Penyebab Sawan Pada Bayi Dan Pengobatannya

www.seratu.com
ilustrasi

Bayi yang masih menyusui ini mudah sekali terkena sawan dan sawan sering terjadi bila bayi berada di luar rumah juga diajak perjalanan jauh, bayi yang terkena sawan ini kerap hadir di pesta pernikahan, melihat jaranan, atau mengunjungi ibu yang baru melahirkan, melayat orang meninggal, dan masih banyak lagi penyebabnya. bila bayi mengalami sawan tubuh bayi akan mengalami perubahan mulai suhu tubuh, tidak mau minum air asi langsung dari ibunya, suhu tubuh mengalami panas pada anggota badan tertentu dan cenderung rewel (menangis).
 
Memang istilah sawan hanya ada di daerah jawa timur dan menurut orang dahulu,  si bayi ada yang mengganggu dari mahluk astral sehingga yang menyebabkan sawan dan perlu diketahui bahwasanya di dunia ini selain manusia ada mahluk astral (mahluk gaib) sehingga persoalan sawan pada bayi kerap terjadi.   

Menurut dunia medis sawan bisa di sebabkan bayi kecapaian dan struktur tubuh dan kekebalan tubuh yang belum sempurna sehingga sering mudah terkena demam yang tinggi yang cenderung dihubungkan dengan sawan pada bayi. Sawan pada bayi bisa menyebabkan kematian bila dalam penanganan kurang tepat dan cepat, sering kali bayi yang terkena sawan melakukan hal yang aneh seperti kejang, mata terbalik sehingga kelihatan putihnya saja, menangis yang tak terhenti-henti dalam hal ini penyebabnya otak sedang  mengalami pelepasan aliran elektrik secara tak normal sehingga tubuh mengalami goncangan yang sering dikaitkan dengan sawan.

Cara Mengobati Sawan Pada Bayi Sehingga Tak Semakin Parah

-bila suhu badan panas pada bayi maka cari obat untuk menurunkan panas, bila perlu kompres dengan air dingin untuk menurunkan panas pada tubuh.

-biasanya bila sawan sedang terjadi tubuh sering menggeliat, bila hal ini terjadi maka jauhkan segala sesuatu barang yang dapat melukai-nya dan jaga bayi tersebut dalam kondisi tetap aman.

-bila saat sawan terjadi kadang pernafasan pada bayi terganggu atau sulit untuk bernafas dengan normal bila hal ini terjadi maka buatlah nafas buatan.

-dalam kondisi parah sawan ini bisa mengeluarkan busa di mulut dan ini tentunya akan mengganggu pernafasan bila hal ini terjadi maka usahakan jangan di posisikan menghadap ke atas dan usahakan dalam posisi miring atau tengkurap agar saat bernafas tidak terganggu.

-segerakan bawa ke dokter terdekat untuk mendapat penanganan yang lebih maksimal.

-bila semua ini sudah dilakukan namun tak ada perubahan maka bisa bawa ke Kyai untuk membantu pengobatan terkait dengan sawan ini, karena bisa jadi ada mahluk astral yang mengganggu bayi tersebut.   

ARTIKEL TERKAIT