20 Tips Agar Mudah Tidur

image : juicing-for-health.com
Bagi sebagian orang tidur kadang menjadi permasalahan tersendiri karena bila badan mendapat tidur yang cukup maka badan akan tetap dalam kondisi yang sehat dan kekurangan waktu istirahat dalam jangka panjang akan memicu berbagai penyakit yang menghampiri tubuh. Tubuh ini alangkah baiknya mendapat istirahat 8 jam dalam 24 jam bila hal ini bisa kita terapkan maka sangat baik untuk kesehatan tubuh untuk jangka panjang.
 
Tidak sedikit orang ini mengalami kesulitan dalam tidur dan ini pastinya memiliki penyebab yang berbeda – beda  dan untuk memudahkan tertidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas bisa simak 20 tips dibawah ini :

1.Jauhi Hp
Sering kali tidur kita terganggu yang disebabkan oleh Hp karena sudah menjadi kebisaan saat kita mau tidur pasti kita bermain hp entah hanya bermain game, Chatting, browsing dan lain – lain dan ini membuat kita tak mengantuk – ngantuk dan bila anda ingin bisa cepat tertidur maka jauhkan HP dari anda saat Di tempat tidur.
 
2. Perut Dalam Keadaan Terisi
Perut yang lapar menjadikan sulit tidur yang dikarenakan perut terasa perih dalam hal ini untuk menyikapinya maka sebelum tidur maka makan dahulu tapi jangan terlalu kenyang dan itu pun jarak tidur dengan makan itu selisih sekitar 2 jam.

3. Rutin Tidur Saat Malam Saja
Kebiasaan tidur siang ber jam – jam ini akan memiliki dampak pada saat kita tidur malam yang dimana saat tidur malam tiba kita tak merasakan ngantuk dan pastinya tidur malam akan semakin larut malam.
  
4. Kurangi Minuman Yang Berkafein
Minuman kafein yang terdapat pada tea dan kopi dapat membuat kita terjaga sehingga ngantuk ini tak dirasakan walaupun sudah larut malam dan bila anda ingin cepat tidur maka hindari atau kurangi konsumsi minuman kopi dan tea terutama di jam malam sekitar jam 18:00 keatas agar disaat jam tidur malam tiba mudah untuk tidur.

5. Olah Raga Yang Cukup
Berolahraga memang menyehatkan tubuh dan ini bisa kita lakukan untuk memudahkan kita tidur tapi olah raga yang ringan seperti lari di tempat atau sejenis senam dan ini membuat kita merasakan rileks dan otot menjadi melemas sehingga memudahkan kita untuk tidur.

6. Posisi Saat Tidur, Pilih Yang Nyaman
Posisi tidur juga membuat memudahkan tidur yang dimana posisi tidur setiap orang berbeda – beda dan posisi tidur yang sehat adalah badan mirip kanan atau kiri juga tidur telentang menghadap keatas dan posisi tidur ini membuat orang sangat nyaman dan bisa bertahan lama dalam posisi ini.

7. Bersihkan Tempat Tidur
Kebersihan tempat tidur bisa membuat kita tidur nyaman dan bisa bertahan lama sehingga tidur kita menjadi berkualitas dan cara membersihkan tempat tidur ini bisa dengan cara membersihkan alas tidur, menyiapkan selimut, dan melipat selimut saat bangun pagi.
  
8. Sebelum Tidur Lakukan Yoga
Yoga bermanfaat untuk pernafasan dan membuat perasaan nyaman, mengurangi stress sehingga memudahkan kita untuk tidur dan juga mendapatkan tidur yang berkualitas.

9. Sebelum Tidur Baca Buku
Sudah berada di tempat tidur dan waktu tidurpun sudah tiba namun kita tak merasakan ngantuk dalam hal ini bisa di siasati dengan membaca buku dan ini bertujuan untuk merilekskan otot di sekitar mata sehingga mata akan cepat capek sehingga memudahkan kita untuk mengawali tidur.

10. Hangatkan Tubuh
Tubuh kedinginan atau merasakan dingin akibat cuaca atau suhu ruangan membuat kita kesulitan tidur dan ini bisa kita atasi dengan memakai selimut sehingga badan merasakan hangat dan kenyamanan yang dirasa sehingga kita akan cepat tertidur.

