13 Tips Memperkuat Daya Ingat

www.seratu.com
ilustrasi

Ingatan setiap individu memang berbeda dan banyak sekali penyebabnya, kadang ada orang yang memiliki daya ingat yang kuat seperti saat ditanyai hal-hal yang lama dan baru di cepat menjawabnya dan akurat juga ada yang menjawab lama sekali dan hasilnya O%. Bila kita memiliki daya ingat yang kuat maka kita akan mempermudah suatu pekerjaan kita sendiri dan bisa membantu orang lain karena kerap ada yang bertanya tentang suatu hal yang dimana di situ terlibat dalam sebuah peristiwa dan lain sebagainya, dan berikut ini ada tips untuk memperkuat daya ingat diantaranya sebagai berikut :
 
1.Perbanyak Membaca Dan Menulis
Membaca merupakan jendela dunia sedangkan menulis dari informasi membaca membatu meningkatkan daya ingat karena dengan menulis pastinya kita akan mengingat bahan apa yang harus dimasukkan dari hasil kita membaca dalam sebuah buku.

2. Hindari Mengingat Dalam Jumlah Banyak
Seringkali karena tuntutan pekerjaan atau sebuah tuntutan belajar kerap sekali kita harus bisa menghafal dan mengingat banyak hal dan cara yang paling baik untuk menghafal dan mengingat dengan cara step by step sehingga otak ini bisa menerima dengan baik dan bisa mengingat banyak hal dengan akurat.

3. Menambah Aplikasi Daya Ingat
Manusia tempatnya lupa ini dikarenakan banyak sekali hal-hal yang kita pikirkan dan kerjakan. Sebagai contoh seorang direktur pastinya memiliki sekretaris yang berguna untuk menata dan mengingatkan agenda apa saja yang harus dilakukan untuk hari ini. Bila kita hanya orang biasa tak punya jabatan maka bisa minta mengingatkan orang lain atau buat alarm di HP yang bertujuan untuk membatu daya ingat agar tetap bisa mengingat hal-hal penting dan ini semua terbukti ampuh untuk membatu meningkatkan daya ingat di otak.

4. Sering Mengingat Apa Saja Hari Ini Yang Dikerjakan
Sangat penting didalam mengunakan otak untuk mengingat dan ini bertujuan untuk mengasah agar daya ingat ini semakin baik bisa dimulai dari perhari dan luangkan waktu sebelum tidur untuk mengingat apa saja yang sudah dikerjakan satu hari ini.

5. Hindari Hal-Hal Ingatan Yang Tidak Perlu
Otak manusia memang berbeda-beda dan pastinya tak bisa mengingat seluruh kegiatan yang sudah dilakukan terutama dalam peristiwa yang sudah lama maka dari itu jangan mengingat dan memasukkan hal-hal yang tidak perlu ke memori otak supaya otak tak kebingungan dalam mengingat hal yang penting.

6. Mengajarkan Ke Orang Lain
Memberikan ilmu kepada orang lain seperti membuka kursus dan mengajar bermanfaat sekali untuk mengasah daya ingat semakin baik karena dengan memberikan ilmu kepada orang lain maka membuat kita harus mengingat hal-hal yang lama yang akan diberikan ke orang lain dan disini kadang juga bisa memperoleh ilmu yang baru.

7.Membuat Hal Yang Di Ingat Dalam Bentuk Gambar
Mengingat sesuatu kadang kita kesulitan karena ingatan itu berbentuk suara, tulisan kalimat, namun bila kita mengingat hal dalam bentuk gambar lebih mudah karena cenderung berbentuk ekspresi seperti di komik, koran dan lain sebagainya.

8. Tidur Yang Cukup
Tidur yang cukup sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan juga bisa memperkuat daya ingat ini dikarenakan saat kita tidur banyak sekali ingatan-ingatan yang di salin ke gudang memori ingatan dan akan diolah sebagai ingatan yang runtut di saat kita mau mengingatnya sehingga kita mudah untuk mengingat sesuatu dengan runtut. Tidur yang banyak saat balita juga disarankan karena di massa itu mempermudah pembentukan otak lebih cepat dan sempurna.

9. Tulis Hal-Hal Yang Perlu Di Ingat Di Buku
kualitas daya ingat seseorang memang berbeda-beda didalam mengingat bila dirasa ingatan kita lemah maka tulis di buku hal yang mau kita ingat dan sering lihat dan sering ucapkan bisa di mulut atau dalam hati dan cara ini sangat baik untuk daya ingat yang lemah.

10. Olah Raga Yang Cukup
Berolahraga memang menyehatkan tubuh dan juga sangat baik untuk kesehatan otak karena dengan berolahraga dapat melancarkan oksigen dan darah yang menuju ke otak sehingga otak dapat bekerja maksimal terutama dalam hal mengingat.

11. Kondisikan Perut Tak Lapar Dan Kekenyangan
Perut yang lapar dan kekenyangan tentunya tidak nyaman yang dirasa dan ini akan mengganggu kinerja otak berfikir dan mengingat karena disaat perut lapar maka tubuh akan melemas dan organ tubuh lainnya akan sulit melakukan fungsinya dan kondisi kenyang akan membuat kita mudah terlelap dan perasaan tidak nyaman sehingga otak ini terasa buntu untuk berpikir dan mengingat.

12. Cukupi Kebutuhan Asupan Otak
Kandungan omega-3 dan DHA ini memang diperlukan otak agar bisa bekerja secara maksimal maka dari itu cari makanan yang banyak mengandung kandungan tersebut dan banyak terdapat pada daging, sayur, dan buah-buahan.

13. Hindari Pola Hidup Yang Tak Sehat
Minuman beralkohol, narkoba, merokok, begadang, tidur yang tak teratur ini semua akan merugikan kesehatan terutama akan menurunnya fungsi otak sehingga akan kesulitan untuk berfikir jernih dan mengingat.

ARTIKEL TERKAIT