15 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Otak

image : spacecoastdaily.com
Otak merupakan salah satu organ tubuh yang vital dan harus dijaga akan kualitas dan kesehatan-ya sehingga bisa berfungsi sebagai mestinya terlebih bisa maksimal. Otak memang memiliki peran penting didalam kehidupan seperti berfikir, merencanakan, mengingat dan lain sebagainya. Otak akan bekerja secara optimal bila kebutuhan otak ini terpenuhi dan ini terdapat pada makanan yang kita konsumsi tiap hari seperti berikut ini :
 
1.Ikan Laut
Ikan laut secara umum memang sumber untuk meningkatkan kecerdasan otak karena banyak mengandung omega 3, EPA, dan DHA yang tentunya sangat penting untuk perkembangan otak, maka dari itu sebaiknya cantumkan menu ikan di setiap menu makanan.

2.Bayam, Kale, Kancang Panjang, dan Kedelai
Jadikan makanan sayuran ini kerap kita konsumsi setiap hari karena banyak mengandung zat besi karena seseorang yang kurang zat besi dapat menurunkan kinerja otak seperti berfikir, mengingat juga melihat.

3.Brokoli
Brokoli memang kaya akan vitamin K, Kolin dan antioksidan yang tinggi yang dimana vitamin K dapat meningkatkan fungsi otak seperti mengingat dan antioksidan yang terdapat pada brokoli mampu melindungi sel otak dari kerusakan juga kandungan kolin mampu untuk menjaga otak tetap berfungsi normal walaupun usia sudah tua.

4.Coklat Hitam
Coklat hitam banyak mengandung antioksidan yang baik untuk otak terutama untuk melindungi kerusakan akibat neurotoksin dan kandungan polifenol dan flavonoid mampu untuk meningkatkan ingatan dalam segala hal dan bila sering mengkonsumsi coklat hitam dalam keseharian mampu untuk meningkatkan dalam hal mengingat, dan fungsi kognitif.

5.Madu Murni
Madu murni memang sulit untuk di dapat dan tentunya memiliki harga yang cukup lumayan dan madu ini banyak mengandung bio-hormon dan enzim yang dapat membatu otak dalam hal konsentrasi dalam berfikir secara cepat.

6.Konsumsi Gandum Murni
Mengkonsumsi gandum murni tiap hari ternyata sangat baik untuk kecerdasan otak karena glukosa yang di peroleh dari karbohidrat dapat memberi energi ke otak melalui aliran darah  yang dimana juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif yang tinggi.

7.Blueberry
Buah yang satu ini memang sangat baik untuk keberlangsungan otak karena kandungan flavonoid yang terdapat pada buah tersebut, tidak hanya itu biji blueberry juga mengandung omega 3 yang baik untuk perkembangan otak.  Degan demikian bila kerap mengkonsumsi blueberry mampu meningkatkan daya ingat dan melindungi jaringan otak dari kerusakan.

8.Teh Hijau
Menurut penelitian jurnal “Psychopharmacology” Mengkonsumsi teh hijau tanpa gula dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan kognitif juga berfikir dalam waktu pendek.

9.Tomat
Likopen yang terdapat pada buah tomat yang berwarna merah merupakan zat antioksidan yang mampu untuk melindungi otak dari kerusakan akibat demensia juga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat jangka panjang.

10.Kuning Telur Rebus
Kuning telur memang juga mengandung kolesterol namun kandungan kolin yang terdapat pada kuning telur dapat meningkatkan daya ingat dalam otak alangkah baiknya konsumsi kuning telur pada ayam jawa dalam bentuk rebusan.

11.Susu Dan Yoghurt
Susu dan yoghurt ini memang membuat perut mudah kenyang karena kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi, namun perlu diketahui susu dan yoghurt sumber energi untuk otak juga kaya nutrisi yang dapat memperbaiki jaringan otak menjadi lebih baik.

12.Buah Alpukat
Kandungan kalium, zat besi, Vitamin B6 yang terdapat pada buah alpukat baik sekali untuk saraf otak juga mencegah kerusakan pada saraf otak maka dari itu rutin-lah konsumsi buah alpukat tiap hari.

13.Daun Kemangi
Daun kemangi sudah terkenal dengan kemampuannya untuk menetralkan bau mulut juga kandungan minyak esensial yang terdapat pada daun kemangi dapat meningkatkan mood, menghilangkan kecemasan dan mampu meningkatkan konsentrasi sehingga otak bisa bekerja secara maksimal.

14.Bit
Bit tergolong sayuran ubi dan kandungan nitrit yang terdapat pada sayuran bit yang natinya akan diubah menjadi nitrat ini bermanfaat sekali untuk menaikan suplai oksigen dan darah yang menuju ke otak sehingga berimbas pada otak bisa bekerja secara maksimal dalam segala hal.

15.Konsumsi Air Putih
Mengkonsumsi air putih yang cukup juga bermanfaat sekali di dalam membantu performa otak secara maksimal karena bila dalam tubuh tercukupi akan cairan maka akan terhindar dari dehidrasi yang berimbas pada sulit berfikir dan mudah pusing sehingga otak sulit akan bekerja secara maksimal maka dari itu cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh sehingga otak bisa bekerja secara maksimal.
ARTIKEL TERKAIT