12 Manfaat Air Tebu Untuk Kesehatan


image : drhealthbenefits.com
Tanaman tebu memang tanaman yang kuat akan segala musim dan lumayan lama untuk siap dipanen. Tanaman tebu bisa tumbuh sampai 3 meter lebih, untuk kulitnya sangat keras juga memiliki warna secara umum hijau kecokklatan dan hitam sedikit merah, dagingnya sangat manis dan banyak ampas sebagai perbandingan air tebu hanya 5% dan ampas daging 95%. Tebu merupakan bahan utama pembuatan gula pasir karena bentuknya seperti pasir sehingga sering disebut dengan gula pasir. Selain salah satu bahan pembuatan gula, tanaman tebu terutama daunya juga mempunyai manfaat seperti daun yang hijau sebagai makanan hewan ternak seperti sapi, kerbau, lembu dan lain – lain sedangkan yang kering dalam bentuk yang masih utuh bisa digunakan untuk pengganti genteng tapi juga harus di rangkai dengan bambu yang sudah di potong – potong dan di belah menjadi kecil – kecil dan ini sering disebut dadhok dalam bahasa jawa.
 
Air tebu di zaman dulu bisa didapat dengan mengupas kulit tebu dan di ambil dagingnya setelah itu di potong – potong kecil dan dikunyah di mulut itu pun masih menyisakan ampas tapi di zaman modern sekarang air tebu bisa di dapat dengan diperas dengan mesin tapi kulitnya juga dibuang dulu sehingga memudahkan untuk menikmatinya tanpa harus mengunyah daging tebu tersebut. Tebu juga banyak mengandung protein, kalsium, lemak, zat besi, fosfor, gula, magnesium, kalium, vitamin dan lain – lain tentunya juga sangat baik untuk kesehatan tubuh diantaranya sebagai berikut ini :

1.Aman dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes
Penderita diabetes sangat disarankan untuk menghindari makanan atau minuman yang bersifat manis dan tebu ini tidak termasuk karena tebu mengandung gula alami yang tentunya tidak bahaya untuk dikonsumsi penderita diabetes asal dalam mengkonsumsi-nya sewajarnya.

2. Tubuh Tak Kekurangan Cairan
Tebu juga akan kaya airnya dan sekarang sangat mudah untuk mendapatkan air sarinya dengan cara diperas dengan mesin dan tinggal menikmatinya tanpa harus mengunyah dan tentunya sangat baik untuk tubuh juga bisa untuk memenuhi cairan dalam tubuh juga kaya akan mineral, kalsium, kalium, mangan zat besi dan tentunya selain bisa untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh juga menyehatkan tubuh.

3. Baik Untuk Gigi
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwasanya makanan atau minuman yang manis ini merusak gigi tapi untuk air tebu ini justru sangat baik untuk kesehatan gigi karena kandungan gula yang terdapat pada tebu termasuk gula alami juga kandungan mineral yang ada di air sari tebu sangat baik untuk mencegah kerusakan pada gigi sehingga gigi bisa terhindar dari berbagai penyakit.

4. Mengobati Permasalahan Bau Mulut
Bau mulut bisa menyerang siapa saja apa lagi yang memiliki pola makan dan pola hidup yang kurang sehat juga kurang menjaga kesehatan mulut tapi jangan kuatir karena dengan rutin mengkonsumsi air tebu yang dijual di pinggir - pinggir jalan sangat berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut karena kandungan mineral yang ada pada air tebu bisa meningkatkan sekresi enzim yang enzim ini bisa melawan bau mulut sehingga bau mulut bisa hilang.

5. Salah Satu Sumber Energi
Rasa manis yang terdapat di tebu mengandung gula alami yang tentunya sangat cepat diserap oleh tubuh yang diubah menjadi energi juga kandungan air pada tebu banyak mengandung glukosa dan elektrolit yang cepat untuk proses metabolisme yang diubah menjadi energi.

6. Melawan Sel Kanker
Kandungan antioksidan yang terdapat pada tebu juga bisa untuk melawan sel – sel kanker yang ada sehingga kanker tak bisa hidup subur dalam tubuh karena mineral yang ada di tebu banyak mengandung antioksidan.

7. Menyehatkan Jantung
Mengkonsumsi air sari tebu sangat baik untuk menunjang kesehatan jantung karena kandungan karbohidrat dan kandungan gula alami pada tebu tersebut, terlebih dikonsumsi bila masih segar.

8. Mengobati Penyakit Kuning
Penyakit kuning bisa menyerang siapa saja karena penyakit kuning disebabkan oleh billiburin pada darah dan penyakit kuning penyebabnya salah satunya organ hati yang tidak bisa kerja secara maksimal sedangkan air sari tebu sangat efektif untuk menormalkan organ hati sehingga dengan sering mengkonsumsi air sari tebu secara rutin bisa menyehatkan hati dan terhindar penyakit kuning.

9. Menyehatkan Lambung
Mengkonsumsi air sari tebu dengan rutin sangat baik untuk kesehatan lambung karena kalium yang terdapat pada air sari tebu sangat menyehatkan lambung terutama untuk mencegah infeksi lambung.

10. Menyehatkan Ginjal
Organ ginjal bila rusak bisa memicu rusak organ tubuh lainya maka dari itu sayangi ginjal dengan bentuk salah satunya sering mengkonsumsi air sari tebu karena kandungan zat alkali dan protein yang ada pada air sari tebu tersebut bisa mengurangi masalah pada ginjal dan membantu saat proses menyaring cairan.

11. Menyehatkan Kulit
Kulit juga butuh asupan vitamin dan mineral agar kulit tak kusam, kering dan terjaga kelembabpannya dan ini semua terdapat pada air sari tebu juga mengandung asam alpha dan antioksidan yang baik untuk kulit maka dari itu sering-lah mengkonsumsi air sari tebu dengan rutin.

12. Menguatkan Kekebalan Tubuh
Se gudang kandungan air sari tebu seperti protein, kalsium, lemak, zat besi, fosfor, gula, magnesium, kalium, vitamin dan masih banyak lagi, ini semua sangat baik untuk menguatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit dan virus yang ingin masuk ke tubuh.
ARTIKEL TERKAIT