Kenapa Sewaktu Operasi Dokter Menggunakan Pakaian Berwarna Hijau ?

image : indianexpress.com
Sering kali kita melihat tim medis entah itu dokter atau suster selalu mengunakan pakaian berwarna putih saat memeriksa pasien namun sewaktu masuk masuk ruang operasi dokter dan suster memakai pakaian warna hijau, ini pastinya mengundang segudang pertanyaan? Dokter atau bidan saat jam kerja terutama menemui dan memeriksa pasien selalu mengunakan pakaian berwarna putih sebagian besar alasannya untuk melambangkan kebersihan.
 
Operasi adalah tindakan pengobatan dengan cara medis yang langsung dan dapat mempengaruhi keutuhan jaringan tubuh tentunya dengan membuka anggota tubuh yang akan di operasi dan umumnya operasi ini diawali dengan sayatan setelah operasi selesai diakhiri dengan jahitan dan tentunya akan membekas di kulit. Operasi ini bisa dilakukan di anggota organ tubuh mana pun.

Operasi dilakukan karena adanya penyakit yang sudah diagnosis dan ada indikasi tertentu yang mengharuskan anggota tubuh untuk di operasi dengan alasan untuk menjaga kesehatan semakin baik dan untuk keselamatan. Pasien yang di operasi tentunya akan dilakukan pembiusan yang bersifat lokal area sakit atau pembiusan total dan untuk masalah lamanya waktu operasi bisa menyesuaikan kebutuhan.

Memang mendengar dan menunggu saudara kita di operasi rasanya miris, tegang, was-was dan takut apalagi operasinya berjalan ber jam-jam tentunya membuat perasan bercampur aduk terlebih dokter yang berpakaian hijau kerap memanggil kerabat keluarga pasien. Namun perlu diketahui bahwasanya dokter ini pastinya sudah melakukan hal terbaik untuk pasien-ya.

Dokter selalu memakai pakaian hijau setelah masuk ruang operasi ?

Dokter dalam keseharian-nya dalam praktek-nya selalu memakai pakaian warna putih namun setelah memasuki ruangan operasi berganti pakaian yang sudah disiapkan dan berwarna hijau, ini tentunya memiliki penjelasan yang ilmiah berikut alasannya :

- Sewaktu dokter melakukan operasi tentunya banyak darah yang berwarna merah muda dan pekat juga organ tubuh bagian dalam yang cenderung berwarna merah ini membuat pandangan dokter terganggu karena bila lama melihat hal tersebut membuat pikiran terganggu juga menimbulkan halusinasi yang tentunya dapat mengganggu berjalannya operasi karena pikiran yang santai dan fokus sangat dibutuhkan dalam melaksanakan operasi. 

- Pakaian warna hijau yang digunakan dokter dan suster sewaktu operasi berguna untuk membantu penglihatan dokter sewaktu operasi karena dengan warna hijau penglihatan dokter tetap terjaga dengan baik dan menyegarkan penglihatan dokter akibat warna merah yang menjadi dominan sewaktu operasi berlangsung. Karena warna hijau ini mampu untuk melawan warna merah sehingga penglihatan dokter tetap bisa fokus. Pakaian dokter saat operasi mengunakan warna hijau sudah berlangsung sejak abad ke-20. 

ARTIKEL TERKAIT