8 Ciri Jantung Ada Dalam Kondisi Sehat

image : www.irishtimes.com
Angka kematian akibat penyakit jantung tidaklah sedikit karena penyakit jantung sering kali menyerang secara mendadak dan tidak sedikit seseorang yang meninggal di tempat yang tak sempat dibawa kerumah sakit. Jagalah kesehatan jantung dengan rutin memeriksakan ke dokter dan melakukan pola hidup sehat. Penyakit jantun bisa di detiksi mulai dini, namu jantung yang sehat ini memiliki ciri yang dapat dirasakan dan di  lihat seperti dibawah ini :  

1.Berat Tubuh Tidak Megalami Obesitas
Bagi penderita penyakit jantung tentunya obesitas tidak boleh terjadi karena seseorang yang sudah terkena penyakit jantung obesitas akan menjadi permasalahan tersendiri yang dimana sedikit susah bernafasan, mudah capek karena badan merasa berat sehingga laju detak jantung menjadi terpengaruh sehingga kondisi jantung semakin buruk. Bila inggin jantung anda sehat maka jaga berat badan dengan cara olah raga dan makanan yang seimbang.

2.Tidak Mudah Lelah
Aktivitas yang menguras keringat tentunya menjadikan badan semakin sehat karena tubuh mengalami dektonasi dan pembakaran lemak sehingga badan semakin sehat. Bagi penderita penyakit jantung memiliki ciri bahwasanya fisik mudah lelah, misalkan buat naik turun tangga tubuh merasakan sangat lelah dan seakan-akan sudah melakukan kerja yang ekstra.

3. Pernafasan Yang Normal
Bagi orang normal berjalan mengelilingi lapangan tidak merasakan ada ganguan di pernafasan walaupun keringat bercucuran, namun bagi yang jantung yang tak sehat pastinya nafasnya terengah-engah seperti habis lari mengelilingi lapangan.

4. Denyut Nadi Normal
Denyut nadi yang normal 72 denyut dalam per-menit dan ini bisa kita cek dengan menghimpit nadi di tangan, bila denyut nadi ini normal maka jantung anda juga dalam keadaan sehat.

5. Tensi Darah Normal
Tensi darah yang normal memiliki standar 120/80 mmHg, maka dari itu bila ingin mengetahui jantung anda normal maka cek tensi darah secara berkala dan rutin.

6. Jantung Terbebas Dari Kolesterol HDL dan LDL
Kolesterol dalam tubuh terdapat 2 jenis kolesterol HDL atau kolesterol Baik dan kolesterol LDL atau kolesterol Jahat dan kedua kolesterol ini mempengaruhi akan kesehatan jantung, maka dari itu bila jantung anda ingin sehat maka jumlah kolesterol HDL harus lebih banyak dari kolesterol LDL juga harus berjalan seimbang dalam tubuh sehingga kerja jantung menjadi normal dan untuk menjaga kolesterol HDL lebih banyak dibanding kolesterol LDL maka banyaklah berolahraga, konsumsi makanan yang sehat dan seimbang.   
   
7. Bentuk Kaki Yang Normal
Kondisi kaki yang normal tidak mengalami pembengkakan atau penumpukan cairan di kaki, namun Bagi penderita penyakit jantung yang sudah lumayan parah juga mengalami pembengkakan di kaki dan biasanya penderita penyakit jantung di barengi dengan kolesterol dan diabetes yang meninggi sehingga kaki mengalami pembengkakan.

8. Tingkat Perasaan Yang Normal

Bagi orang yang normal tingkat perasaan pastinya normal seperti rasa was-was, rasa takut, emosional dan lain-lain tak mengalami lonjakan, namun bagi penderita penyakit jantung sering kali mengalami rasa was-was, emosional, merasa takut mengalami lonjakan yang drastis juga sering mepikirkan yang sepele menjadi serius padahal hal tersebut tak penting.   
ARTIKEL TERKAIT