Penyebab Sering Kencing Saat Cuaca Dingin

image : drshem.com
Musim penghujan merupakan bagian dari siklus alam yang alami, khususnya Indonesia musim penghujan  terjadi rata-rata pada akhir tahun sampai bulan april. Musim penghujan selain menjadi penyebab banjir juga menyebabkan kita sering buang air kecil dan disaat cuaca yang benar-benar dingin kita bisa bolak-bolak ke kamar mandi hanya untuk buang air kecil.

Menjadi tidak nyaman karena rasa ingin buang air kecil yang tak bisa di tahan, padahal kita tak banyak mengkonsumsi air putih hal ini sering terjadi saat cuaca benar-benar dingin. Penyebab terjadinya kita sering kencing saat cuaca benar-benar dingin merupakan hal alami pada tubuh dan jangan takut karena saat cuaca dingin tubuh akan beradaptasi dengan tujuan agar suhu tubuh tetap stabil.

Disaat sering buang air kecil pada cuaca dingin juga berdampak pada tubuh yang disebut dehidrasi, maka dari itu minumlah air putih yang banyak disaat sering buang air kecil agar tubuh tak kekurangan cairan. Tingkat frekuensi buang air kecil antara pria dan wanita lebih sering pada wanita karena saluran kemih pada wanita lebih pendek dibanding pria sehingga saluran kemih pada wanita cepat penuh dari pada pria.

Cuaca dingin atau cuaca panas tubuh dalam menjaga suhu tubuh mengalami perbedaan dalam beradaptasi kalau musim penghujan kita sering buang air kecil namun di saat musim kemarau atau panas tubuh dalam menjaga suhu tubuh tetap normal dengan cara mengeluarkan keringat melalui pori-pori kulit yang sering disebut keringat.

Kerap kencing di cuaca dingin disebabkan oleh tubuh sedang menormalkan suhu tubuh agar tetap stabil dan ini mempengaruhi produksi urin yang dimana suhu dingin akan memperkecil pori-pori kulit sehingga aliran darah terjadi penyempitan yang berdampak pada kesulitan cairan tubuh untuk keluar melalui kulit dan pengeluaran cairan dalam tubuh di alihkan ke saluran kencing sehingga disaat cuaca dingin bawaannya selalu ingin kencing.
ARTIKEL TERKAIT