Benar Apa Tidak ? Step Atau Kejang Pada Bayi Bisa Hilang Dengan Minum Kopi ?

www.seratu.com
ilustrasi
Step atau kejang terjadi pada bayi membuat orang tua menjadi panik dan takut juga kasihan karena si bayi terlihat lemas, lunglai, dan tak berdaya. Kejang pada bayi berawal terjadi karena demam dengan suhu panas  meninggi dan kejang bisa di lihat dari tangan dan kaki yang bergetar dengan kondisi lemas.

Suhu 38-40 celsius merupakan suhu yang panas pada bayi dan ini sering menyebabkan kejang dan itupun tergantung dari kekebalan tubuh masing-masing bayi. Di usia masih di bawah umur 2 tahun bayi tersebut belum bisa memberi tahu keadaan fisik yang dirasa cuma hanya ekspresi tubuh yang lemas dan ini yang menjadikan orang tua menjadi panik dan takut.

Terjadinya step atau kejang pada bayi disebabkan oleh demam sedangkan terjadinya demam ini karena sel darah putih dalam tubuh melawan virus atau infeksi sehingga tubuh akan mengalami demam dalam hal ini bisa mengakibatkan halusi-nasi, kejang, dan tak sadarkan diri.

Dalam pengobatan untuk kejang atau step pada bayi seringkali orang tua memberikan minuman kopi hangat juga sering memberikan minuman kopi pada bayi saat kondisi sehat yang bertujuan agar tidak terkena step atau kejang hal ini merupakan sudah menjadi mitos turun-temurun dari nenek moyang kita, perlu diketahui bahwasanya pemberian kopi pada bayi ini tak ada pengaruhnya dan tak ada efeknya terhadap kejang atau step yang akan atau sedang dialami. Pengobatan pada bayi yang sedang step atau kejang yang harus pertama dilakukan adalah menurunkan demam pada bayi dengan mengompres dengan air hangat dan memberikan obat penurun demam pada bayi, bisa beli di apotik atau konsultasi ke dokter atau bidan.  

pemberian kopi pada bayi ternyata memiliki dampak yang buruk karena kafein yang terdapat pada kopi dapat mengganggu kinerja jantung sehingga jantung pada bayi akan berdetak kencang dan mengacaukan sel sarat pada bayi. Demam pada bayi juga menunjukan bahwasanya anti body tubuh ini sedang melawan virus atau infeksi dalam tubuh yang bisa menyebabkan kejang atau step dan kejang atau step ini ada dua jenis, kejang sederhana yang dimana hanya terjadi kejang 1x dalam satu episode demam dan lebih 1x kejang dalam episode demam.

Sampai saat ini belum ada penelitian yang membenarkan bahwasanya memberi minum kopi hangat pada bayi dapat mencegah atau menyembuhkan step atau kejang pada bayi. Maka dari itu sebagai orang tua sebaiknya harus hati-hati di dalam memberi obat terutama obat tanpa resep dokter kepada buah hati (bayi), bila sedang sakit jangan percaya begitu saja terhadap omongan orang, alangkah baiknya bila bayi sedang sakit maka periksa-kan ke bidan atau dokter.
ARTIKEL TERKAIT