14 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Wajah Berjerawat

image : beautyhealthtips.in
Jerawat memang membuat wajah tak kelihatan sempurna dan cenderung membuat kita kurang percaya diri. Dalam menghilangkan Jerawat memang susah-susah gampang dalam mengobati-nya dan jerawat bila tak segera diobati dapat beranak pinang di sekitarnya namun alangkah baiknya mencegah dari pada mengobati dengan cara hindari kebiasaan buruk yang dapat membuat wajahmu berjerawat diantaranya sebagai berikut :
 
1.Jangan Sering Menyentuh Wajah
Kebiasaan menyentuh wajah entah itu hanya mengelus-elus, memijat, mengaruk-garuk semua ini tak baik untuk wajah karena jari tangan merupakan tempat bersarang-nya kuman dan bakteri sehingga kulit wajah bila sering tersentuh jari tangan ditakutkan awal sebagai timbulnya jerawat atau penyakit kulit lainnya.

2. Kurangnya Membersihkan Kulit Wajah Saat Berkeringat
Bagi pekerja yang berada di lapangan sering kali wajah terkena paparan sinar matahari dan menyebabkan banyak keringat yang keluar di tambah banyak debu yang beterbangan yang mudah menempel di wajah hal ini yang menyebabkan wajah mengalami iritasi dan memudahkan jerawat tumbuh subur, maka dari itu rutin-lah membersihkan kulit wajah dengan air bersih atau pembersih wajah dan usahakan membersihkan kulit wajah ini menunggu setelah wajah kering dari keringat.

3.  Jagalah Kebersihan Untuk Sering Mengganti Peralatan Tidur
Sangat jorok bila sarung bantal, selimut, dan sprei tak pernah di cuci atau diganti, mungkin menggantinya 1 bulan atau lebih dan hal ini sangat mudah bakteri dan kuman berkembang biak yang nantinya sering menempel di kulit wajah saat tidur sehingga sangat mudah untuk mengkontaminasi kulit sehingga kulit wajah ini mudah timbul jerawat atau penyakit kulit lainnya.

4. Seringnya Kulit Wajah Ini Ter-tempel Handphone
Memang di zaman modern kita tak bisa lepas dari handphone terutama untuk telepon atau menerima telepon karena handphone ini juga mengandung radiasi yang tak baik untuk kulit juga tingkat ke-kotoran pada handphone sendiri juga kurang di bersihkan dan hal ini juga bisa mendugang bakteri dan kuman menempel di pipi sehingga dapat menimbulkan jerawat.

5. Sering Gonta-Ganti Makeup
Memakai makeup bagi kaum wanita sangat perlu karena dapat menambah kecantikan namun perlu di ketahui bahwasanya pemakaian makeup yang bergonta-ganti merek dan pemakaian yang lebih dapat membuat timbul jerawat dan permasalahan kulit lainnya dan hal ini sudah menjadi rahasia umum.

6. Makanan Yang Banyak Mengandung Minyak
Memang makanan yang banyak mengandung minyak berpotensi bisa menimbulkan jerawat dan makanan ini seperti gorengan, masakan yang disangrai dengan minyak juga makanan yang mengunakan santan kelapa karena kelapa juga banyak mengandung minyak, bila ingin terhindar dari jerawat maka konsumsi-lah makanan yang non minyak seperti makanan yang direbus atau di bakar.

7. Seringnya Membersihkan Wajah
Membersihkan wajah bila terlalu sering juga tak baik untuk kulit terutama pada jerawat karena bila terlalu sering membersihkan kulit yang berjerawat ditakutkan kulit akan mengalami pengikisan sel  kulit sehingga mempermudah terjadi iritasi juga mengundang timbulnya jerawat baru.

8. Menggosok Kulit Wajah Terlalu Keras
Membersihkan wajah kerap kita lakukan dengan menekan dengan keras walaupun sudah mengunakan pelapis kain dan hal ini ternyata tak baik untuk kulit karena bisa menyebabkan iritasi dan membuat jerawat di wajah semakin menjadi.

9. Menghentikan Pengobatan Bila Semakin Parah
Memang untuk mengobati jerawat banyak sekali macamnya mulai dari yang kimia dan herbal namun setiap orang memiliki tekstur kulit yang berbeda-beda dan selama pemakaian obat-obatan bila dalam penyembuhan tak kunjung sembuh dan semakin parah sebaiknya hentikan dan konsultasi ke spesialis kulit segera.

10. Minimalis Stres
Stres memang bisa dikaitkan dengan penumbuhan jerawat di kulit dikarenakan di saat stres hormon di tubuh tak stabil dan dapat memicu berbagai penyakit dan tentunya juga bisa menumbuhkan jerawat baru di wajah.

11. Bagi Wajah Yang Berjerawat Hindari Merokok
Merokok cenderung bisa menimbulkan jerawat di wajah yang dikarenakan asap rokok dapat merusak sel kulit dan asap yang masuk ke tubuh dapat mempersempit pembuluh darah sehingga pori-pori kulit tertutup dan bisa menyebabkan komedo dan jerawat di wajah.

12. Bagi Wajah Yang Berjerawat Hindari Mengkonsumsi Alkohol
Bagi wajah yang berjerawat sebaiknya stop untuk mengkonsumsi alkohol karena alkohol dapat membuat dehidrasi sehingga dapat membuat pori-pori kulit terbuka dan tertutup secara tak wajar yang berimbas pada wajah memerah dan jerawat pun bisa berubah menjadi jerawat batu.

13. Berkendara Di Jalan Tanpa Memakai Penutup Wajah (helem dan masker)
Di jalan banyak sekali debu dan polusi udara sehingga sangat tak baik untuk kesehatan kulit karena bila debu menempel dan polusi udara ini sangat mudah membuat timbulnya jerawat baru.  

14. Hindari Wajah Dari Bahan Kimia (perawatan rambut)
Perawatan rambut memang beragam cara dan jenisnya dan pemakaian zat kimia kerap dilakukan terutama untuk rebonding dan smooting juga pemakaian minyak rambut yang berlebih juga bisa ke wajah karena minyak rambut bisa luntur ke wajah bila sudah beberapa jam dan cuaca yang panas sehingga wajah akan terlihat berminyak dan mudah timbul jerawat.

ARTIKEL TERKAIT