9 Cara Sederhana Mengobati Leher Yang Kaku, Tegang Dan Nyeri

image : positivemed.com
Sakit di leher bisa rasa nyeri, kaku dan tegang pada umumnya tak membahayakan terutama yang tak berlangsung lama. Rasa kaku, tegang, dan nyeri di leher pada umumnya terjadinya karena sirkulasi dalam darah tak lancar yang mempengaruhi otot menjadi menegang, ini terjadi karena banyak penyebab terutama posisi saat tidur dan saat kerja, tegang dan nyeri di leher banyak menyerang orang bekerja yang penggeraknya hanya itu-itu saja seperti bekerja di depan laptop dan kantoran.Kaku, tegang dan nyeri di leher bisa kita atasi dengan cara yang sederhana diantaranya sebagai berikut ini :
  
1.Mengopres Leher Dengan Air Panas Dan Dingin
-Mengompres leher dengan air panas sangat tepat sekali untuk menghilangkan rasa kaku di leher akibat leher terasa lelah dan mengompres leher dengan air panas bertujuan untuk melancarkan aliran pembuluh darah sehingga rasa kaku di leher dapat hilang dan cara kompres-nya sangat mudah, cari air panas, botol kaca, dan handuk setelah itu botol kaca tersebut di masukan air panas dan tempel-kan ke leher yang terasa kaku sedangkan untuk handuk ini bisa di celupkan ke air panas tersebut lalu gunakan untuk mengompres leher yang kaku lakukan hal ini sampai rasa kaku di leher berkurang.

-Mengompres leher dengan es bertujuan untuk menghilangkan rasa nyeri karena terjadi pelebaran di pembuluh darah sedangkan cara mengompresnya sangat mudah, siapkan handuk dan es batu lalu bungkus es batu tersebut dan tempel-kan ke leher selama kurang lebih 2 menit.

2. Lakukan Pemijatan
Melakukan pemijatan sangat baik untuk mengurangi rasa sakit di leher terutama yang terasa kaku karena dengan memijat ini mampu mengendurkan otot-otot yang di leher sehingga leher tak merasakan kaku dan pemijatan bisa kita lakukan sendiri dengan mengelus-elus leher dan sedikit di tekan bila ingin hasil yang maksimal bisa di pijat pada ahlinya.

3. Oleskan Balsem
Balsem memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa nyeri dan mengendurkan leher yang terasa kaku dan caranya pun sangat mudah tinggal mengoleskan balsem ke leher yang sakit.

4.  Terapi Di Leher
Terapi di leher bisa dilakukan hanya menggerakkan leher secara memutar atau menggerakkan ke kiri dan kanan atau kedepan dan belakang ini bertujuan untuk melemaskan otot yang ada di leher sehingga rasa kaku di leher dapat hilang, catatan terapi ini jangan dipaksakan ke leher yang cedera karena bisa membuat kondisi leher semakin parah.

5. Olesi Cuka Apel
Kandungan antioksidan dan anti-inflasi yang ada di cuka apel mampu mengatasi leher kaku dan tegang sedangkan caranya pun sangat mudah yaitu siapkan cuka apel dan rendam tisu makan yang sedikit kaku setelah itu ambil dan tempelkan di leher yang kaku.

7. Berendam Di Air Hangat Dengan Garam inggris
Garam inggris memang banyak mengandung magnesium sulfat yang mampu untuk mengendurkan otot di leher yang kaku dengan cara siapkan air hangat dalam wadah bak mandi dan campur-kan 3 cangkir garam inggris dan berendamlah sampai leher ikut terendam semakin lama semakin baik lakukan hal bila leher terasa kaku dan tegang.

8. Peletakan Bantal Saat Tidur Yang Tepat
Sewaktu tidur usahakan memakai bantal yang empuk dan posisikan bantal tidak terlalu tinggi dan tak terlalu rendah karena hal ini bisa mempengaruhi leher menjadi kaku saat bangun tidur.

9. Minum Obat
Cari obat acetaminophen atau ibuprofen
Obat ini bisa untuk menghilangkan rasa nyeri termasuk nyeri di leher obat ini khusus umur 18 ke atas, alangkah baiknya konsultasi-kan ke dokter dahulu.
ARTIKEL TERKAIT