11. Atur Sirkulasi Udara Di Kamar
Udara yang fresh dan menyejukkan akan membuat kita mudah tertidur dan kamar tidur alangkah baiknya mempunyai sirkulasi udara yang cukup sehingga memudahkan udara berganti bila hal ini terjadi maka akan membuat kita merasa nyaman dan memudahkan untuk mengawali tidur juga mendapat kualitas tidur yang baik.

12. Saat Tidur Matikan Lampu
Dalam keadaan yang gelap memang membuat kita mudah tertidur dibanding dengan keadaan terang karena gelap akan merangsang mata merasa nyaman saat akan tidur namun bila takut dengan ruangan gelap maka nyalakan lampu yang redup.

13. Jadikan Suasana Kamar Yang Tenang
Kamar yang sunyi dan tenang akan memudahkan kita untuk tidur karena suara yang bising atau berisik akan merangsang indra pendengar dan akan diteruskan ke otak sehingga otak akan bekerja dan suara yang bising membuat kurang nyaman sehingga  saat mengawali tidur sangat sulit.

14. Beri Kamar Aroma Terapi
Kamar tidur yang bersih ini tak cukup untuk memudahkan kita untuk tidur karena kamar yang bau dapat membuat kita tak nyaman dan menjadikan kita sulit untuk mengawali tidur maka dari itu beri kamar tidur pewangi terutama aroma alam dan kesejukan sehingga akan tercipta suasana yang nyaman dan membuat kita mudah untuk mengawali tidur.

15. Banggun Kebiasaan Tidur Dan Bangun Tidur Setiap Hari
Bila ingin mendapatkan tidur yang berkualitas maka harus dibangun kebiasaan tidur dan bangun dengan tepat apa bila hal ini sudah tertanam di alam bawah sadar kita maka tak lagi membutuhkan alarm waktu sehingga bila jam sudah menujukan jam tidur maka kita akan merasa ngantuk dan bangun tidur pun juga begitu bila jam sudah menunjukan bangun tidur maka kita akan bangun sendiri dan ini akan menjadi kebiasaan yang sehat juga mendapatkan kualitas tidur yang sehat.
 
16. Bersihkan Badan
Badan yang kotor bisa akibat keringat, aroma badan yang menyengat atau pun debu yang menempel dapat memicu badan tak nyaman sehingga dapat mengganggu dalam mengawali tidur dan dalam hal ini bisa di atasi dengan mandi dan untuk air bisa menyesuaikan dengan cuaca bila musim hujan maka mandi dengan air hangat dan di musim kemarau bisa dengan air dingin, maka dari itu sebelum tidur usahakan diri dalam keadaan bersih dan nyaman.

17. Konsentrasi Hanya Untuk Tidur
Bila kita banyak yang di pikirkan saat tidur maka akan kesulitan untuk tidur maka dari itu konsentrasilah untuk tidur saja dan untuk pikiran pekerjaan sebaiknya buang dulu bila hal ini tak bisa kita atasi dan terapkan maka kita tidak akan medapat kesulitan untuk tidur.
 
18.Lakukan Pemijatan Tubuh
Bila badan kecapaian yang over maka akan kesulitan tidur karena otot kaku semua dan untuk melemaskan otot bisa di pijat sehingga otot akan melemas dan memudahkan kita untuk tidur.

19. Bangun Imajinasi Yang Menyenakan Saat Mau Tidur
Membangun imajinasi merupakan langkah yang baik saat mau tidur dengan hal yang menyenangkan seperti berlibur ke laut, bertemu teman,  atau tidur dengan istri bila istri berjauhan maka dengan membangun imajinasi yang menyenangkan maka perasaan menjadi nyaman sehingga mudah untuk tertidur.
  
20. Segerakan Ketempat Tidur Saat Jam Tidur Tiba
Bila jam tidur sudah tiba maka lekas ke tempat tidur maka dengan hal ini pikiran kita akan terangsang bahwasanya sudah waktunya untuk tidur sehingga memudahkan kita untuk tidur, bila hal ini bisa di terapkan di kehidupan keseharian maka sangat mudah untuk memulai tidur juga akan mendapat kualitas tidur baik.
ARTIKEL TERKAIT