8 Manfaat Minum Teh Tawar Yang Perlu Di Ketahui

       
image : www.freshdesignpedia.com
 
Teh tawar atau teh tanpa gula ini jarang sekali orang menyukainya karena rasa getar dan sedikit pahit membuat orang jarang mengkonsumsinya dan cenderung teh ini dikonsumsi dengan mengunakan gula sehingga memiliki citarasa yang pas di lidah. Meminum teh manis sering di nikmati setelah menyatap makanan pedas dan panas seperti sate, soto, mie pangsit, bakso dan lain – lain. Teh salah satu minuman yang memiliki ciri khas dari bau yang sedap dan wangi tentunya semua ini beraroma alami.

Teh merupakan salah satu minuman yang banyak penggemar mulai bangsa Indonesia sendiri sampai mendunia, dan penggemar teh juga cukup banyak seperti penggemar kopi karena juga terdapat kafeinnya dan penyajian teh tawar sangat mudah dengan menyediakan teh yang sudah dikeringkan atau beli di toko – toko terdekat, setelah itu seduh dengan air mendidih kemudian aduk – aduk dengan sendok dan biarkan sampai berubah warna, diamkan beberapa menit sampai airnya hangat atau dingin, dengan takaran 2,5 sendok makan dan air mendidih 350 ml. Teh selain mempunyai cita rasa yang khas juga mempunyai manfaat terutama teh tawar atau teh tanpa gula diantaranya sebagai berikut :

1.    Menurunkan Kadar Gula Dalam Tubuh
Kelebihan kadar gula dalam tubuh juga tak baik untuk kesehatan, bisa memicu berbagai penyakit mulai diabetes, stroke dan lain – lain, untuk penderita dua penyakit tadi disarankan tidak lagi meminum yang manis dan tentunya teh tawar ini juga bisa sebagai pengganti minuman manis yang sering dikonsumsi, memang sih terasa getar tapi kalau sudah terbiasa maka enak – enak saja dan teh tawar bisa untuk menurunkan kadar gula karena mengandung Mangan yang dapat mengurangi kadar gula yang diubah menjadi energi.

2.    Menyehatkan Gigi
Banyak sekali rumor dimana bila mengkonsumsi dengan minuman teh ini merusak gigi, padahal bukan tehnya yang merusak gigi namun gula yang sering kita gunakan untuk campuran pembuatan teh. Perlu diketahui teh ini mengandung fluoride yang bisa membuat gigi terhindar dari plak tapi bila didalam pembuatan tanpa ada gula atau murni ( teh tawar ) hanya teh dan air mendidih saja.

3.    Mengurangi Bau Pada Mulut
Sering kali bau pada mulut menjadi persoalan tersendiri dan menjadikan orang tersebut menjadi kurang percaya diri juga membuat orang di sekitarnya kurang nyaman dengan bau mulut tersebut, tapi dengan rutin meminum teh tawar maka bau mulut akan hilang lama kelamaan karena teh tawar mengandung potasium dan zinc yang bermanfaat untuk mengurangi bau mulut tapi dengan syarat sering mengkonsumsi teh tawar atau menjadikan minuman wajib untuk dikonsumsi setiap hari.

4.    Membantu Proses Diet
Mengkonsumsi teh tawar sangat berguna untuk mempermudah proses diet berhasil karena teh tawar yang tak ada gula sangat membantu tubuh untuk menurunkan berat badan, karena teh tawar tidak mengandung kalori yang dimana bila kalori tak bisa dicerna sepenuhnya dalam tubuh bisa menjadi penumpukan lemak maka dari itu dengan mengkonsumsi teh tawar dengan rutin setiap hari maka berat badan akan sangat mudah menurun dan ini bisa dirasakan dengan seiringnya waktu.

5.    Menguatkan Kekebalan Tubuh
Sering mengkonsumsi teh tawar setiap hari juga sangat baik untuk kesehatan tubuh yang tentunya secara umum mampu untuk menguatkan kekebalan tubuh karena teh tawar mengandung polyphenol, kafein, zinc, flavonid, fluoride dan lain-lain yang tentunya sangat dibutuhkan tubuh sehingga tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit mulai dari, diabetes, stroke, kolesterol, kanker dan lain-lain.

6.    Menurunkan Ketegangan Pada Otot
Pekerjaan yang menumpuk dan harus selesai hari ini membuat kita terasa tegang dan capek karena kita bekerja lebih ekstra dan untuk mengurangi atau menurunkan ketegangan otot bisa dengan meminum teh tawar yang hangat karena teh tawar mengandung theanine yang bermanfaat untuk mengendurkan otot yang tegang terutama yang ada di saraf.

7.    Melancarkan Regenerasi Pada Kulit
Melancarkan regenerasi pada kulit bisa didapat dari meminum teh tawar dengan rutin karena teh tawar mengandung flavonoid dan ini sangat baik untuk kesehatan kulit terutama untuk mengganti sel kulit mati sehingga terhindar dari penuwaan dini.

8.    Menghilangkan Rasa Ngantuk
Rasa ngantuk bisa saja menyerang kita disaat lagi aktivitas dan ini sangat mengganggu kinerja karena belum waktunya istirahat dan ini bisa diatasi dengan minum segelas teh tawar hangat karena teh tawar juga mengandung kafein yang membuat kita terjaga terutama mengusir rasa ngantuk yang dirasakan.
ARTIKEL TERKAIT