Penyebab Rambut Memutih ( Uban ) Di Usia Muda


image : www.guiatucuerpo.com
Rambut putih pada usia tua sudah hal wajar dan ini juga sebagai tanda alam bahwasanya orang tersebut sudah memasuki usia tua dan tidak hanya itu tandanya bila usia sudah tua bisa juga kulit keriput, indra pendengaran dan penglihatan sudah tak normal dan lain – lain. Rambut beruban atau putih di usia muda ini yang menjadikan permasalahan tersendiri bagi yang mengalami dan terjadi pada pria atau wanita tentunya sangat mengganggu penampilan dan yang paling bisa dirasakan adalah kurang percaya diri bila di tempat umum, tak sedikit upaya untuk menyembunyikan rambut putih atau beruban dengan menyemir warna hitam, mencabuti atau memotong rambut putih, memakai penutup rambut bisa topi, hijab dan sejenisnya.

Usia muda bila rambutnya sudah beruban atau memutih sering menjadi bahan tertawaan dan ledekan tentunya membuat yang memiliki rambut beruban tersebut menjadi malas bergaul dan merasa seperti terkucilkan. Rambut putih atau beruban  bukanlah hal yang wajar terutama pada usia muda dan ini pastinya ada penyebabnya diantaranya sebagai berikut ini :

1.    Gonta – Ganti Merek Shampo
Shampo memiliki banyak sekali perbedaan di tiap merek shampo terutama bahan yang digunakan dalam pembuatan dan ini yang bisa mempengaruhi rambut anda cepat putih dan bisa membuat kulit kepala berketombe, maka dari itu disarankan jangan sering menggati shampo atau coba – coba bila memang shampo yang sudah sering dipakai bisa  diterima oleh rambut maka jangan ganti merek shampo lain.

2.    Memakai Catok Rambut
Memang memakai catok rambut bisa mempermudah rambut untuk diatur dengan sesuai keinginan, tapi panas yang di hasilkan dari catok bisa merusak kadar melamin yang ada di rambut sehingga bila sering memakai catok rambut bisa rusak juga bisa membuat rambut kering, beruban atau memutih.

3.    Stres
Peristiwa stres ini bisa membuat hormon tak baik untuk kesehatan tubuh dan bila stres berangsur terus – menerus bisa membuat perubahan pada tubuh terutama pada rambut bisa mengalami kebotakan dan perubahan warna pada rambut menjadi putih.

4.    Faktor Keturunan ( Genetik )
Keturunan dari kedua orang tua juga bisa membuat rambut memutih karena di situ sifat ayah dan ibu pasti akan menurun entah dari bentuk muka, talenta, bahkan sifat istilah pepatah mengatakan “ buah mangga
tak kan jauh jatuhnya dari pohonnya”.

5.    Sering gonta – ganti warna rambut
Sering kali mengganti warna rambut untuk mengikuti tren masa kini boleh – boleh saja, tapi itu semua pasti ada efek kurang bagus untuk kesehatan rambut karena bahan pewarna yang terdapat didalam zat pewarna ini dapat merusak melamin yang ada di rambut, sehingga rambut mudah kusam, kering dan kelihatan tak sehat sehingga bisa membuat rambut berubah warna putih.

6.    Asupan Vitamin Dan Gizi Yang Kurang
Kurangnya asupan vitamin dan gizi sangat buruk untuk kesehatan dan bisa memicu berbagai penyakit yang timbul, apalagi bila masih dalam masa pertumbuhan kekurangan vitamin dan gizi bisa menyebabkan masalah pada rambut mulai rambut mudah rontok dan bisa berubah warna menjadi putih.

7.    Perokok Aktif
Rokok menurut dunia medis sangat membahayakan jiwa yang dapat menyebabkan kanker, paru ­­- paru, bronchitis kronis, selain itu merokok juga bisa memicu akan ganguan tiroid sehingga uban sangat mudah tumbuh di kepala.

8.    Sering mencuci rambut dengan shampo
Sering berkeramas bisa menjadikan rambut mudah rusak, terutama yang setiap hari keramas mulai dari rambut berubah warna menjadi merah sampai menjadi putih. juga mengalami kerontokan karena bila rambut sering di cuci terutama sering keramas ini bisa mengikis kandungan melamin yang ada di rambut sehingga rambut mudah rusak.
ARTIKEL TERKAIT