Kenali Dan Waspadai Gejala – Gejala Stroke Sejak Dini


image : www.healthtipsportal.com
Siapa sih yang tak tau akan penyakit stroke yang merupakan penyakit yang menakutkan dan tidak sedikit yang berakhir meninggal dunia. Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh rusaknya sebagian otak yang terjadi karena pembuluh darah arteri yang mengalir ke otak tersumbat bisa robek atau bocor dan akan mengakibatkan hilangnya fungsi otak dengan cepat sehingga berpengaruh pada fungsi organ lainya dan dalam bentuk fisiknya bisa berupa kaki, tangan, kelopak mata tak bisa digerakan, sedangkan penyakit yang bisa berujung terkena stroke adalah diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol yang meninggi.

Penyakit stroke dibagi menjadi dua yaitu Stroke Iskemik dan Stroke Hemorragik sedangkan Srtoke Iskemik terjadi karena ada penyumbatan pada sepanjang jalur pembuluh darah arteri ke otak dan untuk penangananya harus diberi obat pengencer ke darah dengan jarak 3 jam setelah serangan stroke. Stroke Hemorragik terjadi karena ada pendarahan di otak dan untuk penangananya harus segera di operasi dan dibersihkan darah yang berada di otak bila penagananya terlambat pasien akan terkena pasca stroke lebih parah. Bila tak ingin terkena penyakit stroke maka kenali gejala - gejala sejak dini diantaranya sebagai berikut ini :

1.    Sulit Berbicara
Sulit berbicara ini juga ada indikasi terkena stroke dan tanda ini merupakan tanda umum penyakit stroke tidak hanya itu gejala stroke ini juga mengalami penurunan dalam berpikir ( lemot ) suatu misal diminta mengulangi kalimat sederhana  maka akan kesulitan dan lama juga suaranya tak begitu jelas juga terpotong – potong.

2.    Gangguan Di Indra Penglihatan
Gangguan di indra penglihatan ( mata ) juga salah satu gejala stroke yang dimana penderita tak bisa melihat dengan sempurna terutama dengan satu mata kadang sebelah mata ini tak bisa berkedip secara maksimal.

3.    Tiba – Tiba Kehilangan Fungsi Anggota Tubuh
Kehilangan fungsi anggota tubuh ini juga salah satu gejala stroke seperti kaki, tangan tak bisa digerakan secara maksimal suatu misal disaat kita sedang berjalan tiba – tiba kaki sebelah tak bisa digerakan, jari tangan tak bisa memegang benda ringan seperti menulis dan ini terjadi tanpa ada sebab.

4.    Sakit Kepala Tanpa Sebab
Sakit kepala sering menyerang kita tapi pasti ada penyebabnya seperti kurang tidur, alergi udara dingin, kecapaian, lain lagi bila sakit kepala yang ada indikasi gejala stroke ini tanpa ada sebab tiba – tiba kepala ini sakit dan disertai muntah ini bisa disebabkan oleh perdarahan intrakanial.

5.    Mati Rasa
Mati rasa ini terjadi pada anggota tubuh bagian luar seperti setengah badan tak bisa merasakan apa – apa walaupun di cubit tak merasakan sakit dan ini terjadi secara tiba – tiba dan tanpa sebab.

6.    Gemetar Di Jari Yang Tak Bisa Dikontrol
Sering kali setiap pasien yang ada indikasi terkena stroke ini oleh dokter diminta untuk melakukan gerakan tubuh seperti olah raga ringan selanjutnya diminta menunjukan jemari - jemari tangan untuk test Tremor yang dimana bila ujung jemari ini bergerak atau gemetar sendiri dan tak bisa di kendalikan, ini cenderung terkena gejala stroke terutama yang mempunyai catatan medis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.
ARTIKEL TERKAIT