13 Efek Bahaya Membentak Pada Anak

www.seratu.com
ilustrasi
Memarahi anak dengan membentak sering terjadi disaat anak masih kecil karena dengan kecerobohan-ya dan tak memikirkan sebab akibat sehingga kerap memancing emosi orang tua untuk  memarahi dengan membentak. kebanyakan dianggap sepele masalah memarahi anak dengan membentak padahal dapat memperburuk pertumbuhan psikis anak tersebut, dan ini dapat menimbulkan dampak yang jelek dalam kepribadian-ya dalam jangka pendek dan panjang diantaranya sebagai berikut :  

1.Memiliki Pribadi Buruk
Anak yang suka dimarahi sewaktu kecil dia akan tumbuh dengan kepribadian yang suka marah karena di saat kecil sering dimarahi sehingga otak akan merekam semua pembicaraan dari orang tua yang suka memarahi-nya dengan membentak dan saat dia tubuh dewasa di akan meniru kepribadian suka memarahi orang.

2. Hilangnya Kepercayaan Diri
Anak kecil memang memiliki sifat sembrono karena kerap membahayakan dirinya sendiri namun orang tua sering kali memarahi dengan membentak-nya terutama dia ingin mencoba hal baru, memang hal baru banyak resiko-resiko yang membahayakan dan ini dalam jangka panjang dapat mempengaruhi mentalnya terutama kepercayaan diri di dalam mencoba hal baru.  

3.Suka Meniru Apa Yang Dia Lihat Dan Dengar
Buah mangga tak akan jauh jatuhnya dari pohon-ya, peribahasa ini memang sangat tepat untuk menggambarkan apa bila seorang anak suka di bentak apa lagi dengan kata-kata kotor maka dia akan meniru-kan apa yang diajarkan kedua orang tuanya, maka dari itu sebaiknya hindari memarahi dengan membentak anak walaupun dia salah, sebaiknya ajak anak untuk berkomunikasi dengan bahasanya.

4. Minder
Sifat minder pada anak bisa terjadi karena sering di marahi dengan di bentak karena dia akan takut dalam melakukan sesuatu yang baru dan dia akan suka menyendiri karena sering merasa dihantui oleh bentak-bentak atau dimarahi dari orang tua dan ini akan memberi pengaruh saat tumbuh dewasa dan menjadi minder.

5. Tumbuh Menjadi Anak Yang Suka Melawan Orang Tua
Karakter pada anak akan terbentuk dari lingkungan dan ini yang paling mempengaruhi adalah kehidupan di dalam rumah bila mana orang tua suka memarahi dengan cara membentak-bentak padahal membuat kesalahan kecil dan ini dihati kecilnya pasti akan memiliki rasa dendam dan jangka panjang dia bila sudah dewasa pastinya rasa dendam akan di luapkan dalam kondisi yang memungkinkan.

6. Menghancurkan Sel Otak
Penelitian yang dilakukan oleh lise gliot bahwasanya membentak anak dapat menghancurkan milyaran sel otak terutama pada usia golden age.

7. Mempersulit Konsentrasi Anak
Di saat belajar anak juga membutuhkan konsentrasi namun konsentrasi bisa saja terganggu akibat bayang-bayang di otak karena sering dimarahi dengan cara di bentak dan ini akan mengganggu anak dalam hal berkonsentrasi.

8. Hilangnya Sifat Menghargai Kepada Siapa Saja
Sering memerahi dengan membentak anak cenderung membuat anak merasa tak dihargai dan disayangi dan ini bisa membentuk anak tersebut tidak memiliki rasa saling menghormati dan menghargai sesamanya.

9. Kreativitas Pada Anak Menurun
Mencoret-coret tembok, bermain di lumpur dan bermain se-usianya ini akan membuat anak timbul ide kreativitas baru namun dalam hal ini orang tua cenderung takut kotor, takut kenapa-napa, juga rasa was-was sehingga membatasi anak untuk bergerak bebas dan ini akan mempengaruhi kreativitas dalam masa masih anak dan saat dewasa.

10. Dapat Membodohkan Anak
Di dalam memarahi anak jangan suka membentak karena dengan membentak ini dapat merusak sel dalam otak  dalam jumlah milyaran sehingga merugikan otak yang berdampak pada penurunan kecerdasan pada anak sehingga anak cenderung bodoh.

11. Mengganggu Kesehatan Anak
Sebagai orang dewasa saat mendengarkan music dengan suara kencang bisa membuat jantung bergerak tak teratur cenderung bergerak kencang dan ini akan membuat jantung cepat lelah dan bisa berakibat buruk untuk kesehatan jantung, dalam hal ini bila kita sering memarahi ini dengan membentak maka jantung pada anak pun berdetak kencang dan juga cepat lelah dan tentunya mengganggu kesehatan jantung anak tersebut.

12. Membuat Anak Trauma
Memarahi anak dengan membentak bila sudah keliwat batas cenderung membuat anak ini depresi dan bisa membuat anak trauma terutama saat anak ini dalam kondisi di tempat ramai atau melihat dan mendengarkan orang berteriak serta ada anak yang sedang di bentak maka anak tersebut akan ketakutan.      

13. Keras Kepala
Sering memarahi dengan membentak akan membuat anak akan kebal dengan bentakan dan sering dihiraukan dan ini bisa membuat anak keras kepala dan sulit untuk diarahkan, sukanya dengan kemaunnya sendiri. 
ARTIKEL TERKAIT