13 Kebiasaan Yang Membuat Otak Semakin Rusak

image : id.wikipedia.org


Otak merupakan organ penting tubuh dan harus dijaga kesehatan dan fungsinya bila tidak dapat mempengaruhi kehidupan kita semakin terpuruk dalam segala hal. Penurunan kinerja otak bisa dirasakan saat kita sulit berfikir tidak seperti biasanya tentunya hal ini ada sebabnya karena hal-hal kecil yang kita lakukan dan kadang menjadi kebiasaan setiap hari ini yang mempengaruhi otak bisa semakin baik dan semakin buruk diantaranya sebagai berikut ini :
 
1.Saat Tidur Jangan Menutup Kepala
Kadang saat tidur salah satu tangan kita selalu di letakkan di kepala karena terasa nyaman dan ini tak baik untuk sirkulasi darah yang ada di otak dan tentunya mengganggu pasokan darah dalam otak dan juga bisa menyebabkan pusing saat bangun tidur.

2. Istirahat Yang Kurang
Kurang tidur membuat tubuh semakin lemas dan juga membuat organ tubuh tak bisa bekerja maksimal dan ini juga bisa membuat menurunnya kinerja otak terutama di hal fokus.

3. Sering Terkena Stres
Stres akibat pekerjaan yang menumpuk atau karena persoalan pribadi yang bersifat privasi tentunya sangat tak baik untuk kinerja otak dan stres yang berlangsung lama akan mempengaruhi otak berfikir jernih karena banyak yang dipikirkan.

4. Memaksakan Diri Saat Sakit Untuk Bekerja
Saat kondisi sakit dan demi tuntutan pekerjaan kita biasanya tetap bekerja dan hal ini ternyata tak baik untuk otak karena disaat tubuh sakit maka otak akan bekerja ekstra yang pertama untuk menangkis virus masuk ke otak dan juga dibebani dengan berfikir tentang pekerjaan dalam hal ini berimbas pada kesehatan sistem saraf yang semakin buruk.

5. Meningalkan Sarapan Pagi
Sarapan pagi usahakan jangan lewat jam 9, karena di sarapan pagi sangat membatu kinerja otak bisa maksimal karena saat perut kosong ini akan mengganggu kinerja otak terutama untuk berfikir dan cenderung lebih sulit untuk berfikir walaupun berfikir hal-hal sepele yang bersifat ringan.

6. Mengalami Dehidrasi
Dehidrasi tidak hanya menyerang pada orang yang bekerja di lapangan yang sering terpapar sinar matahari, pekerja kantoran pun juga bisa terkena dehidrasi karena bila tubuh kurang asupan air maka tubuh akan mengalami dehidrasi dalam hal ini tubuh akan mengambil pasokan air yang masih ada di organ tubuh lainnya terlebih di otak bila hal ini sampai terjadi makan otak tak akan bisa bekerja secara maksimal dalam segala hal.

7. Makan Terlalu Kenyang
Memang kondisi perut yang baik ini tak terlalu kenyang dan lapar yang baik itu sedang-sedang. Perut dalam kondisi kekenyangan ini berdampak pada mudah ngantuk dan dalam kondisi ini maka sangat sulit untuk berfikir dan cenderung mudah menguap.

8. Depresi
Depresi terjadi biasanya dalam perjalanan hidup mengalami keterpurukan, ketakutan juga mengalami kekerasan dalam hal ini bisa membayangi kehidupan dan saat kondisi tertentu kita bisa merasakan hal depresi tersebut dan dalam hal ini tak baik untuk otak dan cenderung mengganggu otak saat bekerja terutama digunakan saat berfikir.

9. Kurangya Asupan Vitamin
Vitamin yang kita peroleh dari setiap makanan yang kita konsumsi terutama vitamin C dan E sangat baik untuk otak dan bila otak kekurangan vitamin C dan E bisa memperlambat saat otak bekerja dan dalam jangka panjang bisa menurunnya fungsi otak.

10. Mengkonsumsi Alkohol
Mengkonsumsi alkohol (miras) ini memang tak baik untuk kesehatan terlebih untuk otak karena kalau sudah mencandu alkohol ini bisa membuat fungsi organ lainnya tak berfungsi. Dalam jangka panjang dapat melumpuhkan sel saraf seperti kesulitan berjalan, menggerakan mata, sering kebingungan dan melemahnya daya pikir di otak dan seperti orang bodoh.

11. Kurangya Olah Raga
Olah raga ini banyak sekali manfaatnya terlebih untuk kesehatan tubuh salah satunya untuk kesehatan otak, karena bila rutin olahraga dapat membatu pasokan oksigen dalam darah yang menuju otak bisa tercukupi dan menyeimbangkan senyawa kimia yang membentuk organ otak

12. Otak Tidak Sering Digunakan Sebagai Mestinya
“Pepatah mengatakan bila pisau sering digunakan maka pisau tersebut tak akan tumpul dan sebaliknya”, ingat otak bila sering kita latih untuk berfikir dan mengingat maka otak akan terjaga fungsinya dan semakin baik saja kondisi otak hal ini bisa diterapkan untuk membaca, mengisi buku TTS, Mendengarkan hal yang positif dan hindari bengong atau sering santai.

13. Kurang Cakap Dalam Bicara (pendiam)
Dalam hal berdiskusi bisa hal yang kecil atau hal besar usahakan jangan sering menjadi pendengar lebih baik menjadi aktif dalam berbicara karena dalam hal ini akan menstimulus otak untuk bisa berfungsi maksimal karena sebelum kita berbicara pastinya akan diolah dulu dalam otak dan diucapkan melalui mulut sehingga otak akan berfungsi maksimal dan akan terbentuk otak yang berkualitas.
ARTIKEL TERKAIT