13 hal Yang Harus Di Miliki Seorang Pemimpin Atau Leader

www.seratu.com
ilustrasi

Seorang pemimpin atau leader haruslah memiliki standard diatas rata-rata pada umumnya mulai dari kecerdasan, kreativitas, skill, keberanian dan lain sebagainya. Seorang pemimpin atau leader memang memiliki tugas yang berat karena semua keputusan dan tanggung jawab sepenuhnya dia pikul seorang pemimpin. Memang seorang pemimpin memiliki tatanan sebuah piramida bagian teratas dan tentunya untuk mencapai-nya perlu banyak pengorbanan materi, tenaga, dan pikiran yang ekstra. Perlu diketahui seorang pemimpin bisa memimpin suatu perusahaan atau lembaga dengan baik harus memiliki beberapa hal diantaranya sebagai berikut ini : 

1.Cakap Berkomunikasi
Yang dimaksud cakap berkomunikasi bisa berbicara dengan baik, benar, lancar, tidak ribet, menyampaikan dengan bahasa yang pas sehingga pendengar bisa memahi dengan mudah apa yang disampaikan pemimpin. Dan hal ini wajib dimiliki seorang pemimpin (leader)

2. Bertanggung Jawab
Tanggung jawab harus dimiliki sosok pemimpin karena seorang pemimpin akan dianggap bawahannya dan orang lain bila bisa mempertanggungjawabkan semua keputusan yang dia putuskan dan siap menerima konsekuensinya karena yang namanya pemimpin pastinya akan jadi panutan dan contoh bawahannya atau orang di sekitarnya.

3.  Manajemen Waktu
Sudah pasti kegiatan seorang pemimpin cukup banyak mulai rapat harian, rapat berkala, koordinasi dengan cabang atau anak buah dan harus bisa menyisihkan waktu untuk keluarga maka dari itu manajemen waktu ini sangat penting dan harus bisa agar semua kegiatan bisa terkondisikan dan bisa mencapai target maka dari itu dibutuhkan sekretaris pribadi untuk mengingatkan dan mencatat kegiatan apa saja yang harus dilakukan untuk besok dan selanjutnya.

4. Bisa Memahami kondisi
Memahami kondisi bawahan, mitra kerja, dan medan harus dipunyai seorang pemimpin karena bila tidak bisa berakibat fatal dan misalkan bingung untuk mengambil keputusan mintalah saran atau masukan bawahan namun tetap yang memutuskan ini sang pemimpin. Memahami kondisi ini bisa berupa bawahan bisa melakukan tugas maksimal, logis apa tidak, mitra kerja dapat keuntungan atau tidak, medan atau kondisi di masyarakat cocok atau keberatan atau tidak dengan keputusan yang akan diambil.

5. Profesional Dalam Bertindak  
Profesional harus dimiliki dalam menjalankan kinerja suatu lembaga atau usaha karena dengan sifat profesional maka seorang pemimpin akan siap dengan seluruh resiko yang akan di terimanya dan tentunya juga bisa memilah-milah antara hal-hal yang penting untuk didahulukan juga mengunakan logis dan fakta didalam mengambil keputusan.

6. Ulet, Tekun, Dan Semangat
3 hal diatas harus dipunyai seorang pemimpin atau leader karena hal ini akan bisa membawa suatu lembaga atau perusahaan ini bisa maju dan tentunya akan bisa membangkitkan semangat anak buahnya dalam melakukan kerja sehingga dengan kinerja yang maksimal yang dilakukan bawahannya maka hasil terbaik akan bisa diperoleh seperti pepatah mengatakan “apa yang dikerjakan pemimpin akan di contoh juga dengan bawahannya dan orang di sekitarnya”.

7. Memiliki Skill Dan Karisma
Seorang pemimpin sangat bagus juga memiliki skill yang banyak dan karisma ini akan bisa terbangun dengan sendirinya dan ini berdampak pada kepercayaan, kehormatan, wibawa  pemimpin tersebut.

8. Mudah Bergaul Dan Adaptasi
Mudah beradaptasi dan bergaul harus dimiliki seorang pemimpin karena dengan hal ini maka sangat memudahkan seorang pemimpin untuk memimpin bawahannya dan juga memudahkan untuk mendapatkan relasi sehingga perusahaan atau lembaga yang dipimpin semakin maju.

9. Mampu Berinovasi
Kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru dengan membaca hal-hal yang akan terjadi di masa mendatang dengan berbagai riset bila dimiliki seorang pemimpin sangat berdampak baik untuk kemajuan perusahaan atau lembaga yang dipimpin juga bisa bertahan dari masa ke masa.

10. Menjadi Teladan Atau Contoh Yang Baik
Seorang pemimpin atau leader harus bisa membawahi dan menjadi contoh bawahannya dan orang lain suatu misal bila pemimpin ini bisa masuk kantor atau lembaga dengan tepat waktu maka bawahannya akan mengikuti juga dan ini akan diacunggi jempol oleh bawahannya sehingga akan memberi semangat bawahannya untuk bisa bekerja lebih bagus dan disiplin.

11. Bekerja Secara Team
Seorang pemimpin ini merupakan otak dari suatu perusahaan atau lembaga yang dimana tugasnya memerintah sehingga dituntut untuk bisa bekerja dengan team yang dilandasi dengan kepercayaan sehingga suatu pekerjaan yang besar bisa diselesaikan dengan tepat waktu dengan hasil yang terbaik.

12. Memiliki Kehidupan Yang Religius
Seorang pemimpin harus memiliki kehidupan yang religius dan ini akan mempengaruhi pola pikir yang pastinya bisa berdampak positif dan lebih mementingkan orang banyak dalam mengambil keputusan juga akan memberi teladan yang baik untuk orang banyak khususnya bawahannya. Kehidupan religius seperti beribadah tepat waktu, membatu sesama dan tidak melakukan perbuatan yang dilarang agama dan hukum.

13. Loyalitas
Loyalitas ini bisa berbentuk dengan memberi perhatian lebih kepada bawahannya seperti memberi pinjaman sebelum gajian kalau memang mendesak dan sangat butuh, suka mentraktir dan memberi hadiah pada bawahan yang berprestasi hal ini akan memberi semangat bawahan untuk bekerja lebih giat dan semangat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
ARTIKEL TERKAIT