21 Penyebab Mata Memerah

image : www.buzzle.com
Mata memerah bisa disebabkan berbagai hal bisa karena kondisi kekebalan tubuh kita menurun, infeksi, iritasi, atau terkena suatu benda. Jangan sepele-kan mata yang memerah karena bisa jadi hal tersebut awal penyakit mata yang kronis dan dapat mengancam kebutaan. Bila mata memerah dalam kurun waktu beberapa hari dan tak ada perubahan maka alangkah baiknya periksa-kan ke dokter spesialis mata.

Mata merupakan jendela dunia maka dari itu kita harus kita jaga dengan rutin memeriksakan mata ke dokter juga memberi asupan vitamin terutama vitamin A sehingga mata akan terjaga kesehatannya dan dapat berfungsi secara optimal. Namun bila mata memerah pastinya ada penyebabnya dan berikut ini penyebab mata memerah diantaranya sebagai berikut ini :
   
1.Terlalu Banyak Menatap Layar Komputer
Mata memerah juga bisa di sebabkan oleh seringnya mata kita menatap layar monitor computer atau laptop, ini disebabkan karena mata kita paksa untuk melihat layar komputer atau laptop juga dalam waktu yang lama sehingga mata merasakan panas akibat terkena pantulan cahaya laptop atau komputer sehingga mata memerah.
 
2. Mengunakan Lensa Kontak
Mengunakan lensa Kontak lebih simple di banding mengunakan kaca mata, tapi perlu di ingat bahwasanya penggunaan lensa kontak ini dapat membuat mata memerah di karena-kan lensa kontak bila di dalam perawatan-nya kurang steril sehingga kuman, debu, dan debu bisa menempel di mata sehingga mata dapat memerah.

3. Mata Yang Kering
Mata kering akibat berkendara sepeda motor tanpa memakai pelindung mata ini bisa membuat mata kering dan bisa menyebabkan mata memerah.

4. Sakit Mata
Sakit mata terjadi karena infeksi di garis kelopak mata dan membuat pembuluh darah didalamnya menjadi iritasi dan membengkak sehingga nampak merah bagian mata yang berwarna putih.

5. Penyakit Glaukoma
Mata memerah bisa disebabkan oleh penyakit glaukoma yang dimana penyakit ini menyerang saraf optik yang disebabkan oleh tekanan dalam mata dan bila sudah akut bisa membutakan mata.

6. Peradangan (inflamasi) Pada Mata
Peradangan pada mata bisa disebabkan oleh berbagai hal bisa bakteri, terkena gigitan hewan disekitar mata, dan kondisi mata yang kotor dan ini bisa membuat mata memerah.

7. Herpes Mata
Herpes mata ini disebabkan virus HSV-1 dan ini bisa menular bila penderita di dalam mengucek mata tanpa mencuci tangan yang bersih dan virus ini tidak mudah hilang dalam tubuh juga tergantung kekebalan tubuh kita, bila virus ini menyerang kita juga di tandai mata memerah.

8. infeksi Pada Kornea  Mata
Infeksi pada kornea mata di sebabkan oleh mikro-organisme seperti bakteri, parasit, jamur dan dalam jangka panjang dapat membutakan mata dan gejala awal di tandai dengan mata memerah.

9.Mata Yang Cedera
Mata yang cidera entah terkena benda, jatuh, dan human error ini pastinya membuat mata sakit yang berakibat mata memerah.

10.Kurang Tidur
Sudah menjadi ciri bahwasanya seseorang yang kurang tidur atau begadang memiliki ciri mata memerah yang disebabkan oleh otot mata yang sudah kelelahan dan tetap dipaksakan untuk tetap terbuka karena mata ini juga butuh untuk istirahat.

11. Terlalu Lama Di Kolam Renang
Terlalu lama di kolam renang juga bisa mempengaruhi kesehatan mata yang disebabkan air yang ada di kolam renang tidak steril sehingga mata mengalami infeksi juga mata yang terbuka saat dibawah air dalam waktu lama membuat mata bisa iritasi dan menyebabkan mata memerah.

12. Asap Rokok
Asap rokok juga bisa membuat mata memerah yang dimana asap rokok saat bersentuhan langsung dengan mata dapat mengeringkan mata juga bisa membuat iritasi sehingga bisa membuat mata memerah.
 
13. Ibu Hamil
Ibu hamil ini juga pastinya banyak perubahan dalam tubuhnya bisa membuat kaki bengkak, mudah muntah juga bisa membuat mata memerah ini di sebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh namun setelah melahirkan selang beberapa bulan akan hilang sendiri.

14. Batuk Dan Bersin
Batuk dan bersih yang terlalu keras dan berulang – ulang ini bisa membuat mata memerah ini disebabkan oleh tekanan pada area mata juga sinus mengalami kebuntuan sehingga mata cepat memerah tapi dalam selang tak lama mata akan kembali semula.

15. Obat Tetes Mata
Obat tetes mata pada umumnya mengandung vasokonstriktor yang merupakan bahan kimia yang kerjanya mengecilkan pembuluh darah di permukaan mata namun dalam hal ini dalam jangka panjang dapat membuat mata memerah bila tak diobati dengan obat tetes mata tersebut seperti kecanduan.

16. Tertawa Yang Berlebihan
Tertawa yang berlebih ini juga bisa membuat mata memerah sementara dan kondisi seperti ini sering kita lihat dan ini disebabkan oleh adanya penekanan di area mata akibat menegangnya saraf akibat tertawa yang berlebihan dalam waktu yang cukup lama.

17. Mata Yang Terkena Senyawa Kimia
Senyawa kimia tentunya memiliki banyak kandungan yang tak bersahabat dengan mata bila hal ini sampai mengenai mata bisa membuat mata buta, mata memerah, infeksi, dan lain–lain dan senyawa kimia ini terdapat pada parfum, obat serangga, dan lain – lain.

18. Menggosok Mata
Kebiasaan menggosok mata tentunya buka karena sebab, tapi kebanyakan mata ini merasakan tidak nyaman seperti pedih, nyeri, dan sakit dalam hal ini bisa membuat mata memerah.
  
19. Alergi
Alergi pada makanan atau cuaca yang dingin bisa membuat mata memerah ini dikarenakan seseorang yang alergi pastinya ,mengalami gatal dan ini bisa menyerang bagian mata dan gatal ini bila tak di kucek terasa menyiksa namun setelah mengucek mata pasti akan memiliki efek seperti mata memerah.

20. Muntah
Muntah ini juga bisa menyebabkan mata memerah sementara karena saat muntah ini otot semua juga bekerja keras untuk mengeluarkan isi perut sehingga saat otot mengeras terutama dibagian mata ini bisa menyebabkan mata memerah sementara.

21. Pembuluh Mata Pecah
Pembuluh darah dalam mata bila pecah maka tak merasakan sakit namun akan kelihatan mata memerah di bagian konjungtiva (mata bagian putihnya).
ARTIKEL TERKAIT