12 Hal Yang Harus Di Lakukan Agar Tetap Sehat Saat Bekerja Di Depan Komputer

www.seratu.com
ilustrasi
Pekerjaan kantoran rekat sekali dengan menghadap layar komputer atau laptop dan ini tentunya memiliki efek negatif bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan, psikis, mata, tari tangan dan anggota tubuh lainnya. Bagi pekerjaan yang menghadap layar monitor atau laptop Ini yang sudah beberapa tahun pastinya memiliki cerita terutama efeknya bagi kesehatan bila terlalu lama di depan komputer dan untuk solusinya bisa simak ulasan berikut ini:
 
1.Pintar Membagi Waktu Antara Pekerjaan, Keluarga  Dan Teman
Membagi waktu sangat penting terutama untuk keluarga, saudara dan teman yang bertujuan agar tegang dan stres ini dapat mencair dan hilang walaupun hanya Ngobrol atau canda tawa sehingga di saat bekerja di depan komputer menjadi fresh lagi.

2. Mengistirahat Mata
Ingat bekerja di depan monitor ini banyak menyerang mata dan mata ini butuh untuk di istirahatkan atau buat tidur karena bila kita paksa bekerja berjam – jam tanpa istirahat ini mata akan menjadi lelah dan jangka panjang bisa membuat mata rabun dan permasalahan mata lainnya.

3. Konsumsi Makanan Yang Sehat Dan Konsumsi Vitamin
Bekerja di depan komputer memang kesehatan utama yang perlu dijaga adalah mata maka dari itu jaga dan penuhi kebutuhan vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan mata dengan cara mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti sayur wortel, pepaya dan lain – lain juga konsumsi pil vitamin A.

4. Tempat Yang Terang
Bekerja didepan komputer sebaiknya pencahayaan ruangan ini harus seimbang dengan cahaya layar monitor sehingga cahaya yang dipantulkan monitor ke mata dapat berkurang sehingga mata terjaga akan kesehatannya juga cahaya yang dikeluarkan oleh monitor dapat terbiasa dengan cahaya di ruangan sehingga mata bisa betah menatap layar monitor.
  
5. Redupkan Pencahayaan Di Lacar Monitor
Bila kontras pada pengaturan di layar monitor atau pun laptop tidak kita redupkan maka sangat membahayakan kesehatan mata terutama jangka panjang dan tujuan diredupkan untuk pencahayaan di laptop ini agar mata betah dan tidak membuat mata berkaca – kaca, pedih dan cepat lelah.

6. Atur Jarak Pandang
Mengatur jarak pandang mata dengan monitor ini sangat penting dan jarak pandang mata dengan monitor yang bagus yaitu 50 sampai 100 cm ini bertujuan agar mata tak terkena penyakit rabun.

7. Imbangi Olah Raga Yang Cukup
Olahraga sangat disarankan bagi yang bekerja di depan Komputer karena dengan olahraga badan akan semakin sehat dan menjadikan fresh di pikiran sehingga saat kerja di menatap layar computer kembali badan dalam keadaan fit terutama mata menjadi betah disaat di depan layar computer .
  
8. Periksa Kesehatan Mata Secara Berkala Dan rutin
Bila kamu memang sudah menekuni pekerjaan di depan layar monitor maka alangkah baiknya sering control kesehatan mata dengan cara berkala dan rutin ke dokter spesialis mata yang bertujuan agar tak telat didalam mengobati gangguan mata alangkah baiknya mencegah dari pada mengobati.

9. Gunakan Filter Monitor
Mengunakan filter monitor salah satu langkah yang bertujuan untuk minimalis kontras cahaya yang dikeluarkan cahaya dari monitor sehingga di tangkap mata bisa ringan yang di rasa sehingga mata tak merasakan panas atau pedas.  .

10. Sering Berkedip
Berkedip salah satu cara membasahi mata agar tak cepat kering dalam hal ini sangat membatu mata didalam melihat layar computer di karenakan bila mata sering berkedip maka mata akan tetap basah sehingga mata tak akan merasakan kering dan panas.

11. Atur Posisi Yang Tepat
Posisi duduk dalam menghadap komputer juga perlu diperhatikan karena bila tidak bisa berimbas pada kesehatan badan terutama bisa membuat nyeri dan kaku di bahu leher dan pinggang sedang cara yang tepat untuk mencegah hal tersebut tak terjadi dengan posisikan tubuh duduk tegak dan tak membungkuk.

12. Gunakan Alat Pendukung
Alat pendukung computer atau laptop ini sangat perlu didalam melakukan pekerjaan seperti mouse, filter monitor, coolpad dan lain sebagainya semisal sebagai contoh mouse ini sangat penting bila anda mengunakan touchpad pada laptop maka jangka panjang jari - jemari bisa terserang , nyeri dan menyerang saraf pada jari dan ini sudah banyak bukti dan cerita
ARTIKEL TERKAIT