20 Dampak Baik dan Buruk Memakai Media Jejaring Sosial

image : healthdoctrine.com
Banyak sekali jenis media jejaring sosial yang sekarang kita bisa nikmati sehingga satu orang pastinya aktif lebih dari dua atau tiga media jejaring sosial. Media jejaring sosial ini pada awalnya berfungsi hanya menghubungkan antara satu orang dengan beberapa orang yang bertujuan untuk mempermudah berkomunikasi namun dengan perkembangan zaman media jejaring sosial ini bisa digunakan untuk berbagai hal seperti bisnis, mencari pekerjaan, mencari ilmu dan masih banyak lagi. Media jejaring sosial bisa kita peroleh sangat mudah yaitu melalui aplikasi play store yang terdapat pada handphone atau tablet tinggal kita pilih, download dan login bisa mengunakan email yang kita punya. Sedangkan untuk media jejaring sosial memang banyak ragamnya seperti Twitter, FaceBook, Google+, Instagram, Whatsapp, Line, wichat, bigo, dan masih banyak lagi tentunya hal ini memberi dampak yang baik dan buruk diantaranya sebagai berikut ini :
       
Dampak Buruk

1.Memperburuk Kesehatan
Bagi pengguna jejaring sosial memang kalau sudah ketagihan tak mengenal waktu sampai – sampai di toilet juga tetap update status atau hanya melihat – lihat tidak hanya itu sebelum tidur wajib untuk melihat sebetar namun apa yang terjadi mata pun tak mengantuk sampai lupa waktu, bila hal ini di terus – teruskan maka bisa mengganggu kesehatan terutama untuk kesehatan mata, membuat masuk angin dan lain – lain.

2. Banyak Pekerjaan Yang Tertunda
Bermain jejaring sosial memang sekarang menjadi kebutuhan supaya tak ketinggalan zaman dan selalu terhubung dengan teman – teman sehingga banyak waktu yang terbuang yang dimana kadang mau makan saja kita juga sempat – sempatnya membuka handphone untuk melihat – lihat siapa yang lagi update status, kadang kita mau bersih – bersih rumah ada teman yang PM/Chatting dengan kita pastinya kita akan saling balas yang intinya tak ada hal yang penting mungkin hal ini sepele namun sadarkan anda ? bahwa seharusnya pekerjaan membersihkan rumah sudah selesai dari tadi namun anda sibuk dengan dunia jejaring sosial sehingga lupa akan waktu yang dimana berimbas pada pekerjaan rumah yang menumpuk.

3. Boros
Tak kita sadari bahwasanya kita secara materi selama mengunakan jejaring sosial ini kita mendapat apa ? terutama hal materi namun biaya untuk bermain jejaring sosial sudah berapa uang yang keluar dari saku yang tanpa kita pikir panjang, sudah jelas hal ini merupakan pemborosan uang, lebih baik kurangi bermain jejaring sosial atau hanya membuka jejaring sosial bila ada wifi free, lebih baik tabungan uang agar bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan kita.

4. Mengundang Kejahatan
Banyak sekali kasus yang berawal dari jejaring sosial yang berakhir mengenaskan seperti penculikan, pemerkosaan, merusak citra nama baik dan lain – lain maka dari itu sebaik didalam mengunakan jejaring sosial ini gunakanlah semestinya agar tak membawa mala petaka di dunia nyata.

5. Memberi Dampak Negatif Untuk Anak – Anak
Bagi anak – anak yang masih dibawah umur tentunya belum tahu akan peraturan hukum dunia jejaring sosial juga banyak sekali yang mengunakan jejaring sosial ini sebagai sarana perbuatan negatif seperti mencari teman atau grup yang penuh dengan konten pornografi, mengunakan jejaring sosial sebagai tempat menghina teman, guru, saudara dan lain – lain tentunya ini tak baik untuk perkembangan anak tersebut untuk di dunia nyata.
 
