Jenis Makanan Dan Minuman Yang Dapat Merusak Kesehatan Gigi


www.seratu.com
ilustrasi

        Gigi merupakan bagian dari mulut yang memiliki peran penting terutama untuk memotong, menghancurkan, menghaluskan makanan namun bila gigi sampai rusak sangat mengganggu kenyamanan dan fungsi gigi. Perawatan gigi sangat menentukan akan keberlangsungan dan kesehatan gigi agar tetap terjaga kesehatannya sehingga dapat bertahan dan bisa berfungsi sebagai mestinya sedangkan untuk perawatan gigi bisa dalam bentuk menggosok gigi 3 kali sehari tentunya memakai pasta gigi juga rutin untuk cek-up kesehatan gigi ke dokter gigi.
 
         Makanan dan minuman yang setiap hari kita konsumsi pastinya melalui mulut juga gigi mempunyai peran sangat penting dalam memotong, menghaluskan dan menghancurkan makanan namun bila gigi mengalami gangguan kesehatan seperti berlubang, retak, patah dan lain sebagainya maka sangat tak nyaman dan mungkin ada rasa sakit saat digunakan untuk fungsinya. Gigi rusak tanpa sebab atau tiba – tiba rusak ini bukan hal alami namun pasti ada penyebabnya selain perawatan gigi yang kurang juga makanan dan minuman juga bisa salah satu penyebabnya dan berikut ini makanan dan minuman yang bisa merusak kesehatan gigi diantaranya sebagai berikut ini :

1.Permen Karet
Makanan permen karet selain mempunyai rasa manis juga lengket dan sering lama untuk dikunyah di mulut juga tak baik untuk gigi karena air liur yang bercampur dengan permen karet  serta rasa manis buatan yang berada di permen karet ini bisa mengikis partikel – partikel yang ada di gigi sehingga gigi mudah rusak.    

2. Kripik
Camilan kripik memiliki tekstur keras dan manis pada umumnya dan apa bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dalam satu dekade makan  maka dapat merusak gigi karena sifat keras dan manis yang terdapat pada  kripik dapat mengikis kekerasan gigi sehingga gigi mudah retak dan mematahkan gigi untuk kasus ini sering kita jumpai yang dimana disela – sela mengkonsumsi kripik ini gigi juga bisa patah.

3. Rutin Mengkonsumsi Es
Mengkonsumsi es terlebih mengunyah es batu sangat tak baik untuk kesehatan gigi dan bisa menyebabkan gigi patah karena rasa dingin dan keras pada es batu dapat mengikis kekerasan gigi sehingga gigi sangat rentan patah dan apa bila patah dan sisa patahan yang masih lekat di gusi gigi sangat memudahkan bakteri dan kuman untuk hinggap di gigi tersebut sehingga dapat mengancam kesehatan gigi.

4. Jenis Kacang – kacangan yang keras
Jenis kacang – kacangan yang keras seperti kacang goreng, detailnya, dan lain – lain ini juga bisa merusak gigi terlebih gigi implan, gigi palsu sebaiknya mengkonsumsi kacang – kacangan ini bisa berbentuk selai.

5. Minuman Manis Dan Perasa Kimia
Mengkonsumsi minuman selain air tawar boleh – boleh saja asal jangan menjadi kebiasaan rutinitas sehari - hari karena minuman kemasan banyak mengandung gula buatan dan rasa buatan, apa bila sering dan menjadi minuman harian ini tak baik untuk keberlangsungan kesehatan gigi, memang bila ingin minum air yang mempunyai rasa bisa membuatnya sendiri dengan cara memberi campuran buah segar bisa irisan semangka, jeruk dan lain – lain tergantung selera yang di inginkan.

6. Kerap Mengkonsumsi Makanan Dan Minuman Yang Panas
Mengkonsumsi makanan dan minuman yang panas memang tak disarankan karena dapat merusak gigi tersebut terlebih untuk jangka panjang karena panas yang ditimbulkan entah makanan atau minuman ini dapat mengikis kekerasan dan kekuatan gigi sehingga gigi mudah rusak.

7. Minuman Anggur Dan Wine
Minuman ini selain mengandung alkohol juga memiliki asam yang bisa meninggalkan noda di gigi juga cenderung membuat mulut kering sehingga mempengaruhi produksi air liur padahal air liur sangat penting untuk melindungi gigi dari kerusakan maka dari itu hindari mengkonsumsi minuman beralkohol dalam bentuk apapun.

8. Makanan Dan Minuman Yang Bersifat Manis

Makanan dan minuman yang bersifat manis memang sangat tidak dianjurkan terlebih kerap mengkonsumsinya karena rasa manis sangat cepat merusak lapisan luar dan dalam pada gigi maka dari itu setelah memakan atau minum yang bersifat sangat manis maka lekas berkumurlah agar manis yang melekat di gigi dapat luntur. 
ARTIKEL TERKAIT