Awas! 9 Penyebab Ini Yang Membuat Tak Kunjung Hamil

image : www.newstracklive.com
Sudah lama menikah, mungkin sudah bertahun - tahun namun belum juga hamil, ini akan menjadi persoalan tersendiri dalam pasangan rumah tangga, belum tentu kekurangan di pihak istri juga tak menutup kemungkinan suami juga penyebabnya, Ingat jangan saling menyalahkan lebih baik konsultasikan ke dokter agar mengetahui siapa yang bermasalah dan yang paling penting tahu akan solusinya. Permasalahan belum bisa hamil tentunya ada penyebabnya, kadang penyebabnya hal sepele namun sering kita lakukan dan penyebab belum bisa hamil bisa berbagai sebab diantaranya sebagai berikut :    

1.Pola Hidup Yang Tak Sehat
Kesuburan bisa didapat bila tubuh dalam keadaan sehat karena dengan hidup yang sehat maka terdapat hormon yang sehat. Pola hidup sehat sangat mudah dilakukan dan itu akan menjadi kebiasaan seperti Hentikan merokok, minuman beralkohol, begadang dan seringlah berolahraga bila hal ini bisa terwujud maka sangat mudah untuk hamil.

2. Menunda Kehamilan
Menunda kehamilan memang kurang baik karena usia yang semakin tua juga akan mempengaruhi kualitas sel telur dan sperma, tapi cenderung yang sering bermasalah ini pada wanita karena wanita pada umur 35 keatas ini sangat rawan untuk hamil yang berpengaruh akan tingkat kesuburan dan kualitas sel telur yang nantinya berdampak pada anak yang dikandung. Menunda kehamilan sering dilakukan karena faktor karir, materi dan lain sebagainya.

3. Wanita Yang Mengalami Monopause Dini
Menopause dini bisa terjadi pada wanita pada umur dibawah 40 tahun dan banyak sekali faktor penyebabnya mulai kesehatan fisik dan psikis, bila hal ini terjadi maka sel telur tidak lagi bisa dibuahi dengan sperma sehingga tak akan terjadi kehamilan.

4. Kualitas Sperma
Kualitas sperma pada pria juga mempengaruhi bisa atau tidak di dalam membuahi sel telur pada wanita, kualitas sperma yang buruk buruk juga bisa disebabkan oleh kesehatan psikis dan fisik yang tentunya tak terlepas dari makanan yang di konsumsi, alangkah baiknya konsumsi-lah makan yang bisa untuk menyuburkan sperma seperti toge, brokoli, daun kemangi tentunya juga harus di imbanggi dengan buah-buahan yang segar juga hindari stres.

5. Memiliki Gangguan Kesehatan
Gangguan kesehatan bisa terjadi pada wanita atau pria dan bisa mempengaruhi terjadinya kehamilan dan gangguan kesehatan pada pria seperti memiliki penyakit diabetes dan cacat genetik ini semua bisa memperburuk kualitas sperma. Bagi seorang wanita sel telur yang memiliki kualitas sel telur yang kurang baik akan mempengaruhi bisa hamil atau tidak dan ini bisa dipengaruhi oleh gangguan ovulasi, endometriosis, tuba falopsi tersumbat, dan masalah tiroid. Bila salah satu pasangan kita memiliki gangguan kesehatan yang diatas maka sangat kecil bisa terjadi hamil.

6. Obesitas
Obesitas atau kelebihan berat badan pada dasarnya sangat merugikan kesehatan dan bisa berdampak pada kualitas sel telur dan sperma karena obesitas dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, mengganggu organ reproduksi, dan penyebab berbagai penyakit lainnya, dari semua penyakit akibat obesitas juga berdampak pada sulitnya untuk hamil.

7. Karena Stres
Kondisi sehat fisik belum sepenuhnya menjadi jamiman bahwasanya memudahkan hamil, karena kondisi stres, tertekan, dan tak nyaman ini dapat mempengaruhi akan kesehatan dan kualitas sperma dan sel telur di saat kedua sperma dan sel telur bertemu dan ini bisa berpengaruh terhadap kegagalan terjadi kehamilan.

8.Banyak Mengkonsumsi Obat-Obat
Mengkonsumsi obat-obatan berlebihan ternyata tak baik untuk kesehatan apalagi obat-obatan terlarang seperti narkoba, selain narkoba ada juga obat yang mempengaruhi kualitas sperma dan sel telur seperti obat antibiotik, obat darah tinggi, obat kanker, anti kejang, dan obat maag.

9. Wanita Yang Bekerja Over
Wanita pada zaman sekarang hampir sama gender dengan pria terutama pada hal pekerjaan, tidak sedikit wanita ini yang bekerja dengan mengunakan fisik yang melebihi standar kekuatan pria, ini pun dapat mempengaruhi kesehatan kualitas sel telur yang beribas pada kesuburan kandungan.
ARTIKEL TERKAIT