Kenali Gejala Awal Ginjal Tak Sehat


image : wealthformyhealth.com
Ginjal merupakan Organ Ekskresi yang berfungsi sebagai penyaring kotoran dari darah dan dibuang dengan air yang berbentuk urin. ginjal yang tak sehat bisa di lihat dengan melakukan USG dan apa bila dua ginjal tak bisa berfungsi normal bisa melakukan transplantasi ginjal, bisa dari orang yang sudah meninggal dan pendonor yang masih hidup dan untuk hasil yang baik disarankan pendonor yang masih hidup bisa dari anggota keluarganya karena ginjal dari pendonor yang masih hidup ini bisa dites dari kecocokan dan cenderung memiliki jangka hidup yang lebih panjang.

Tidak sedikit kasus kematian yang disebabkan oleh gangguan kesehatan di ginjal dan gangguan kesehatan di ginjal ini di masyarakat umum hanya yang beberapa yang diketahui seperti gagal ginjal dan batu ginjal padahal banyak sekali jenisnya seperti infeksi ginjal, ginjal polikistik, penyakit ginjal akut dan radang ginjal. Perlu diwaspadai bahwasanya penyakit ginjal bisa terjadi karena pola makan dan pola hidup tak sehat tapi perlu diketahui sebelum ginjal kita bermasalah pastinya ada gejala yang dapat dirasakan seperti berikut ini :

1.    Cepat Lelah
Rasa lelah sering dirasa bisa juga ada indikasi ginjal bermasalah karena ginjal yang sehat pasti banyak menghasilkan hormone EPO ( eritropoietin ) salah satu hormon pembentuk sel darah merah dan ini bisa menyuplai oksigen yang dibutuhkan tubuh, apa bila sel darah merah menurun maka tubuh ini mudah lelah, anemia, otak dan otot mengalami kerusakan dalam jangka panjang.

2.    Terjadi Pembengkakan Di Anggota Tubuh ( EDEMA )
Tidak ditemukan luka disekitar kaki atau keseleo sedangkan kaki mengalami bengkak, ini bisa disebabkan oleh ginjal yang bermasalah karena ginjal yang tak sehat akan sulit untuk membuang cairan yang ada dalam tubuh sehingga berakibat pada kaki dan betis yang mengalami pembengkakan dan ini harus segera di bawa ke dokter agar cepat mendapat penanganan.

3.    Terasa Mual
Rasa mual tidak hanya terjadi pada orang masuk angin tapi ginjal bermasalah pun bisa salah satu penyebabnya, karena ginjal tak bisa berfungsi normal sehingga berpengaruh terhadap kinerja lambung yang menyebabkan mual – mual yang terjadi.

4.    Sulit Tidur
Sulit tidur salah satu gejala ginjal bermasalah karena ginjal tak bisa bekerja secara maksimal dan hal ini akan menyebabkan sulit bernafas, kondisi perut yang tak mengenakan sehingga mempengaruhi kita untuk tidur pulas.

5.    Aroma Mulut Yang Bau
Aroma bau pada mulut juga bisa sebagai tester bahwasanya ginjal mengalami masalah terutama bila berbau ammonia seperti bau logam dan ini efek dari penumpukan cairan dalam darah yang disebabkan ginjal tak bisa beroperasi secara maksimal.

6.    Terasa Sakit Di Punggung
Sakit di punggung tidak hanya karena kecapaian seharian kerja tapi ginjal bermasalah pun bisa sebagai pemicunya karena bila ginjal tak dapat mengeluarkan kelebihan cairan dalam tubuh maka akan terasa sakit di sekitar area ginjal berada.

7.    Sulit Menahan Kencing Dan Juga Terdapat Darah Di Urin
Ini juga salah satu gejala bahwasanya ginjal bermasalah karena ginjal tak dapat beroperasi sebagai mestinya sehingga filter yang ada di ginjal tak bisa menyaring air dan darah dengan baik sehingga berakibat pada penumpukan cairan yang dimana mempengaruhi sulit untuk menahan kencing juga menyebabkan kencing berdarah.
                         
8.    Perut Kembung Dan Tak Nyaman
    Ginjal yang bermasalah akan membuat penumpukan cairan dalam tubuh sehingga berdampak pada perut kembung dan perut terasa tak nyaman.
ARTIKEL TERKAIT