20 Tips Penyebab dan Mengatasi Bibir Hitam Secara Alami

www.seratu.com
ilustrasi

Bibir hitam cenderung mengganggu penampilan yang membuat kurang percaya diri bahkan kadang menjadi bahan ejekan. Bibir hitam juga bisa sebagai pertanda bahwa kesehatan sedang menurun juga dikaitkan adanya dengan penyakit organ dalam. Didalam mengatasi bibir hitam tak sedikit orang yang menempuh cara yang instan tentunya dengan pemakaian obat kimia yang tentunya tak baik untuk kesehatan terutama untuk jangka panjang juga harganya tentunya relatif mahal. Sebelum melakukan pengobatan untuk bibir hitam maka kenali penyebabnya dan lakukan pengobatan secara alami diantaranya sebagai berikut ini :
 
Penyebab Bibir Hitam

1.Merokok
Perokok aktif pastinya memiliki ciri bibir yang hitam dan penyebabnya adalah terlalu rutin dan sering  asap rokok  keluar masuk yang melalui bibir dan menyentuh bibir dan ini penyebab bibir menjadi hitam

2. Usia
Usia yang semakin tua juga bisa mempengaruhi bibir menjadi kelihatan hitam karena semakin tua maka banyak sekali sel yang tak bisa melakukan regenerasi sel sehingga berdampak pada bibir menjadi hitam.

3. Aktif Dalam Mengkonsumsi Alkohol
Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya minuman alkohol memang dapat merusak organ dalam terutama ginjal dan kerusakan organ dalam ini dapat mempengaruhi bibir menjadi hitam dan kusam.

4.  Kurangnya Asupan Buah
Asupan buah terutama buah yang mengandung vitamin C yang tinggi dapat menjaga kesehatan bibir dari bibir pecah-pecah dan berwarna hitam.

5. Mengalami Dehidrasi
Dehidrasi memang sangat menguras cairan dalam tubuh dan ini dapat berdampak pada bibir menghitam.

6. Sering Terkena Pancaran Sinar Matahari Lansung
Sinar matahari di pagi hari memang menyehatkan namun di siang hari malah sebaliknya salah satu efeknya dapat membuat kulit hitam dan juga berdampak pada bibir menjadi hitam dalam jangka panjang.

7. Lipstik Yang Bebahan Kimia
Memang lipstik ini memiliki banyak jenis dan tentunya beragam bahan yang dipakai dan pemakaian lipstik yang berbahan kimia ini dalam jangka panjang dapat membuat bibir rusak seperti pecah-pecah, bengkak, dan bibir berwarna hitam.

8. Pemakian Obat
Saat sedang sakit tentunya kita akan mengkonsumsi obat agar cepat sembuh dan ini juga bisa berdampak pada bibir menjadi hitam.

9. Kondisi Tubuh Yang Tak Sehat
Seseorang yang sedang sakit biasanya terdapat tanda-tanda pada fisik seperti raut wajah yang pucat, bibir bengkak dan berwarna hitam biasanya terdapat pada penderita anemia.

10. Faktor Keturunan Atau Gen
Faktor ini memang sudah tak bisa diobati namun bisa disiasati dengan mengunakan lipstik yang tentunya berbahan alami dan cocok.

11.   Cuaca Yang Ekstra Dingin
Cuaca yang ekstra dingin dapat mempengaruhi bibir menjadi hitam ini disebabkan karena rendahnya konsentrasi oksigen dalam darah dan cuaca ini biasanya terdapat pada daerah pegunungan.

Cara Mengatasi Bibir Hitam

12. Pola Hidup Yang Sehat
Pola hidup yang sehat pada dasarnya harus menghindari hal-hal yang dapat merugikan kesehatan seperti hindari merokok, narkoba, miras dan lain sebagainya dan lakukan pola hidup yang sehat seperti konsumsi buah-buahan yang cukup, istirahat yang cukup, hindari stres da lain sebagainya bila hal ini bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari maka tubuh akan dalam kondisi sehat dan terhindar dari bibir pecah-pecah dan hitam.

13. Konsumsi Air putih Yang Banyak
Mengkonsumsi Air putih yang banyak dapat terhindar dari dehidrasi tidak hanya itu bila tubuh akan ter-cukupi kebutuhan air maka kelembapan kulit khususnya bibir juga bisa tetap terjaga sehingga bibir akan terhindar dari bibir pecah-pecah dan menghitam.

14. Konsumsi Mentimun
Mengkonsumsi timun dalam bentuk jus juga efektif untuk mengusir bibir hitam dan kelihatan merah merona, ini disebabkan kandungan mineral yang terdapat pada mentimun sangat baik untuk menjaga kelembapan dan membuat bibir terhindar dari kering, pecah-pecah dan menghitam.

15. Olesi Bibir Dengan Minyak Zaitun
Minyak zaitun memang memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan khususnya untuk mengusir bibir berwarna hitam karena kandungan antidioksidan yang terdapat pada minyak zaitun ini mampu mengangkat sel kulit mati dengan cara basahi bibir dengan minyak zaitun, lakukan hal ini saat mau tidur malam.

16. Perawatan Lemon Dan Madu
Perpaduan kedua bahan ini sangat cocok untuk mengatasi bibir hitam dan caranya-pun sangat mudah yaitu campur air lemon dan madu dengan perbandingan 1:1 lalu oleskan saat mau tidur malam setelah bangun bersihkan dengan air hangat.

17. Perpaduan Madu Murni Dan Gula Pasir
Perpaduan madu murni dan gula pasir berkhasiat untuk mengikis sel kulit mati di bibir sehingga warna bibir yang tadinya hitam bisa kelihatan merah merona dengan cara siapkan madu murni secukupnya dan tabur gula pasir secukupnya setelah itu aduk dan tempel-kan pada bibir, lakukan hal ini saat tidur dan saat bangun bersihkan dengan air hangat.

18. Gunanakan Terapi Pijat Dengan Es Batu
Pemijatan di bibir ini bertujuan untuk melancarkan aliran darah di bibir dan es batu bertujuan untuk menghilangkan sel kulit mati di bibir sehingga bibir akan nampak merah merona.

19. Minyak Almond
Penggunaan minyak almond pada bibir yang hitam bertujuan untuk mencerahkan warna bibir dan alangkah baiknya gunakan saat mau tidur malam.

20. Kentang
Kentang selain untuk bahan masakan juga berkhasiat untuk menghilangkan bibir hitam dengan cara iris kentang yang sudah di kupas dan yang masih segar lalu gosok-gosokan di bibir yang hitam dan lakukan hal ini rutin saat mau tidur malam dan keesokannya bilas dengan air hangat. Di dalam kentang terdapat enzim yang bisa untuk merawat kulit menjadi sehat dan cerah.
ARTIKEL TERKAIT