15 Efek Bahaya Terlalu Lama Duduk Saat Kerja

image : upload.wikimedia.org
Mungkin bagi sebagian orang terutama seorang pekerja di lapangan iri dengan orang bekerja di kantoran di karenakan dilihat secara kasat mata cenderung lebih ringan pekerjaan di kantoran namun perlu diketahui bahwasanya kerja kantoran ini lebih berat secara psikologis dan jangka panjang juga merugikan kesehatan.

Tuntutan pekerjaan menjadikan kita harus duduk berjam – jam dan tanpa kita sadari memiliki resiko kesehatan dan psikologis yang lebih tinggi dibanding bekerja di lapaggan atau work outdoors terutama untuk jangka panjang diantaranya sebagai berikut ini :

1.Obesitas
Obesitas sering melanda pada orang yang kurang olah raga dan ini lekat sekali dengan orang yang Bekerja duduk di kursi kerja dikarenakan lemak yang ada di tubuh tidak bisa dikelurakn semua sedangkan lemak ini banyak dikeluarkan dalam bentuk keringat.

2. Daya Berpikir  Otak Menurun
Daya pikir otak bisa menurun terjadi pada seseorang yang kurang bergerak dengan di barengi di tuntut berfikir keras dan ini di dapati pada seseorang yang kerja kantoran dan ternyata tak baik untuk kesehatan otak karena otak ini bisa bekerja secara maksimal dengan pasokan darah dan oksigen yang segar yang terdapat pada seseorang yang aktif menggerakan otot dan fisik.

3. Kaki Kurang Sehat
Terlalu banyak duduk di kursi kerja dan menjadi rutinitas bisa mempengaruhi sirkulasi darah dan menumpuknya cairan di kaki sehingga kaki akan megalami pembekakan khusunya di bagian sendi dalam jangka panjang yang tentunya membahayakan.

4. Kolesterol Meningkat
Sudah menjadi resiko bahwasanya orang yang kerjanya hanya duduk berjamjam rentan sekali mengalami peningkatan kolesterol karena kolesterol ini bisa di angkan normal bila makan dan aktivitas fisik yang seimbang.

5. Resiko Terkena Penyakit Jantung
Orang yang kebanyakan duduk  rentang terkena penyakit jantung dikarenakan aliran darah melambat yang berakibat pada asam lemak yang mudah menyumbat ke jantung dan ini memicu serangan jantung.

6. Tak Baik Untuk Sistem Pencernaan
Bagi yang kerjanya hanya duduk di kursi kerja perlu di ketahui bahwasanya setelah makan jangan langsung duduk tapi buatlah jalan atau jangan duduk langsung karena. setelah makan dan anda langsung duduk kerja lagi dapat menyebabkan isi perut tertekan dan menghambat proses makanan yang akan di proses melalui usus dan dalam jangka panjang bisa berakibat buruk di sistem pencernaan.

7. Resiko Terkena Penyakit Kanker Lebih Tinggi
Kurangnya kuat anti body tubuh salah satu penyebab penyakit kanker mudah berkembang biak sedangkan anti body yang kuat rata - rata terdapat pada orang yang beraktivitas seperti sering olah raga, pekerjaan yang sedikit banyak mengerakan tubuh, maka dari itu pekerjaan yang hanya duduk ini cenderung terkena penyakit kanker.
  
8. Penurunan Otot Di Perut Dan Pinggang
Banyak duduk akibat tuntutan pekerjaan dalam jangka panjang tak baik untuk perut dan pinggang yang dimana otot di sekitar perut dan pinggang mengalami penurunan kekuatan otot sehingga sering merasakan nyeri bagian pinggang atau perut.

9. Postur Tubuh Memburuk
Postur tubuh yang baik ini tak membukuk bila sedang berdiri juga tampilan perut yang rata namun yang kenyataannya bagi seseorang yang bekerja dengan terlalu banyak duduk memberi efek jelek pada postur tubuh di karenakan badan sering membukuk entah itu mengetik di komputer atau melakukan menulis dalam jangka panjang tubuh akan menbukuk atau sangkok (bahasa jawa) juga perut selalu kelihatan buncit karena perut mengalami penimbunan lemak yang tak habis dibuang.
 
10. Memicu Depresi
Bekerja beberapa tahun dan waktunya hanya habis di kursi kerja secara otomatis akan bosan dan menimbulkan depresi lain lagi bila kerjanya di lapangan yang pastinya tidak membosankan karena sering gonta – ganti tempat juga gonta – ganti suasana.

11. Penyebab Mati Rasa
Jam kerja standar 8 jam dan ini bila kita habiskan hanya duduk di kursi kerja jangka panjang pastinya akan mempunyai efek pada kesehatan tubuh mungkin awalnya gangguan di otot dan untuk jangka panjang bisa menyebabkan mati rasa di anggota tubuh.

12. Kehidupan Anti Sosial
Waktu Habis  hanya duduk di tempat kerja juga menjadi rutinitas keseharian kita sehingga menjadikan malas untuk beraktivitas berat juga mempengaruhi akan kehidupan sosial kita seperti malas untuk berkomunikasi dengan tetangga atau warga sekitar.
     
13. Memicu Ambeien
Ambeien sering menyerang pada orang beraktivitas duduk dan kurang konsumsi air maka dari itu bagi yang hanya kerjanya kebanyakan duduk maka makanan yang banyak serat dan minum yang banyak agar terhindar dari ambeien.

14. Menyebabkan Nyeri Di Pinggang
Sudah banyak yang terjadi kebanyakan terlalu lama duduk di kursi apa lagi menjadi rutinitas keseharian akan memberi efek nyeri pada pinggan disebabkan tubuh kurang gerak dan pinggan ini juga menompa badan sehingga sering kali pinggan merasakan nyeri.

15. Menyebabkan Kram Di Paha
Bila anggota badan ini kita paksa hanya bergerak itu – itu saja seperti duduk di kursi kerja berjam-jam dan menjadikan rutinitas keseharian ini bisa menjadikan kram di paha karena otot ini tak bisa bergerak leluasa karena hanya duduk saja.
ARTIKEL TERKAIT