Cara Mengendalikan Emosi Bila Sedang Marah Dengan Pasangan


image : www.newagepregnancy.com
Didalam membina suatu hubungan pasti banyak yang dikorbankan demi terjalin hubungan yang langgeng, kadang ada yang mempertahankan suatu pernikahan ini demi anak. Didalam membina suatu hubungan entah sama sang kekasih atau pasangan hidup pastinya cekcok pasti pernah terjadi atau kerap terjadi bila hal ini tidak dewasa dalam menyikapi masalah ini pastilah hubungan tersebut bisa berhenti ( putus ). Memang mempertahankan sebuah hubungan tak semudah yang dibayangkan, tapi kita harus saling memegang teguh kepercayaan dan saling mengasihi maka permasalahan dapat di minimalis dalam membina suatu hubungan.

Banyak sekali permasalahan dalam pasangan bisa masih berpacaran atau pasangan rumah tangga, bila dalam menghadapi permasalahan selalu mendahulukan egois dan emosi maka hubungan tersebut tak akan berlangsung lama, juga tidak sedikit kasus kekerasan dalam sebuah hubungan yang notabenya melukai fisik pasangan sehingga melaporkan permasalahan tersebut ke pihak yang berwajib. Sangat bijak bila menyikapi permasalahan itu dengan sabar, saling mencari kesalahan masing – masing dan jaga komunikasi dengan baik dan harus menyadari bahwasanya setiap manusia itu tempatnya salah dan lupa. Berikut ini tips cara mengendalikan emosi bila sedang marah dengan pasangan bisa dengan pacar atau pasangan hidup, diantaranya sebagai berikut ini :

1.    Hindari Kata _ kata Yang Memperparah Keadaan
Didalam pertikaian karena sesuatu hal sebaiknya hindari kata – kata yang dapat memperparah suasana dan lebih baik banyak diam sambil mengingat kebaikan pasangan atau kekasih hal ini dapat mereda suasana yang sudah panas. Perasaan yang masih terbawa emosi sangat mudah marah dan sangat sensitif maka dari itu hindari kata – kata yang dapat menyinggung pasangan hidup atau kekasih seperti “ ingin menang sendiri”, “ bodoh atau tolol kamu”, “ Pergi Kamu” dan masih banyak lagi.

2.    Melampiaskan Amarah Jangan Sama Pasangan Atau Kekasih
Didalam menghadapi permasalahan antara pasangan hidup atau kekasih pastinya membuat kita hampir gelap mata yang dimana ingin sekali rasanya meludahi, memukul, dan berkata – kata yang kasar bila hal ini terjadi maka permasalahan ini akan semakin rumit dan parah, memang kemarahan ini haruslah diluapkan tapi kita harus mencari cara agar pelampiasan amarah ini tak memperparah suasana, yaitu dengan cara pergi keluar, atau berteriak di tempat yang sepi agar amarah ini bisa diluapkan, mungkin bisa disalurkan dengan hal yang positif yang berbentuk hobi.

3.  Hindari Bertanya Sebab – Akibat Yang Menyebabkan Permasalahan Tersebut
Kadang Suasana yang mulai reda bisa memanas lagi dengan hal – hal yang sepele, bila hal ini terjadi sebaiknya mulailah dengan sikap yang dingin, dan jangan pernah mengungkit – ungkit sebab akibat permasalahan tersebut, bila masih penasaran dengan permasalahan tersebut maka bisa bertanya di lain hari bila takut lupa bisa di tulis di buku agar suatu saat bisa ditanyakan lagi.

4.    Bersikap Dewasa Dan Tenang
Permasalahan pasti ada entah berat atau ringan, bila kita mendapat permasalahan dengan pasangan atau kekasih sebaiknya jangan suka menghakimi kekasih atau pasangan hidup dan lebih cenderunglah pada sikap dewasa dan tenang juga harus memahami sebab akibat permasalahan tersebut bisa terjadi. Didalam menghadapi masalah sebaiknya buang sikap kekanak – kanakan yang dimana ingin menang sendiri.

5.    Menjauh Dari Pasangan dalam waktu sesaat
Bila permasalahan sudah terjadi maka hindari bertemu dengan pasangan dalam waktu sesaat sampai rasa marah ini hilang atau berkurang, karena bila bertemu dengan pasangan yang dimana permasalahan ini baru pecah atau dimulai maka sangat mudah memanas suasana atau mudah tersulut seperti kertas yang terbakar. Menjauh dari pasangan ini bisa dilakukan dengan pergi kerumah teman, pergi ke tempat yang disukai dan lain - lain.

6.    Hindari suara yang membentak
Membentak sering kali membuat awal perselisihan terjadi diantara pasangan dan apa bila didalam pasangan sedang terjadi permasalahan sebaiknya control nada suara karena bisa membuat permasalahan semakin memanas padahal didalam berbicaranya tak memancing permasalahan tapi dengan nada membentak ini bisa mempunyai arti lain yang tentunya seperti menantang dan tak terima.

7.    Sering Mengatakan Maaf
Tak ada salahnya bila kita selalu minta maaf dahulu di setiap permasalahan karena permasalahan tersebut terjadi karena kita juga ikut andil entah salah atau benar posisi kita, sedangkan kata maaf ini memiliki power yang besar dan bisa meluluhkan hati pasangan yang sedang panas.
ARTIKEL TERKAIT