11 Penyebab Rambut Mudah Rontok

image : www.positivehealthwellness.com
Rambut mudah rontok bila tak cepat mendapat penanganan yang tepat bisa menyebabkan penipisan jumlah rambut dan membuat botak tidak hanya itu juga bisa membuat permasalahan yang baru akibat rambut rontok seperti kurangnya percaya diri akibat rambut sering rontok dan berakibat kepala menjadi botak. Permasalahan rambut rontok juga sering dialami pria atau pun wanita dan dikatakan wajar bila kerontokan pada rambut per-harinya sekitar 50 helai rambut karena banyak rambut yang masih tumbuh perharinya.

Kerontokan pada rambut sering terlihat pada saat menyisir rambut yang dimana di selah – selah gigi sisir kedapatan rambut yang rontok dan saat bangun tidur terlihat ada berapa helai rambut yang tertinggal di bantal akibat rambut rontok sedangkan kerontokan yang terjadi pada wanita paling banyak setelah menopause dan untuk laki – laki di usia diatas 50 tahun sedangkan pada laki – laki yang paling banyak rontok di daerah puncak kepala sedangkan untuk wanita letaknya hampir merata. Banyak sekali penyebab rambut mudah rontok diantaranya sebagai berikut ini :

1.Kurang Asupan Vitamin Dan Gizi
Rambut yang hitam lebat dan kelihatan sehat tentunya sudah terpenuhi akan asupan vitamin dan gizi dalam bentuk zinc dan protein sehingga rambut tetap terjaga akan kesehatan maka  dari itu selalu makan yang banyak mengandung  vitamin dan gizi sehingga rambut jauh dari kerontokan.   

2. Penggunaan Bahan Kimia Pada Rambut
Penggunaan bahan kimia pada rambut seperti pewarna rambut, pelurus rambut itu semua sebenarnya tak baik untuk rambut terlebih bila sering memakainya karena bahan kimia pewarna rambut dan pelurus rambut bersifat memaksa dan ini untuk jangka panjang dapat merusak rambut terutama rambut menjadi kusam dan mudah patah juga mengalami kerontokan.

3. Pengaruh Obat Yang Di Konsumsi
Pemakaian obat – obatan yang bisa membuat rambut rontok seperti obat kemoterapi, obat depresi dan pengencer darah bila selama pemakaian obat – obat jenis ini tak dihentikan maka kerontokan akan tetap berlangsung lebih parah tapi bila dihentikan dalam mengkonsumsi obat tersebut maka kerontokan pun juga berkurang dengan seiringnya waktu maka intensitas kerontokan rambut menjadi berkurang.

4. Jenis Penyakit Yang Di Derita
Tidak semua penyakit bisa merontokan rambut tapi jenis penyakit seperti diabetes, hopertiroidisme dan lupus sangat mudah menyebabkan rambut mengalami kerontokan dan selama penyakit ini belum sembuh maka rambut pun juga tetap rontok sehingga bisa membuat rambut rontok total ( botak ).

5. Terlalu Kencang Mengikat Rambut
Sudah menjadi kebiasaan wanita untuk mengikat rambut yang bertujuan untuk menata agar kelihatan rapi dan tidak menggangu pekerjaan yang sedang dikerjakan kadang ada yang bersifat mengikuti tren gaya rambut tapi perlu diingat bahwasanya mengikat rambut bila terlalu kencang sangat tak baik untuk rambut tersebut juga menyebabkan rambut mudah rontok karena rambut dalam kondisi diikat dalam posisi kencang membuat sebagian rambut tertarik apa lagi bila dalam mengikatnya terlalu lama maka sangat berisiko rambut rontok.

6. Sinar Matahari Langsung Dan Polusi Udara
Sinar matahari pagi memang menyehatkan tubuh tapi bila sinar matahari di siang hari sampai sore tak lagi menyehatkan lagi untuk tubuh, bagi yang bekerja di lapangan sering kali rambut terpapar sinar matahari langsung bila hal ini dibiarkan terus menerus bisa merusak rambut ditambah dengan semakin meningkatnya polusi udara ini semua bisa membuat rambut menjadi kusam, kering, mudah patah dan menjadikan rambut mudah rontok maka dari itu bila bekerja di luar ruangan disarankan untuk memakai pelindung rambut.

7. Gangguan Psikologis
Gangguan psikologis bisa disebabkan oleh tingkat stress yang tinggi dan berlangsung lama juga perasaan tertekan semua sangat tak baik untuk kesehatan juga bisa mempengaruhi akan keberlangsungan pertumbuhan rambut dan bila hal ini dibiarkan terus – menerus bisa membuat saraf pada kepala menegang sedangkan saraf pada kepala dalam kondisi tegang bisa mempengaruhi akar saraf rambut melemah dan ini yang menjadikan rambut mudah rontok.

8. Wanita Hamil Dan Setelah Melahirkan
Banyak sekali kasus yang dimana seorang wanita hamil dan setelah 3 bulan pasca melahirkan ini kerap mengalami rambut rontok dan ini merupakan proses alami dan kemungkinan  besar penyebabnya karena hormon dalam tubuh tak stabil saat hamil dan pasca 3 bulan setelah melahirkan.

9. Kulit Kepala Yang Tak Sehat
Kulit kepala yang tak sehat juga bisa menyebabkan rambut mudah rontok seperti kulit kepala yang terkena jamur dan kudis ini yang menyerang kulit kepala sehingga menjadikan rambut tak bisa tubuh subur dan menyebabkan rambut mudah rontok.

10. Merokok
Rokok mengandung zat adiktif yang dapat merusak organ dalam dan menurut penelitian baru – baru ini yang diterbitkan jurnal Archives Of Dermatology rokok mampu merusak suplai darah ke folikel rambut sehingga rambut mudah rontok.

11. kurang Menjaga Kesehatan Rambut
Kesehatan rambut juga bisa diperoleh dengan rutin keramas terlebih bila dalam keramas dengan bahan alami karena rambut yang lama tak keramas bisa lembab dan berkeringat di tambah sering terkena paparan sinar matahari langsung maka rambut sangat berisiko mudah rontok.       
ARTIKEL TERKAIT