8 Cara Mengatasi Mata Sembab Dengan Alami

www.seratu.com
ilustrasi
Menangis terlalu lama akibat putus cinta, tidak lulus ujian, atau menangisi orang sudah meninggal sangat rentan dengan mata yang sembab dan mata yang lembab bisa kelihatan parah bila menangis degan di pendam atau tak mengeluarkan air mata dan semua ini sangat mengganggu penampilan juga tak merasakan kenyamanan. Mata yang sembab dapat dihilangkan dengan cara alami diantaranya sebagai berikut :  

1.Kompres Dengan Irisan Mentimun
Terutama mentimun memiliki sensasi dingin yang menyejukkan sehingga dapat mengencangkan pembuluh darah dan ini cocok untuk mengobati mata yang sembab dengan cara berikut ini :
- Siapkan mentimun yang masih segar dan cuci bersih dan iris dengan ketebalan 2 cm lalu tempel-kan di kedua mata lakukan hal ini sekitar 20 menit dan cara ini sangat tepat bila dilakukan saat mau tidur malam.

2.Kompres Dengan Teh Celup Yang Sudah Menjadi Es
Teh pada dasarnya bisa untuk menghilangkan iritasi dan ini pun bisa untuk mengobati mata yang sembab tentunya dengan teh celup yang baru atau bekas dengan segala merek dengan cara berikut ini
- Siapkan teh celup bekas atau baru dan taruh di freezer sampai menjadi batu es setelah itu ambil dan tempel-kan perlahan-lahan di mata yang sembab selama 15 menit setelah itu gerakan mata untuk berkedip beberapa kali dan ulangi lagi penempelan teh celup yang sudah menjadi es, lakukan hal ini sampai beberapa kali.

3. Sendok Yang Di Dinginkan
Besi termasuk memiliki suhu dingin dan ini bisa digunakan untuk mengobati mata yang sembab dengan cara berikut ini :
- Siapkan sendok makan, teh atau sejenisnya lalu taruh di freezer sampai benar-benar dingin setelah itu ambil dan tempel-kan pada mata yang sembab dengan posisi bagian cekung ini menghadap mata dengan posisi mata tertutup semua oleh sendok, ganti sendok yang sudah tak terasa dingin dengan sendok di freezer lakukan hal ini berulang-ulang.

4. Air Dingin (es batu)
Es batu memang dingin dan ini bisa untuk mengobati mata yang sembab karena dengan sifat dinginya ini mampu untuk mengurangi bengkak akibat sembab dan dapat melenturkan pembuluh darah di mata. Untuk mengaplikasikan sebagai berikut ini :
- Siapkan es batu dan kain yang tipis dan seteril lalu bungkus es batu tersebut dengan kain yang sudah disiapkan lalu tempelkan di mata yang sembab dan lakukan hal ini sekitar 15 menit setelah buat mata untuk berkedip-kedip dan ulangi pengbotan ini 2 atau 3 kali dalam satu pengobatan.

5. Daun Sirih 
Daun sirih memang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan banyak digunakan untuk obat luar tubuh dan juga perlu diketahui bermanfaat untuk mengobati mata sembab dengan cara berikut ini :
- Siapkan handuk yang halus juga steril dan daun sirih 5 helai juga air 500 ml setelah itu rebus sampai mendidih dan biarkan sampai dingin lalu celupkan handuk yang sudah disiapkan ke air daun sirih ini dan buatlah untuk mengompres mata yang sembab lakukan hal ini selama 30 menit dan rasakan perubahan-ya.

6. Gel Lidah Buaya
Gel lidah buaya ini memang memiliki kesejukan yang alami dan ini bisa untuk mengobati mata yang sembab dengan cara berikut ini :
- Siapkan tanaman lidah buaya yang masih segar dan kupas kulit lidah buaya untuk diambil gelnya setelah itu tempel-kan pada mata lembab dan lakukan hal ini selama 30 menit, alangkah baiknya gunakan saat mau tidur malam.

7. Kompres Dengan Kentang
Kentang juga memiliki manfaat bisa untuk mencerahkan kulit juga menyejukkan kulit sehingga sangat tepat untuk mengobati mata yang sembab dengan cara berikut ini :
- Siapkan 1 buah kentang segar dan cuci bersih setelah itu kupas kulitnya dan haluskan bisa di serut atau di tumbuk setelah itu oleskan ke mata dengan mata di alasi dengan tisu dahulu lalu balurkan kentang yang halus tersebut dan tunggu 20 menit dan bilas dengan air dingin.  

8. Mengunakan Kosmetik
Mengunakan kosmetik seperti bedak dan lipstik yang tebal bertujuan untuk menyamarkan mata yang lembab sehingga orang melihatnya tak fokus ke mata tapi ke bibir dan pipi.
ARTIKEL TERKAIT