Kenali Tanda Gerakan Tubuh Seseorang Yang Sedang Berbohong


       
image : www.mentalizer.com
        Berbohong merupakan salah satu aktivitas yang bertujuan untuk menyembunyikan sesuatu dengan mengatakan sesuatu yang tidak sebenarnya, berbohong sering kali terjadi disekitar kita dan sebagian orang sudah merasakan ada kebohongan yang terjadi karena antara perkataan tak sama dengan kenyataan. Kebohongan kerap terjadi disaat berbicara dalam membicarakan suatu hal dan kebohongan ini pasti suatu saat akan terbongkar dengan seiring waktu, maka dari itu banyak sekali penyesalan yang dirasa kadang ada yang menyesal sampai seumur hidup.

        Perilaku berbohong ini kerap menjadi kebiasaan dan apa bila hal ini sudah melekat dan mendarah daging maka sangat sulit untuk menghilangkan dan menjadikan orang di sekitarnya tak percaya lagi padanya. Perilaku berbohong ini bisa di hilangkan dengan mendidik sejak kecil dan tentunya dengan pengarahan – pengarahan yang menggambarkan bahwasanya berbohong ini merugikan diri sendiri karena rasa penyesalan pasti ada dan tentunya akan merugikan orang lain atau kelompok. Tapi perlu diketahui bila seseorang sedang berbohong ini bisa di lihat dari gerakan tubuhnya diantaranya sebagai berikut ini :

1.Memalingkan Wajah
Perhatikan lawan berbicara anda yang dimana bila diajak berbicara ini sering memalingkan wajah padahal kita di dekatnya atau saling berhadapan tapi lawan bicara kita tak berani melihat kita secara utuh atau memandang wajah dan mata itu pun sambil memalingkan wajah dia juga berbicara, ini perlu di curigai bahwasanya ada indikasi berbohong dalam berbicara.

2.Menggerakan Leher Dan Memegang Leher Dengan Jari Jemari Tangan
Seseorang bila sedang berbohong apa lagi orang tersebut jarang berbohong maka akan kelihatan perubahan secara fisik terutama gerakan tubuh. Amati orang tersebut dalam berbicara bila berbohong ini pasti ada gerakan – gerakan tubuh yang tidak semestinya misalkan sambil berbicara sering kali menggerakan leher sambil salah satu tangan dengan jari tangan ini memegang lehernya maka dalam hal ini ada kecenderungan berbohong orang tersebut karena jari tangan memegang leher ini bertujuan untuk mengalihkan rasa gelisah, tak nyaman, rasa takut akibat berbohong.

3.Pandangan Mata Yang Kosong
Seseorang yang berbohong ini bisa dilihat dari mata bila orang tersebut sedang berbohong ini kerap memberi pandangan yang kosong, memang kelihatanya menghadap kita saat berbicara bila kita jeli maka perhatikan mata lawan bicara kita bila mata tersebut fokus menghadap kita maka orang tersebut berbicara jujur lain lagi bila pandangan mata kosong atau tak fokus padahal menghadap kita maka orang tersebut ada indikasi berbohong tentang yang dibicarakannya, karena pandangan kosong atau tak fokus ini bertujuan untuk kelabui kebohongan yang dirasakan saat itu.

4.Perubahan Intonasi Berbicara
Intonasi berbicara kerap menjadi salah satu tanda bahwasanya dia sedang berbohong atau tidak dalam bicara tersebut, sebagai contoh bila berbicara itu tegas dan jelas ini kebanyakan tidak ada unsur berbohong lain lagi bila berbicara dengan nada kecil atau samar – samar dan terpotong - potong ini ada indikasi berbohong, karena  berbicara dengan nada kecil atau samar – samar dan terpotong - potong ini digunakan untuk menutupi kebohongan karena lawan bicara kita akan malas dan malu untuk menanyakan atau meminta untuk menggulanginya lagi.

5.Menutupi Mulut Dan Hidung Di Saat Bicara
Sering kali berbicara dengan menutupi mulut atau hidung tanpa sebab dengan posisi seperti orang batuk ini sebenarnya gerak refleks itu bertujuan untuk menyalurkan gugup, takut dalam berbohong karena kebohongan tak ada niatan dari awal.   

ARTIKEL TERKAIT