Jangan Lakukan Hal Ini ? Bila Perut Keadaan Kosong


image : dijetaplus.com
Perut kosong sering terjadi saat bangun pagi karena dalam keadaan tersebut pada malam harinya saat tidur terjadi pembakaran kalori walaupun sedikit dan ini yang menyebabkan perut kosong saat bangun pagi. Perut kosong membuat kita selalu ingin makan atau minum, ini bertujuan hanya untuk mengurangi rasa perut kosong tapi bila sembarangan mengkonsumsi makanan atau minuman bisa berakibat bahaya terhadap kesehatan khususnya di saluran pencernaan.

Sering kali ketika bangun pagi meminum kopi atau teh, ini sebenarnya tak baik untuk kesehatan alangkah baiknya bangun pagi dalam keadaan perut kosong ini hanya minum air putih dan sambil menunggu atau mencari makanan untuk sarapan pagi. Perlu diingat bahwasanya saat bangun pagi sering kali perut merasakan kosong dalam hal ini sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan atau minuman juga melakukan aktivitas berat diantaranya sebagai berikut ini :

1.Hindari Makan Atau Minum Yang Bersifat Asam
Makanan atau minuman yang asam tak baik untuk perut keadaan kosong karena bisa mempengaruhi kesehatan pencernaan yang disebabkan kandungan asam yang berada pada makanan dan minuman tersebut bisa membuat iritasi pada lambung yang berdampak pada menurunnya selera makan dan apa bila hal ini kerap dilakukan saat perut kosong bisa menyebabkan penyakit yang serius terutama pada sistem pencernaan dan lambung.

2.Beraktivitas Yang Ekstra Atau Olah Raga
Saat bangun pagi bawaanknya malas sedangkan untuk menghilangkan rasa malas sering digunakan untuk aktivitas atau olah raga yang bertujuan untuk menghilangkan rasa malas yang dirasa dan hal ini boleh - boleh saja tapi perlu dicatat, bila bangun pagi dan perut terasa kosong maka jangan digunakan aktivitas yang berat atau olah raga yang berat karena dengan perut kosong digunakan untuk aktivitas yang berat yang dimana menguras keringat bisa membuat kondisi fisik droop dan bisa memicu terjadinya dehidrasi dan pingsan.

3.Hindari Mengkonsumsi Obat – Obatan
Meminum obat – obatan entah kapsul atau cair yang terutama mengandung aspirin dan antibiotik dalam keadaan perut kosong maka hindari bila hal ini tetap anda terapkan maka sangat tidak baik untuk kesehatan terutama pada sistem pencernaan dan lambung karena dapat membuat iritasi di sistem pencernaan juga bisa menimbulkan diare, mual dan apa bila kondisi fisik tak sehat bisa membuat droop sehingga bisa memicu kondisi kesehatan yang lebih buruk lagi.

4.Jangan Lakukan Berpergian
Berpergian jangan lakukan bila perut dalam kondisi kosong karena bisa memperparah kondisi fisik karena dapat membuat mual, pusing dan pingsan  maka dari itu sebelum berpergian makan dahulu tapi jangan terlalu kenyang.

5.Berenang
Berenang memang baik untuk kesehatan fisik tapi bila dilakukan dengan perut kosong sangat tidak dianjurkan karena bisa membuat masuk angin dan perut kembung karena air memiliki suhu dingin dan ini sangat mudah memicu masuk angin dan kembung.

6.Hindari Minum Kopi Atau Teh
Saat perut keadaan kosong maka hindari minum kopi atau teh karena kandungan kafein yang ada di minuman tersebut bisa menaikkan asam lambung sehingga bisa membuat perut kembung, mual dan muntah.   
ARTIKEL TERKAIT