6. Menjadi Beban Pikiran Dan Membuat Stres
Sering kali kita sudah mempunyai pekerjaan menumpuk dan kita masih aktif di jejaring sosial walaupun hanya melihat – lihat tanpa berkomentar yang dimana bertujuan hanya ingin tahu saja namun kenyataannya kita melihat teman yang update status yang membuat geram kita maka kita juga akan ikut meluruskan atas apa yang terjadi yang dimana ini akan membuat beban dipikirkan juga stress di tambah pekerjaan yang menumpuk dan kenyataannya di dunia nyata itu entah benar atau tidak tentang update status teman kita.

7. Anti Sosial
Banyak waktu yang terbuang didalam asik mengunakan jejaring sosial entah itu hanya hiburan atau pekerjaan yang dimana tanpa kita sadari bahwasanya bayak waktu yang terbuang terutama untuk kehidupan nyata karena kehidupan nyata merupakan kehidupan yang sebenarnya tanpa kita sadari begitu banyak waktu yang terbuang dan menjadikan kita kurang respek dengan kehidupan di sekitar seakan – akan kita hidup sendiri tanpa ada orang disekitar dan ini bisa berimbas pada rasa melemahnya mentah rasa sosial pada kehidupan sekitar.
  
8. Cenderung Tertutup
Kebanyakan seseorang yang hidupnya banyak terbuang di dunia jejaring sosial kehidupannya kurang akrab pada kehidupan lingkungan di sekitar dan menjadikan kepribadian tertutup dan dia lebih asik dan nyaman pada kehidupan jejaring sosial karena mereka bisa lebih dianggap dibanding di kehidupan nyata.
  
9. Waktu Terbuang Sia – Sia
Tanpa kita sadari kehidupan kita setiap hari tak bisa lepas dari kehidupan jejaring sosial entah itu untuk update status atau hanya melihat – lihat dan ini membuat ketagihan coba pikir berapa detik, berapa menit, berapa jam ? sehari kita gunakan hanya untuk bermain jejaring sosial dan coba pikir banyak manfaat atau hanya perbuatan yang sia – sia juga membuang waktu dan ini semua yang bisa menjawab hanya pribadi masing – masing pengguna jejaring sosial.
   
10. Malas
Sudah jelas setelah sekian jam kita utak atik jejaring sosial yang dimana membuat mata dan pikiran kita merasa capek dan tegang sehingga kita membutuhkan waktu istirahat untuk memulihkan stamina sehingga kita dalam sehari banyak tidurnya dan bermain jejaring sosial yang berimbas pada kehidupan sehari – sehari tak bermutu dan menjadikan kita malas tentunya dalam melakukan aktivitas lain.

Dampak Positif

1.Memudahkan Dan Mempercepat Mendapat Informasi
Di zaman modern saat ini peranan jejaring sosial sangat membatu untuk mempermudah dan mempercepat mendapat informasi segala hal mulai dari politik, pekerjaan, budaya, berita dan lain – lain yang lagi hot atau yang masih baru sehingga hanya login di jejaring sosial ini semua bisa kita dapat tanpa harus berpergian kemana – mana.
 
2. Berkomunikasi Lebih Mudah
Di zaman dahulu memang sangat keterbatasan komunikasi dan mahal sehingga mempersulit terjalin sebuah komunikasi terutama tempat yang jauh namun degan adanya media jejaring sosial ini mempermudahkan kita semua untuk berkomunikasi tanpa harus menunggu waktu dan bisa bertatap muka langsung walaupun tak bisa di sentuh seperti video call dan ini hampir semua jejaring sosial ini memiliki fasilitas video call ini.
 
3. Memudahkan Untuk Berbisnis Atau Usaha
Media jejaring sosial sangat mudah untuk mendongkrak usaha atau bisnis yang kita tekuni atau kita rintis sehingga berbisnis ini lebih sangat mudah di lakukan tinggal kita bisa memanfaatkan media jejaring sosial apa tidak ? Banyak sekali orang memanfaatkan jejaring sosial ini untuk promosi, penjualan tentunya bisa dilakukan dengan duduk dirumah juga bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas lainya ( usaha sampingan ).

