9 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Bibir Bengkak

image : www.healremedy.com
Pembengkakan di bibir bisa terjadi pada siapa saja dan penyebabnya bisa karena alergi, gigitan hewan, infeksi, dan salah dalam pemakaian obat. Bibir bengkak memang membuat bibir ini merasakan nyeri, merasa tebal, mengganggu penampilan dan tak nyaman. Memang bibir bengkak ini bisa di obati dengan obat – obat kimia yang banyak di perjualkan di Apotik yang tentunya memiliki harga variatif namun alangkah baiknya mencoba hal yang alami yang tentunya tak memiliki efek samping yang merugikan dan membahayakan untuk jangka panjang diantaranya sebagai berikut ini :

1.Kompres Dengan Air Hangat
Mengompres bibir bengkak dengan air hangat adalah cara yang tepat karena air yang hangat dapat mengurangi akumulasi darah pada bibir yang bengkak sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan yang terjadi di bibir, caranya-pun sangat mudah yaitu siapkan air hangat, kain yang halus dan lembut setelah itu celupkan kain tersebut lalu balur kan pada bibir yang bengkak, lakukan hal ini kurang lebih 15 menit.

2. Baking Soda
 Mengatasi bibir yang bengkak juga dapat dilakukan dengan baking soda karena bahan ini dapat mengurangi peradangan, gatal dan rasa sakit dan caranya pun sangat mudah, siapkan baking soda 2 sendok dan sedikit air setelah itu aduk menjadi  satu seperti pasta dan oleskan pada bibir yang bengkak dan biarkan kering setelah itu bersihkan dengan air dingin.

3. Madu
Madu memang sudah sejak dulu memiliki khasiat yang tak diragukan lagi terutama untuk mengatasi bibir yang bengkak dan bisa membuat bibir terjaga kelembabpanya sehingga bibir tak mudah bergaris pecah-pecah serta kandungan anti-bakteri yang terdapat pada madu mampu untuk mengatasi bibir bengkak dengan cara, siapkan madu murni dan tetes-kan pada bibir yang bengkak lalu diamkan bila sudah kering bersihkan dengan air hangat.

4. Perpaduan Bubuk Kunyit Dan Tanah Liat
Bubuk kunyit mudah kita dapat di toko-toko herbal atau jamu dan kunyit mampu untuk mencegah infeksi sedangkan tanah liat ini memiliki sifat mendinginkan. Cara pembuatan-ya pun cukup mudah dengan cara, siapkan bubuk kunyit dan tanah liat dengan perbandingan 2 : 1 dan campur sedikit air agar terbentuk seperti pasta setelah itu oleskan pada bibir yang bengkak dan diamkan sampai kering lalu bilas dengan air dingin, catatan cari tanah liat yang masih belum tercemar dengan bahan kimia.

5. Es Batu
Es batu sangat membantu untuk menghilangkan rasa nyeri dan pendarahan akibat bibir bengkak dengan cara siapkan es batu, kain halus dan steril dan bungkus setelah itu tempel-kan pada bibir yang bengkak maka rasa dingin mampu untuk mengurangi rasa sakit dan menghentikan pendarahan di area bibir yang bengkak.

6. Mengunakan Teh Hitam
Selain teh hitam juga baik untuk kesehatan tubuh juga bisa untuk mengobati bibir bengkak karena kandungan zat tanin mampu untuk mengurangi pelebaran bibir bengkak dengan cara, siapkan teh hitam yang sudah di sedu dengan air panas setelah itu ambil teh hitamnya dan tempel-kan di area bibir yang bengkak lakukan hal ini sehari 3 kali untuk hasil yang maksimal.

7. Gel Lidah Buaya
Lidah buaya memang memiliki anti-inflansi sehingga sangat tepat bila di gunakan untuk bibir bengkak dengan cara siapkan lidah buaya secukupnya yang masih segar lalu kupas kulitnya dan ambil gelnya setelah itu oleskan pada bibir yang bengkak sampai kering lalu bersihkan dengan air hangat.

8. Stop Berbicara
Berlebihan berbicara saat bibir dalam kondisi sehat boleh saja, namun yang perlu kamu ketahui adalah bila bibir dalam kondisi bengkak dapat memperparah kondisi bibir bengkak karena saat berbicara bibir mengalami pergerakan dan penekanan sehingga akan mempertambah kondisi bibir bengkak semakin buruk.

9. Pola Hidup Sehat
Bila ingin bibir yang bengkak ini cepat sembuh maka lakukan pola hidup yang sehat seperti berhenti merokok, minuman beralkohol juga cukupi kebutuhan air minum per-harinya dalam tubuh, bila hal ini bisa terwujud maka bibir yang bengkak ini akan cepat kesembuhan-ya bahkan tak harus pergi ke dokter.
ARTIKEL TERKAIT