Panduan kepanitiaan Qurban Yang Harus Diketahui

www.seratu.com
Ilustrasi
        Qurban merupakan kegiatan keagaam yang terjadi setahun sekali yang bertepatan pada tanggal 10 Dzulhijjah dan identik dengan penyembelihan hewan mulai dari sapi, kerbau, kambing  dan lain – lain, dengan adanya penyembelihan hewan kurban maka akan terbentuk sebuah kepanitiaan yang didalamnya mempunyai tujuan untuk mengelola, dan mendistribusikan daging hewan Qurban tersebut dan supaya kegiatan Qurban berjalan lancar. Secara umum kepanitiaan Qurban ini terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, Penanggung Jawab dan struktur dibawahnya masih banyak lagi maka dari itu sebelum masuk menjadi panitia Qurban terutama Ketua Panitia Qurban maka perlu diperhatikan hal – hal berikut ini :

1.Doa Pembuka Dan Kultum
Sebelum kegiatan Qurban dilakukan maka kumpulkan semua anggota panitia Qurban dan lakukan doa bersama supaya proses awal sampai akhir kegiatan Qurban ini tak ada masalah dan berjalan lancar,  Setelah acara doa pembuka selesai maka lanjutkan kultum yang isinya pembahasan  tentang Qurban.

2.Mengumpulkan Hewan Qurban
Pengumpulan hewan kurban ini juga harus dilakukan sebelum sholat Idul Adha dilakukan, terutama yang tempat hewan kurban berjauhan dengan lokasi Qurban bila lokasinya dekat maka bisa dilakukan setelah sholat Idul Adha, untuk pemberian nama – nama yang ikut Qurban yang biasanya melekat pada leher hewan kurban bisa menyusul saat semua panitia berkumpul.

3.Menyiapkan Peralatan Qurban

Menyiapkan peralatan Qurban tentunya sangat penting karena mempermudah pekerjaan didalam kepanitiaan Qurban, sedangkan peralatan yang harus disiapkan diantaranya:

-  Pisau berguna untuk memisahkan daging dengan tulang dan kulit juga bisa mengunakan, pisau yang besar untuk memotong tulang menjadi kecil – kecil.

-   Menyiapkan tempat yang bersih untuk menata daging kurban yang sudah dipotong untuk dimasukan ke kantong plastik, kalau tempatnya kotor bisa mengunakan alas terpal atau sejenisnya.

-   Distribusi air bersih berguna untuk mencuci organ dalam hewan Qurban seperti usus besar dan kecil yang bertujuan untuk memisahkan kotoran dan sisa kotoran yang ada di organ dalam, bila memungkinkan cari sungai yang bersih untuk mencuci organ dalam hewan tersebut agar pengerjaannya cepat selesai.

-   Kendaraan roda 4 juga dibutuhkan untuk memperlancar didalam mendistribusikan daging hewan Qurban 
   
4.Mendata Kepanitiaan Qurban
Pendataan panitia Qurban berguna agar mengetahui jumlah yang ikut serta didalam kepanitiaan dan pembagian tugas juga mengetahui berapa kantong daging yang harus disisihkan untuk panitia Qurban. 

5.Melakukan Penyembelihan
ALLAHU AKBAR x3 kumandang takbir mengiringi proses satu – persatu penyembelihan hewan kurban dan penyembelihan juga harus dilakukan ahlinya dan bisa mengunakan jasa jagal untuk menyembelih hewan korban tersebut terutama untuk hewan kurban sapi.
  
6.Mendistribusikan Dan Penataan Daging Qurban
Penataan daging Qurban haruslah sesuai dengan aturan agama Islam yang sudah ditentukan dan didalam mendistribusikan haruslah rata juga semua panitia Qurban harus ikut serta terutama yang masih muda karena fisiknya lebih kuat dan dalam mendistribusikan daging hewan Qurban bisa mengunakan mobil agar lebih cepat selesai.
  
7.Evaluasi Dan Doa Penutup 
Setelah rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir kepanitiaan Qurban ini selesai maka sebelum penutup doa maka koreksi kekurangan yang ada yang berguna untuk kepanitiaan Qurban selanjutnya, setelah itu baru doa penutup dan pembubaran panitia Qurban secara resmi. 

ARTIKEL TERKAIT