21 Jenis Makanan Dan Minuman Yang Membuat Tidurmu nyenyak

image : fitnesscafe.co
Sebagian besar tidur menjadi problem tersendiri bagi beberapa orang karena ada orang yang mengalami susah tidur dan ada yang mudah tidur sehingga tidak sedikit orang mengkonsumsi obat-obatan kimia atau herbal supaya bisa tertidur dengan nyenyak. Perlu diketahui bahwasanya seseorang yang kesulitan tidur pastinya memiliki pola hidup yang tak sehat, namun ada beberapa makanan dan minuman ini yang bisa membuat mudah tertidur dengan nyenyak diantaranya sebagai berikut ini :

1.Pisang
Makanan buah pisang sebelum tidur juga bisa membuat tidurmu menjadi nyenyak karena buah pisang ini mengandung  vitamin B6 yang berguna untuk mencegah terjadinya insomnia, juga kandungan potassium dan magnesium yang ada di buah pisang bisa membuat otot dalam tubuh menjadi rileks sehingga menjadikan tidur anda nyenyak.

2. Buah Cherry
Bagi seseorang yang susah tidur atau sering bangun saat tidur tanpa ada sebab bisa karena dalam tubuh kekurangan zat melatonin, sedangkan buah cherry ini kaya akan kandungan zat melatonin sehingga bila kita sering mengkonsumsi buah cherry saat belum tidur maka bisa membuat tidur menjadi nyenyak.

3. Gandum
Makanan yang berbahan gandum ternyata bisa membuat kita tidur nyenyak karena kandungan yang ada didalamnya seperti fosfor, zat besi, magnesium, seng dan vitamin B yang bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot dalam tubuh sehingga tubuh menjadi rileks dan menjadikan tidur menjadi nyenyak.

4. Ubi
Ubi bisa dikonsumsi dengan berbahan olahan bisa di sangrai dan di rebus, tentunya memiliki rasa yang nikmat juga bisa membuat perut menjadi lega karena bisa mudah untuk kentut. Kandungan karbohidrat, protein, kalium yang ada di dalam ubi sangat baik untuk melemaskan otot dalam tubuh sehingga tidur pun menjadi nyenyak.

5. Beras Merah
Makanan biji-bijian pada umumnya banyak mengandung magnesium, protein, dan ini banyak terdapat pada beras merasa serta kandungan tadi bisa memberi efek rileksasi pada otot sehingga tidur pun menjadi mudah dan nyenyak. Beras merah ini bisa dijadikan olahan jenang, kolak dan lain-lain.

6. Kedelai Jepang
Kedelai jepang banyak mengandung asam folat yang bermanfaat untuk menjaga suasana hati sehingga saat mengawali tidur pikiran dan hati menjadi tenang sehingga proses awal untuk tidur pun mudah sehingga tidur pun menjadi nyenyak.

7.Sereal
Makanan satu ini termasuk rendah gula sehingga aman untuk penderita diabetes juga kandungan karbohidrat yang kompleks yang dapat menghasilkan tritofan dalam tubuh sehingga dapat merangsang otot menjadi rileks dan kendur sehingga sangat memudahkan tidur juga tidur pun menjadi nyenyak.

8. Buah Anggur
Anggur merupakan buah yang memiliki rasa manis dengan sedikit asam namun kandungan melatonin yang terdapat pada buah anggur merupakan hormon untuk tidur sehingga tidur bisa menjadi pulas dan nyenyak.

9. Daging Ayam Kalkun
Daging ayam Kalkun memang lebih sulit dicari dari pada ayam kandang, namun daging ayam kalkun ini juga mengandung tryptophan yang bermanfaat untuk produksi zat melatonin yang tentunya memiliki manfaat yang memudahkan untuk tertidur nyenyak.


10. Oatmael
Kandungan yang ada di oatmael seperti fosfor, silicon dan kalsium ini mampu membatu tubuh untuk tertidur nyenyak dan sebaiknya konsumsi oatmeal hindari yang mengunakan gula tambahan.    

11. Telur Yang Sudah Di rebus
Telur memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh terutama telur ayam kampung, kandungan yang ada di telur rebus seperti protein yang tinggi dapat membatu kesulitan tidur karena seseorang yang kekurangan protein ini mengalami gangguan tidur.

12. Kubis
Kubis merupakan sayuran yang bisa dimasak beragam masakan atau olahan dan kubis ternyata mempunyai kandungan kalsium yang dapat mengubah asam amini menjadi zat melatonin yang berada di otak sehingga bisa tidur dengan nyenyak.

13. Kacang Almond
Kacang almond ternyata mengandung magnesium dan triptofan yang dimana bermanfaat sekali untuk melemaskan otot yang ada di tubuh sehingga tubuh merasa rileksasi sehingga memudahkan untuk tertidur dengan nyenyak dan ingat dalam mengkonsumsi kaca almond sebaiknya 7 butir per-harinya.

14. Kentang
Kentang merupakan sumber potassium yang bisa melancarkan pencernaan menenangkan otot sehingga tidur bisa menjadi nyenyak.  

15. Susu Hangat
Sebelum tidur sebaiknya minum segelas susu hangat dan jangan lupa setelah itu gosok gigi agar gigi tetap terjaga kesehatannya dan kandungan triptofan yang ada di susu hangat  mampu memudahkan kita untuk tertidur pulas.

16. Teh Hijau Non Kafein
Asam amino yang terdapat di teh hijau mampu mengurangi rasa stres juga membuat tertidur nyenyak, alangkah baiknya mengkonsumsi teh hijau ini sebelum tidur.

17. Degan
Air dari degan memang di percaya mampu untuk menetralkan racun dalam tubuh juga bisa untuk dektonasi tubuh, kandungan potassium, magnesium, dan vitamin B ini mampu memudahkan kita untuk tertidur  

16. Jus Pisang
Jus pisang yang dalam pembuatan-ya di campur dengan sedikit mentega, ½ cangkir susu kedelai murni dan minum sebelum tidur berkhasiat untuk memudahkan tertidur pulas, karena kandungan yang ada di minuman ini mampu membatu merileksasi otot sehingga tidur pun menjadi mudah.

18. Minuman Madu
Sebelum tidur meminum 1 sendok madu dan campur dengan sedikit campuran teh mampu mengantarkan tryptophan ke otak dengan mudah sehingga memudahkan tidurmu dengan mudah dan nyenyak.
   
19. Cukupi Kebutuhan Air Putih Dalam Tubuh
Air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh dan air putih dapat membantu metabolisme dalam tubuh semakin baik. Mengkonsumsi air putih yang cukup bisa terhindar dehidrasi dan mencegah terjadi perut kembung sehingga saat tidur bisa nyenyak.

20. Jus Ceri
Ceri bisa kita buat jus tanpa ada campuran apapun, karena jus ceri dapat meningkatkan hormon melatonin dalam tubuh yang bermanfaat untuk membuat kita tertidur dengan nyenyak.

21. Teh Chamomile
Jenis teh satu ini mampu mengantarkan tidurmu dengan nyenyak karena teh chamomile mengandung glisin dan flavonoid yang bisa merileksasi saraf dan otot sehingga tidur pun bisa nyenyak.
ARTIKEL TERKAIT