Tips Menyimpan Daging Qurban Yang Tepat Dan Benar


www.seratu.com
Daging Qurban
Hari Raya Idul Adha yang diperingati umat muslim sedunia dengan serangkaian acara mulai mengumandangkan takbir, sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban ini semua dilakukan untuk menambah keimanan. Hari raya idul adha kerap kali di hubungan dengan penyembelihan hewan qurban yang berasal dari hewan ternak yang memiliki banyak daging mulai dari sapi, kerbau, kambing dan lain – lain tentunya daging qurban akan dibagikan sehingga pada hari itu setiap rumah pastinya akan memasak daging qurban tersebut dan ini merupakan tradisi yang turun – temurun.

Daging qurban tentunya bisa diolah dengan berbagai olahan mulai dari sate, soto, rawon, pembuatan bakso dan masih banyak lagi. Pembagian daging qurban bagi yang berkorban tunggal akan mendapatkan jumlah yang banyak dan bisa dimasak berhari – hari tentunya butuh tempat penyimpanan seperti kulkas atau freezer agar daging hewan qurban ini tak rusak juga terjaga kualitasnya dan bisa dimasak kapan saja dan berikut ini seratu.com akan membahas tentang tips menyimpan daging qurban agar tak cepat rusak dan terjaga kualitasnya yang berasal dari berbagai sumber diantaranya sebagai berikut ini :

1.    Pembersihan mesin Freezer Atau Kulkas
Sebelum menyimpan daging qurban maka bersihkan dahulu tempat penyimpanan yang bertujuan agar kualitas daging qurban tersebut tak rusak dan terjaga kualitasnya juga terhindar dari pengaruh bekas bau dari bahan makanan lainya. Membersihkan kulkas atau freezer ini bisa dimulai dengan membuang bunga es dan memisahkan letak antara daging dan sayuran atau makanan lainya sehingga daging qurban akan terjaga kualitasnya dan mendapat suhu ruang yang maksimal karena freezer atau kulkas sudah bersih.

2.    Hindari Menyimpan Daging Qurban Dalam Bentuk Besar
Penyimpanan hewan qurban di kulkas atau freezer bisa dilakukan dengan di potong menjadi kecil – kecil yang bertujuan untuk pembekuan bisa merata dalam daging tersebut sehingga bisa bertahan lama di kulkas atau freezer juga tak mudah rusak kualitas daging qurban tersebut.

3.    Bungkus Daging Qurban Dengan Plastik Tebal Dan Ada Klipnya
Pembungkusan daging qurban bertujuan untuk menghindari bakteri masuk dan menjaga kualitas daging qurban tersebut maka dari itu cari plastik yang tebal dan terdapat klip sehingga saat klip di digunakan maka plastik tersebut akan kedap udara sehingga bakteri sulit berkembang, untuk jenis plastiknya bisa memakai plastic Food Grade yang transparan yang bertujuan agar kelihatan perubahan pada warna daging yang tak perlu membuka klipnya.

4.    Pemilihan dan pemisahan Daging
Pembagian daging qurban tentunya tak semua ini daging tapi terdapat jeroan dan tulang maka dari itu pisahkan terutama antara daging dan jeroan dan pisahkan tempat penyimpanannya juga karena jeroan sangat mudah rusak kualitasnya dan tak bertahan lama apa lagi bila tercampur antara daging dan jeroan di tempat penyimpanan maka daging akan cepat rusak sehingga mempengaruhi akan kualitasnya daging qurban tersebut.

5.    Simpan Dengan Suhu Yang Dingin Di Kulkas Atau Freezer
Menyimpan daging dan jeroan di kulkas atau freezer juga harus memperhatikan suhunya yang dimana suhu yang semakin dingin semakin baik untuk daging dan jeroan. Untuk daging bisa bertahan selama 6 bulan bila di simpan di freezer dengan suhu yang tepat tentunya.

6.    Hindari Mencuci Daging Qurban Sebelum Di Simpan
Mencuci daging qurban memang kelihatan baik tapi bila mencuci daging qurban yang mau disimpan ini justru tidak disarankan karena akan merusak kualitas daging tersebut juga bila daging qurban kotor mungkin terkena pasir atau sejenisnya maka hindari mencuci dengan air cukup potong daging yang kotor dan buang  ini disebabkan karena dengan mencuci daging maka daging tersebut sangat mudah tercemar bakteri sehingga akan cepat rusak daging tersebut.

7.    Cara Memasak Daging Qurban Dari Freezer Atau Kulkas
Perlu diketahui bahwasanya memasak hewan qurban bila mengambil daging dari freezer atau kulkas maka perlu untuk mencairkan daging tersebut dan cara yang tepat dengan cara mengaliri air bersih dan biarkan teraliri pembungkus daging tersebut sampai pembungkus daging (plastic Food Grade) ini terpisah dengan es yang menempel dan daging yang berada di plastik Food Grade sudah kelihatan empuk maka keluarkan daging qurban dari pembungkus plastik Food Grade dan cuci bersih dan tiriskan lalu siap dimasak, jangan lupa untuk mendahulukan memasak jeroan yang dihabiskan dulu karena untuk ketahanan di freezer atau kulkas tidak sekuat daging.
ARTIKEL TERKAIT