10 Hal Sederhana Ini Yang Membuat Tidurmu Nyenyak

www.seratu.com
ilustrasi

Tubuh memang memerlukan istirahat yang cukup dan istirahat yang ideal adalah 8 jam dalam 24 jam bila hal ini bisa kita terapkan maka tubuh akan tetap terjaga kesehatannya. Saat tidur tubuh mengalami regenerasi sel lebih cepat dan juga bisa memulihkan stamina yang hilang sehingga saat bangun tubuh merasakan fresh dan penuh dengan power. Tidur yang baik ini bisa tertidur dengan nyenyak dan tidak terbangun sebelum waktu bangun tiba sehingga tidur ini bisa berkualitas namun bila tidurmu tak bisa nyenyak maka patut dicari penyebabnya dan lakukan hal sederhana berikut ini agar tidurmu bisa nyenyak.  
 
1.Atur Pencahayaan
Cahaya yang terlalu terang membuat kita silau sehingga mengganggu penglihatan dan hal ini juga berpengaruh terhadap tidur dan alangkah baiknya waktu tidur ini dalam keadaan gelap namun bila takut gelap bisa ganti lampu yang redup juga hindari lampu yang berwarna putih.

2. Mendengarkan Musik Relaksasi
Bagi yang kesulitan tidur karena banyak pikiran yang dipikirkan bisa mencoba dengan mendengarkan musik yang santai yang berjenis musik relaksasi atau semacamnya hal ini sangat membatu untuk menenangkan pikiran sehingga pikiran bisa tak kemana-mana sehingga memudahkan kita untuk tidur dengan nyenyak.

3. Atur Suhu Ruangan Kamar
Tentunya yang membuat kita mudah tertidur adalah dengan suhu ruangan yang sejuk dan bagi yang mengunakan AC bisa disesuaikan namun bagi yang tak memiliki AC bisa membuka jendela disaat suhu di ruangan terasa panas, namun bila takut dengan nyamuk ikut masuk bisa mengunakan kipas angin yang dihadapkan ke tembok dan sebaliknya bila suhu ruangan dingin harus menutup jendela dan pakai selimut yang tebal.

4. Stop Mengunakan Handphone Atau Sejenisnya
Kebiasaan sebelum tidur kita selalu bermain handphone entah itu hanya bermain game, browsing, dan medsos hal ini justru tak membuat ngantuk karena pikiran kita sedang bekerja dan terasa terhibur juga pantulan sinar cahaya dari handphone ini membuat mata kita tak nyaman, ini semua makin membuat kita tak ngantuk dan susah tidur. Untuk bisa tidur nyenyak maka jauhkan handphone atau sejenisnya saat kita sudah di tempat tidur.

5. Mandi Air hangat Sebelum Tidur Malam
Bagi yang merasakan susah tidur karena kecapaian karena kerja ekstra (fisik) ini memang membuat kita capek namun juga kesulitan tidur yang dikarenakan otot kaku semua dan mandi dengan air hangat ini bertujuan untuk melemaskan otot juga merileksasi otot sehingga memudahkan untuk tidur dengan nyenyak.

6. Perut Tak Merasakan Lapar
Dalam kondisi lapar perut akan mengalami keroncongan sehingga rasa perih di perut yang dirasakan sehingga membuat kita sulit untuk tidur dan sering terbangun saat tidur, maka dari itu usahakan perut sudah terisi dan tak merasakan kelaparan sehingga tidur-pun bisa nyenyak.

7. Jadwal Tidur Yang Tepat
Memang jam tidur ini harus diberlakukan juga menjadi rutinitas sehingga dalam kondisi apapun kita bisa tertidur dan bila sudah menjadi kebiasaan maka tidur-pun tak akan mengalami kesulitan dan bisa tertidur dengan nyenyak.

8. Hindari Minum Kopi Saat Mau Tidur
Kafein yang terdapat pada kopi ini memberikan efek kita terjaga sehingga rasa ngantuk tak kunjung datang sehingga mempengaruhi kualitas tidur juga tidur-pun tak nyenyak.

9. Berolah Raga Secara Rutin
Olah raga selain menyehatkan badan juga bisa membatu memudahkan tidur yang berkualitas ini dikarenakan saat olahraga ini dapat meningkatkan hormon endorfil dan mengurangi hormon kortisol sehingga rasa stres ini dapat di minimalis yang banyak mengganggu saat tidur sehingga tidur-pun menjadi nyenyak.

10. Berdoa
Kelihatannya sepele namun juga manjur sebelum tidur ini lakukan berdoa sehingga tidurmu bisa bebas dari gangguan mahluk astral karena dunia gaib itu ada dan alangkah baiknya sebelum tidur berwudhu dulu sehingga tidurmu pasti nyenyak.
ARTIKEL TERKAIT