuh melambat dan juga bisa darah menjadi dingin.

4.    Lidah Terdapat Bercak Putih
Bercak putih pada lidah ini menandakan sariawan, dehidrasi, infeksi jamur dan pemicunya kurang mengkonsumsi air minum, kurang menjaga kesehatan mulut dan juga menandakan tubuh ini mau terkena flu, tipus dan saluran pencernaan.

5.    Lidah Berubah Menjadi Warna Hitam
Warna hitam pada lidah ini disebabkan oleh antibiotik, diabetes dan bakteri yang ada di lidah.

6.    Lidah Berubah Warna Merah
Perubahan warna merah pada lidah bisa disebabkan oleh suhu tubuh yang naik juga penyakit demam berdarah. Tubuh yang kekurangan vitamin terutama vitamin B3, B12 ini juga bisa menjadi penyebabnya.

7.    Warna Lidah Berubah Menjadi Merah Muda
Warna merah muda pada lidah menandakan tubuh dalam kondisi sehat tentunya warna merah muda pada lidah juga membuktikan bahwasanya lidah kita dalam kondisi sehat dan tentunya kebutuhan vitamin dan mineral pada lidah sudah tercukupi.  
ARTIKEL TERKAIT