4. Memperbanyak Teman
Degan aktif di media jejaring sosial maka tentunya akan banyak teman dan temannya tidak hanya teman di sekitar lingkungan juga bisa mempunyai teman di seluruh penjuru dunia tinggal kita bisa apa tidak untuk berkomunikasi dengan mereka karena bila mempunyai banyak teman maka akan mempermudah hidupmu juga menguntungkan dirimu dalam segala hal.

5. Sumber Penghasilan
Sudah banyak usaha – usaha yang dilakukan hanya dengan media jejaring sosial ini yang maju pesat dan untuk masalah keuangan tak kalah dengan yang usaha yang offline tentunya lebih mudah untuk mengerjakannya tidak hanya itu banyak sekali usaha – usaha kecil dan besar ini menggantungkan usahanya hanya dengan media jejaring sosial saja.

6. Gudang Ilmu
Di media jejaring sosial tidak hanya untuk mempermudah berkomunikasi dan usaha tapi juga bisa menambah ilmu kita karena di media jejaring sosial kebanyakan ada komunitas atau grup yang membahas tentang kesehatan, politik, hukum, dan lain – lain ini semua bisa digunakan untuk sumber dan menambah informasi atau sebagai gudang informasi.
 
7. Mempermudah Mendapatkan Jodoh
Bagi yang jomblo tentunya harus aktif di media jejaring sosial karena disitu banyak sekali orang dengan berbagai tujuan dan juga bisa saling mengenal lebih dekat misalkan ada yang cocok maka coba PDKT misalkan ada kecocokan bisa kita ajak untuk menyongsong masa depan dan bila tidak ada kecocokan bisa mencari lagi karena di media jejaring sosial kita bisa mencari kenalan - kenalan baru dan tanpa batas bisa memilih daerah atau negara manapun yang kita sukai juga sudah banyak cerita mendapat jodoh di dalam media jejaring sosial.
   
8. Mempermudah Mendapat Pekerjaan
Bagi yang cerdas di dalam mengunakan media sosial ini tidak hanya mendapat hiburan atau jodoh juga bisa mempermudah mendapat pekerjaan dengan hanya Chatting karena banyak sekali di situ grup atau komunitas yang membuka biro penyaluran tenaga pekerjaan tinggal kita mempunyai bakat atau talenta apa ? dan untuk masalah lamaran atau interview bisa dilakukan di media jejaring sosial dan untuk gaji kita bisa menawar – nawar ini semua bisa dilakukan hanya di jejaring sosial tanpa harus report – repot pergi ke kantor satu ke kantor lainya cukup di media jejaring sosial saja.

9. Sarana Hiburan
Hiburan tak hanya bisa kita dapatkan di dunia nyata tapi didunia maya khususnya jejaring sosial ini kita bisa dapat hiburan dengan cara update status yang lucu dan tempat komentar di update status tersebut tentunya akan saling lempar balas komentar di antara teman jejaring sosial sehingga hal ini bisa digunakan untuk sarana hiburan tak hanya itu kadang ada jejaring sosial tertentu terdapat game yang bisa digunakan seluruh memberinya seperti game berkelompok, ini semua tentunya hiburan yang murah meriah.

10. Mengisi Waktu Luang
Banyak waktu luang tersisa setelah kita selesai kerja kadang kita tak punya acara untuk mengisi waktu luang tentunya hal ini akan membuat kita bete namun untuk mengisi waktu luang bisa menggunakan media jejaring sosial sehingga kita tak merasakan bete juga hal ini bisa kita hentikan atau kita control waktunya sesuai keinginan kita juga sangat murah meriah terlebih ada wifi free hehehe.
ARTIKEL TERKAIT