12 Cara Menghilangkan Rasa Kesepian Yang Melanda

ilustrasi

Rasa kesepian pastinya pernah dirasakan entah itu karena di tinggalkan orang tua yang sudah meninggal, kekasih, pasangan hidup, teman, sering di bully dan lain sebagainya. Rasa kesepian yang melanda yang bersifat terlalu juga tak baik untuk kesehatan juga bisa merubah yang awalnya rasa kesepian yang dirasa berubah menjadi depresi berat sehingga bisa menurunkan daya imun tubuh sehingga mudah terkena penyakit. Perlu di ingat bila rasa kesepian kerap menghampiri maka segera tepis dengan cara berikut ini :   

1.Tambah Kesibukan
Rasa sepi sering melanda bisa disebabkan karena ada waktu luang yang terbuang sia-sia sehingga rasa sepi yang dirasakan semakin menjadi-iadi namun bila anda waktu luang maka isi dengan kesibukan yang positif dan produktif maka rasa sepi akan hilang dan mungkin ada waktu luang yang sisa sedikit pastinya akan digunakan untuk istirahat atau tidur.
 
2. Cari Teman Untuk Berbagi
Untuk mengusir rasa kesepian bisa mendatangi teman yang sehati karena dengan mengobrol dengan teman maka rasa kesepian akan memudar juga cari teman yang banyak bicaranya karena dengan demikian suasana ngobrol ini menjadi asik, seru dan rasa kesepian yang melanda bisa hilang.

3. Bermain Game
Kadang rasa kesepian melanda tanpa ada sebab namun ada kemungkinan karena pekerjaan yang sulit, merasa kesal dan lain sebagainya namun dengan bermain game yang seru bisa merefresh pikiran sehingga kesepian ini tak lagi memenuhi dipikirkan namun jangan larut terlalu lama bermain game karena tak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang.

4. Suka Membantu Sesama (Kegiatan Sosial)
Menjadi orang suka membatu sesama bisa melalui harta, tenaga dan apa yang dia bisa berikan hal ini akan membuat kita merasa diperlukan oleh orang lain sehingga rasa ego terutama merasa kesepian ini akan mencair karena melihat ternyata masih banyak yang harus dikerjakan untuk membantu orang lain ketimbang kesepian ini yang di pikirkan.

5. Hindari Menyalahkan Diri Sendiri
Rasa kesepian bisa dikarenakan tak ada orang yang peduli, terlalu capek yang dirasakan, sering dibully dan lain sebagainya namun perlu diingat bahwasanya jangan menyalahkan diri sendiri karena bila hal ini kita terapkan maka rasa kesepian ini semakin menjadi.

6. Ikut Komunitas
Seseorang yang merasa kesepian kadang mereka mempunyai teman yang sedikit dan untuk menyiasati hal ini maka bisa ikut, masuk dan menjadi penggerak komunitas tersebut dalam hal ini bisa sesuai hobi atau yang penting komunitas tersebut banyak yang seumuran dengan demikian kita tak akan merasa canggung untuk melakukan apapun di komunitas tersebut.

7. Gunakan Untuk Membaca
Kesepian bisa kita hentikan bila kita tak memikirkan hal-hal yang dapat menambah kesepian ini bisa mulai menyalahkan diri sendiri, orang terdekat, karena keadaan dan lain sebagainya. Dengan membaca maka rasa kesepian ini bisa di hilangkan juga akan mendapat ilmu atau inspirasi baru dan lain-lain karena dengan membaca ini maka pikiran perasaan akan fokus terhadap apa yang sedang kita baca sehingga rasa kesepian ini tak melanda semakin mendalam.

8. Lakukan Hal Yang Bisa Memanjakan Diri Sendiri
Memanjakan diri sendiri sangat penting karena bisa merubah suasana hati terutama yang dirundung kesepian dan memanjakan diri bisa dalam bentuk pergi ke-salon dan pijat tubuh hal ini akan membuat tubuh menjadi terelaksasi sehingga rasa kesepian akan turut sirna.

9. Melakukan Hobi Yang Disenangi
Karena keadaan dan tuntutan ekonomi kadang hobi menjadi tersingkirkan dan saat anda merasa kesepian maka bisa melakukan hobi yang lama sudah tak dilakukan bisa menonton film, bersepeda, renang, nongkrong sama teman-tema, memancing dan lain sebagainya karena hal ini dapat memudar-kan rasa kesepian yang dirasa.

10. Pelihara Hewan Kesayangan
Rasa kesepian kadang melanda diri kita tanpa sebab apa lagi saat dirumah tanpa ada orang lain terutama yang hidup di kos atau kontrakan hal ini bisa disiasati dengan memelihara hewan peliharaan yang disukai bisa anjing, burung, dan ikan hias maka saat dirumah kita bisa bermain dengan hewan peliharaan walaupun hanya memberi makan dan minum hal ini akan bisa mengusir rasa kesepian yang dirasa.

11. Melakukan Hal-Hal Baru Yang Positif
Rasa bosan juga bisa menghidupkan rasa kesepian karena hanya itu-itu saja yang kita kerjakan dan hal ini bisa disiasati dengan hal-hal baru yang positif seperti belajar bernyanyi, menjahit, berenang, melukis dan lain sebagainya.

12. Mendekatkan Diri Pada Tuhan
Dengan melakukan ibadah yang khusyuk pastinya akan bisa merasakan rasa syukur dan ini bisa membuang rasa kesepian dan ingat bahwasanya kita hidup didunia dilahirkan dengan tidak membawa apa-apa dan mati-pun tak membawa apapun selain kain kafan maka dengan demikian akan bisa memahami apa yang kita cari dalam kehidupan ini.
ARTIKEL TERKAIT